4 Fakta Menarik Joker versi Barry Keoghan di The Batman

4 Fakta Menarik Joker versi Barry Keoghan di The Batman
Adegan yang dihapus di The Batman memperlihatkan detail sosok Joker yang diperankan Barry Keoghan. Sosok itu sempat muncul bak bayangan di akhir The Batman. (Foto: YouTube/Movie Clips)
Barry Keoghan terkonfirmasi memerankan Joker di The Batman. Sebuah adegan yang dihapus dari The Batman memperlihatkan sosok Barry sebagai Joker bertemu Batman yang diperankan Robert Pattinson di film tersebut. Di akhir The Batman, Barry diperlihatkan berada di dalam sel di RSJ Arkham dan tertawa dengan kulit muka yang sepertinya mengelupas.

Sutradara The Batman, Matt Reeves, mengatakan, Joker versi Barry ini sangat berbeda dengan Joker sebelumnya. Di adegan yang dihapus di The Batman, Batman menemui Joker di adegan yang lebih panjang. Adegan itu kini dirilis Warner Bros. Di situ, penampakan detil Joker versi Barry Keoghan pun terlihat. Petunjuk terhadap cerita latarnya pun muncul.

Joker di The Batman ini tetap merupakan enigma. Tapi, detail baru dan cuplikan baru itu mengemukakan seperti apa Joker di The Batman. Mengutip Screen Rant, berikut fakta menarik Joker versi Barry Keoghan dari adegan yang dihapus di The Batman.

Baca Juga: Misteri Keberadaan Joker di Film The Batman

1. Bekas luka dan cedera Joker versi Barry Keoghan di The Batman
4 Fakta Menarik Joker versi Barry Keoghan di The Batman

The Batman tidak mengungkap penampakan visual utuh Joker versi Barry Keoghan. Tapi, dari balik selnya di Arkham, terlihat bekas luka ekstrem di wajahnya. Adegan yang dihapus di The Batman memperlihatkan seperti apa luka di wajahnya itu.

Garis cekung di sekitar mulut dan pipi Joker mengkhianati senyum permanen perwujudan penjahat ikonik DC itu. Matt Reeves telah mengungkapkan Joker versi Barry itu menderita kondisi bawaan yang menarik wajahnya ke senyum permanen. Selain itu, efek fisik seringai paksa itu diciptakan ulang dengan kerja prostetik yang mengesankan.
4 Fakta Menarik Joker versi Barry Keoghan di The Batman

Tidak hanya senyum permanen itu yang menarik. Adegan yang dihapus itu menunjukkan kulit bergelembung dan terluka di muka Joker konsisten dengan kerusakan akibat asam. Matt mengindikasikan kalau Joker versi ini tidak mengikuti cerita ACE Chemicals standar. Tapi, kulit keriput, rusak dan terbakar itu jelas menunjukkan kalau dia pernah terpapar zat kimia di masa lalu.

Kunci potensialnya adalah bekas luka besar di belakang kepala Joker. Meski terlihat di The Batman, adegan yang dihapus itu menunjukkan detail mengerikan luka itu. Ini sepertinya mengonfirmai teori yang ditarik dari cerita komik Death of the Family Joker.
4 Fakta Menarik Joker versi Barry Keoghan di The Batman

Ada indikasi kuat kalau Joker berusaha menghilangkan dan mengukir wajahnya sendiri. Ketika Joker memasang kembali mukanya di Death of the Family, itu adalah tanda simbolik. Tapi dengan terungkapnya kondisi bawaan di The Batman, sepertinya, Joker berusaha melakukan operasi sendiri untuk mengatasi senyum permanennya itu. Ini juga bisa menjelaskan kerusakan akibat zat kimia dan luka di mulutnya.

Luka gelembung di mulut Joker bisa terlihat di pergelangan tangan Joker saat dia menerima dokumen Riddler dari Batman. Kalau Matt tidak menjelaskan tentang konsep Joker-nya, luka itu bisa menunjukkan kalau karakter ini masuk ke ACE Chemicals. Tapi, ada tanda kerusakan yang bisa disebabkan diri sendiri. Ada darah segar di sekitar kuku Joker meski dia dikurung di Arkham. Itu bisa berarti kalau dia terus mengutak atik bekas lukanya dan menciptakan luka baru.

2. Joker versi Barry Keoghan di RSJ Arkham
4 Fakta Menarik Joker versi Barry Keoghan di The Batman

Ketika Joker debut sebagai penghuni RSJ Arkham di The Batman, penonton mengira-ira apakah Batman sudah mengenalnya. Mereka berteori kalau babak pertama dari permusuhan mereka sudah terjadi di luar layar sebelum lini masa The Batman. Adegan yang dihapus itu mengonfirmasi teori ini. Sementara percakapan mereka tidak banyak memberikan apa pun, sedikit petunjuk masih bisa dilihat.

Ketika Batman menyerahkan dokumen kasus Riddler, Joker menyebut tentang hadiah ulang tahun pertama. Di The Batman, Batman baru dua tahun memerangi kejahatan di Gotham. Itu berarti kalau pertarungan antara Caped Crusader dan Joker itu terjadi sekitar setahun setelah Batman mulai menebar teror terhadap penjahat di Gotham.

Tidak hanya Joker nyaris merupakan tangkapan besar pertama Batman, permusuhan mereka pun juga telah berlangsung lama. Di adegan yang dihapus itu, Joker versi Barry ini mengolok-olok Batman. Dia mengatakan hal-hal seperti, “Kamu biasanya lebih duluan” dan “Kamu benar-benar mengasyikkan.”

Insiden Batman versus Joker itu bukan hanya sekali. Itu adalah permusuhan panjang dengan berbagai pertemuan. Kedua orang itu akhirnya tahu kebiasan dan sifat satu sama lain lewat pertemuan-pertemuan itu. Adegan yang dihapus itu tidak mengonfirmasi kejahatan apa yang membuat Joker mendarat di Arkham. Tapi, karena Batman menemuinya untuk kasus pembunuhan berantai, maka bisa diasumsikan kalau Joker telah membunuh sejumlah orang tak bersalah.

3. Dinamika Batman dan Joker
4 Fakta Menarik Joker versi Barry Keoghan di The Batman

Mungkin aspek paling terungkap di adegan yang dihapus itu terletak pada dinamika sang pahlawan dan penjahatnya. Dongeng DC sering menyajikan Batman dan Joker adalah dua sisi uang koin—atau setidaknya dua musuh yang saling kenal satu sama lain dengan lebih baik ketimbang seorang teman. Ikatan ini sudah dibangun di semesta The Batman.

Misalnya, Bruce cukup menghormati Joker dengan meminta ‘perspektifnya’ di kasus Riddler. Ini artinya, Batman menghargai Joker—meskipun dia membencinya. Kelakar Joker tentang ulang tahun membuktikan kalau dia sudah mengidentifikasi Batman sebagai mitra dansa abadinya, dua roh yang ditakdirkan saling berkejaran di jalanan Gotham sampai akhir. Meski dia jelas tidak bisa apa-apa saat ini, Joker melihat dinamikanya dengan Batman seperti hubungan romantis yang harus dirakayakan dan diingat, seperti dia mengingat pertemuan pertama mereka.

Adegan yang dihapus itu menunjukkan betapa kedua orang musuh itu saling kenal satu sama lain secara psikologis. Joker memainkan permainan sulit didapat, tapi Batman tetap yakin rasa penasaran akan memakan rekannya itu. Joker memprotes, tapi dia mengalihkan pandangan dan tidak bisa berhenti menertawakan Riddler, yang membuktikan kalau Batman benar meminta bantuannya.

Sayang, pintunya bergoyang ke dua arah. Dalam beberapa detik masuk ke dokumen Riddler, Joker segera menarik garis paralel yang akurat antara Batman dan Riddler. Dia menyelesaikannya dengan sedikit perlawanan—Batman merasa bersalah karena dia tahu korbannya tahu itu akan menimpa mereka.

Bruce Wayne sepertinya hanya menghabiskan uang untuk pergi ke terapis. Meski tahu satu sama lain, Batman dan Joker terus menyakiti psikis satu sama lain. Analisis Joker terhadap motivasi dan latar belakang Riddler dengan cepat membuktikan kalau dia memang jenius.

4. Cerita latar Joker versi Barry Keoghan di The Batman
4 Fakta Menarik Joker versi Barry Keoghan di The Batman

Baik The Batman atau adegan yang dihapus itu tidak mengungkapkan cerita latar Joker. Bahkan, informasi ini tidak akan didapatkan segera dari laman komik DC atau beragam adaptasinya. Tapi, Matt Reeves memberikan sedikit detail penting untuk dipertimbangkan.

Di adegan yang dihapus itu, Batman mengumamkan kata Joker. Ini karena karakter Barry di The Batman itu belum benar-benar menjadi Joker. Dia adalah penjahat yang terkenal dengan penampilan, tawa dan sikap yang mirip—tapi dia belum benar-benar secara resmi mengambil mantel “Joker”. Ini sudah dikonfirmasi Matt yang mengatakan ingin Barry menggambarkan Joker sebelum jadi Joker.

Itu berarti Joker versi Barry ini belum mengenakan kostum ungu dan makeup badut ikoniknya. Kalau Matt bermaksud menjadikan tahanan ini menjadi Joker nanti, maka ada alasan mengapa sejumlah elemen kunci ikon DC itu belum terlihat. Saat bertarung dengan Batman, tahanan itu mungkin baru membuat identitas Red Hood—penyamaran awal Joker di salah satu dari banyak cerita latarnya di komik DC.
halaman ke-1
Share: