Episode 1 Moon Knight Perkenalkan Pahlawan Baru Marvel

Rabu, 30 Maret 2022 - 23:47 WIB
loading...
Episode 1 Moon Knight Perkenalkan Pahlawan Baru Marvel
Episode 1 Moon Knight memperkenalkan pahlawan baru Marvel dengan berfokus pada Steven Grant, alter ego Marc Spector yang merupakan identitas asli Moon Knight. (Foto: Marvel)
A A A
Episode 1 Moon Knight akhirnya tayang di Disney+, Rabu (30/3). Di episode perdana ini, penonton diperkenalkan dengan sosok Steven Grant, alter ego Marc Spector alias Moon Knight. Permainan pikiran dan psikologis terasa kuat di serial ini.

Sosok Steven yang diperkenalkan di serial terbaru Marvel Cinematic Universe (MCU) ini berbeda dengan yang ada di komik. Mereka yang akrab dengan komik Moon Knight pastinya akan mengenali perubahan yang dilakukan Marvel Studios terhadap karakter ini. Namun, perubahan ini justru membuat serial ini jadi lebih hidup.

Episode 1 juga mengungkap perubahan kepribadian Steven ke Marc dan sebaliknya. Namun, karena episode ini berfokus pada Steven, maka karakter Marc tidak diperlihatkan. Meski begitu, penonton akan tahu seperti apa kondisi Steven ketika dia berubah menjadi Marc atau sosok lain yang ada di dalam dirinya. Marc adalah penderita Dissociative Identity Disorder (DID) alias kepribadian ganda.

Episode 1 lebih banyak mengungkapkan tentang Steve ketimbang Marc dan Moon Knight. Khonshu. Sosok penting di balik terciptanya Moon Knight, hanya terlihat sekilas. Jadi, apa saja yang terjadi di episode 1 Moon Knight? Berikut ulasannya!



1. Steven Grant
Episode 1 Moon Knight Perkenalkan Pahlawan Baru Marvel

Episode 1 memperkenalkan Steven Grant (Oscar Isaac). Berbeda dengan versi komiknya yang seorang miliarder, Steven di serial Marvel ini adalah seorang karyawan museum di London. Dia bertugas di bagian toko oleh-oleh museum itu. Karena sering telat sampai di tempat kerja, Steven ditempatkan di bagian inventaris.

Di luar aksen Inggrisnya yang disebut buruk, kepribadian Steven juga lebih ke arah socially awkward. Dia tidak punya teman dan bahkan curhat pada manusia emas yang beroperasi di sebuah taman. Manusia emas itu sepertinya adalah satu-satunya orang yang bisa diajaknya berbicara.

Selain itu, dia punya sikap kikuk yang membuatnya terlihat aneh. Dia pria kesepian yang memelihara ikan mas bernama Gus. Meski begitu, Steven punya wawasan luas terkait Mesir. Dia tahu banyak tentang mitos dan budaya negara tersebut.

2. Steven Grant memegang kendali penuh tubuh Marc Spector
Episode 1 Moon Knight Perkenalkan Pahlawan Baru Marvel

Steven tahu kalau dirinya punya masalah. Dia bahkan mengikat kakinya di tiang dekat ranjang dan menebarkan pasir di dekat ranjangnya agar dia tahu apa yang terjadi ketika dia tidur. Steven sepertinya takut untuk tidur sampai dia mencari cara yang membuatnya tetap terjaga semalaman.

Steven tidak sadar jika ada “orang” lain di dalam dirinya. Namun, sepertinya dia tahu kalau terjadi sesuatu ketika dia sedang tidur. Di sisi lain, Marc Spector, pemilik tubuh yang dihuni Steven, tahu tentang dirinya. Dia berusaha merebut kendali atas tubuh itu dari Steven tapi gagal.

Steven akhirnya menyadari kehadiran Marc setelah dia menemukan kumbang emas di langit-langit rumahnya. Dia tidak langsung tahu siapakah Marc. Tapi, apa yang terjadi padanya ketika dia terbangun di sebuah bukit dan dikejar-kejar orang bersenjata membuatnya bingung. Dia merasa kalau itu adalah mimpi.

Dia baru tahu kalau ada sosok Marc ketika Arthur Harrow dan anak buahnya menyerang Steven di museum. Arthur memburu kumbang emas tersebut. Namun, Steven tidak bisa memberikan benda itu. Ketika Arthur melepas makhluk gaib untuk mengejar Steven, barulah Steven tahu sosok Marc dan Moon Knight.

Selain itu, telepon Layla juga membuatnya tahu tentang Marc. Meski merasa tidak mengenal Marc, tapi Steven mulai menyadari kehadiran Marc. Dalam satu adegan, dia juga merasa dihantui Marc yang meminta Steven agar menyerahkan kendali tubuh itu kepadanya.

3. Misteri Arthur Harrow
Episode 1 Moon Knight Perkenalkan Pahlawan Baru Marvel

Ethan Hawke membuktikan kalau dia bisa menjadi seorang penjahat yang menacing dengan penampilan seperti orang yang baik. Tutur katanya halus, dia terlihat tidak berbahaya, tapi manipulatif. Dia memimpin sebuah sekte pemuja Ammit.

Di episode 1, Arthur memakai sepatu dengan menebarkan pecahan kaca di dalamnya. Dia juga punya tato gaib timbangan berkepala Ammit yang bisa bergerak ketika dia menentukan orang itu baik atau tidak. Untuk menggerakkan Ammit, dia membutuhkan tongkat yang ditempatkan di antara kedua tangannya dalam ritual tersebut.

Arthur diketahui memburu scarab. Di komik, scarab ini adalah salah satu senjata Moon Knight. Belum diketahui mengapa Arthur memburu benda tersebut. Tapi, dia benar-benar melakukan apa saja demi mendapatkannya, termasuk mengejar Steven di museum.

4. Scarab
Episode 1 Moon Knight Perkenalkan Pahlawan Baru Marvel

Di komik, scarab adalah salah satu senjata Moon Knight. Di episode 1 serial ini, benda tersebut menjadi barang yang diincar Arthur Harrow dan Marc Spector. Steven Grant yang tidak tahu menahu soal barang itu berusaha menyerahkannya kepada Arthur setelah antagonis itu memintanya.

Belum diketahui apa fungsi scarab di serial ini. Namun, benda itu bisa menjadi semacam kompas yang bisa terbang. Bentuknya mirip kumbang khas Mesir dengan warna emas. Belum diketahui bagaimana Marc bisa mendapatkan benda itu dan menyimpannya di langit-langit apartemen Steven.

Episode 1 mengungkapkan, Marc mendapatkan benda itu dari komunitas Arthur. Dia menyimpan benda itu di kantong jaketnya sebelum tersadar dan telah berubah menjadi Steven. Steven menemukan benda itu dan tidak tahu apa fungsinya.

5. Penampakan Khonshu
Episode 1 Moon Knight Perkenalkan Pahlawan Baru Marvel

Khonshu punya peranan penting dalam hidup Marc Spector. Dialah yang membangkitkan Marc dari kematian dan memberikan kekuatan Moon Knight kepadanya. Episode 1 mengindikasikan kalau Khonshu tahu kondisi Marc. Dia tahu alter ego tentara bayaran tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2256 seconds (0.1#10.140)