4 Film Anime Terbaik Karya Hayao Miyazaki yang Wajib Ditonton

Kamis, 24 Maret 2022 - 21:59 WIB
loading...
4 Film Anime Terbaik Karya Hayao Miyazaki yang Wajib Ditonton
Hayao Miyazaki adalah legenda dunia anime Jepang. Bersama Studio Ghibli, Miyazaki memproduksi banyak film anime yang tidak hanya terlaris, tapi juga terbaik. (Foto: Polygon)
A A A
Hayao Miyazaki adalah legenda di dunia anime Jepang. Dia merupakan penulis, animator, dan seniman yang cukup dikenal dengan berbagai karyanya tidak hanya di Jepang, tapi juga di dunia. Film-film anime karyanya selalu dinantikan penggemar setia platform ini.

Miyazaki menyalurkan semua karyanya lewat Studio Ghibli, yang didirikan pada 1985. Selama lebih dari 30 tahun, studio ini telah merilis banyak film yang telah menjadi klasik dan favorit banyak orang. Salah satu karya terkenal dari studio ini, Spirited Away, bahkan memenangkan satu Piala Oscar pada 2002 untuk kategori film animasi terbaik. Film itu berhasil menyingkirkan Monster Inc. dari Pixar dan Shrek dari DreamWorks.

Hingga saat ini, Studio Ghibli dan Miyazaki masih terus memproduksi karya baru. Film-film anime studio ini selalu masuk daftar film terlaris di Jepang. Spirited Away telah menguasai puncak daftar itu selama sekitar 20 tahun. Apa saja film karya Miyazaki yang wajib kamu tonton? Berikut rekomendasinya!



1. Princess Mononoke
4 Film Anime Terbaik Karya Hayao Miyazaki yang Wajib Ditonton

Princess Mononoke merupakan karya terbaik Miyazaki. Kabarnya, Miyazaki menghabiskan banyak waktu untuk menentukan konsep film ini. Akibatnya, proses produksi film ini pun memakan waktu sampai 3 tahun.

Film ini ber-setting di zaman Muromachi Jepang. Waktu itu, desa Emishi diserang monster raksasa milik iblis jahat. Akibat membela Nago, monster babi hutan, lengan kanan pangeran terakhir Emishi, Ashitaka, dikutuk. Tapi, kutukan itu justru memberinya kekuatan yang sulit dikendalikan.

Ashitaka kemudian pergi ke tempat asal Nago untuk mencari penawar kutukan itu. Dalam perjalanannya, dia bertemu sekelompok samurai dan seorang biksu. Mereka memberitahu Ashitaka kalau ada orang yang bisa menyembuhkan kutukannya itu. Dia adalah Putri Mononoke, anak manusia yang dibesarkan serigala.

2. Spirited Away
4 Film Anime Terbaik Karya Hayao Miyazaki yang Wajib Ditonton

Film ini sering disebut karya terbaik Miyazaki. Tidak hanya berhasil meraih Oscar pada 2002 dengan mengalahkan sejumlah judul film animasi populer, film ini juga menguasai daftar film terlaris di Jepang selama sekitar 20 tahun. Rekor ini baru terhenti pada 2020 setelah Ufotable merilis Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba the Movie: Mugen Train.

Film ini bercerita tentang Chihiro yang berusaha menyelamatkan orangtuanya yang berubah menjadi babi karena makan makanan di luar dunia manusia. Dia kemudian bertemu Haku yang bersedia membantu Chihiro. Haku mengatakan kepada Chihiro untuk menemui Kamaji yang bekerja di rumah ketel uap. Dia kemudian bekerja untuk Yubaba, seorang penyihir yang mengganti nama Chihiro menjadi Sen.

3. The Wind Rises
4 Film Anime Terbaik Karya Hayao Miyazaki yang Wajib Ditonton

Film ini adalah karya terakhir Miyazaki yang dirilis sebelum dia mengumumkan pensiun dari dunia pembuatan film pada 2013. Film ini bercerita tentang Jiro Horikoshi, yang bermimpi terbang dengan pesawat mirip burung di atas rumahnya. Tak lama setelahnya, ada sebuah kapal besar yang muncul dan menjatuhkan bom. Pesawatnya hancur dan Jiro terbangun dari mimpinya.

Ketika sudah dewasa, Jiro pergi ke Tokyo untuk belajar menjadi ahli mesin. Dia lantas mendapatkan pekerjaan di sebuah pabrik pesawat terbang. Dia pun kembali bermimpi menjadi seorang perancang pesawat. Jiro mengungkapkan desain pesawat impiannya ke perusahaan tempatnya bekerja. Akhirnya, Jiro pun dikirim ke Jerman untuk belajar.



4. My Neighbor Totoro
4 Film Anime Terbaik Karya Hayao Miyazaki yang Wajib Ditonton

Film ini menjadi salah satu film favorit keluarga di seluruh dunia. Film ini berkisah tenang Kusakabe Satsuki dan adiknya, Kusakabe Mei. Saat sedang bermain, Mei bertemu seekor binatang yang sangat besar sedang tidur. Dia lantas memanggil hewan itu sebagai Totoro.

Saat berada di rumah, Mei menceritakan pertemuannya dengan Totoro. Tapi, ayah dan kakaknya, Satsuki, tidak paham dengan cerita Mei. Suatu hari, ketika sedang menunggu ayah mereka pulang, Totoro muncul di samping Satsuki dan Mei.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1523 seconds (0.1#10.140)