10 Anime Paling Populer Berdasarkan Penjualan Manga

Selasa, 22 Maret 2022 - 19:19 WIB
loading...
10 Anime Paling Populer Berdasarkan Penjualan Manga
Penjualan manga bisa menentukan popularitas anime yang mengadaptasinya. Meski ada yang judulnya kurang dikenal, serial ini ternyata sangat disukai di Jepang. (Foto: Twitter)
A A A
Anime menemukan popularitasnya yang melesat di pasar global dalam 10 tahun terakhir. Meskipun punya sejarah panjang dengan kesuksesan besar di Jepang, platform ini baru mulai dikenal di sejumlah wilayah di luar negara itu dalam beberapa waktu terakhir. Semuanya berkat sejumlah judul anime populer yang ditayangkan di sejumlah pasar internasional.

Penggemar anime mungkin merasa kalau mereka tahu franchise anime mana yang paling populer. Tolak ukurnya bisa jadi dari trending di media sosial atau pun di layanan streaming. Tapi, penjualan manga yang menjadi materi sumber anime ini bisa menjadi tolak ukur popularitas mereka.

Sementara tidak semua judul manga yang menciptakan anime terpopuler ini dikenal orang banyak, tapi, serial-serial ini jelas cukup sukses di negara asalnya. Mungkin saja, manga atau anime ini memang tidak terlalu tepat untuk pasar di luar Jepang. Apa saja anime terpopuler berdasarkan penjualan manga-nya? Mengutip CBR, berikut ulasannya!



10. Crayon Shin-Chan
10 Anime Paling Populer Berdasarkan Penjualan Manga

Sekilas, Crayon Shin-Chan mungkin terlihat seperti kartun untuk anak-anak. Tapi, sejarah publikasinya di majalah Weekly Manga Action mengindikasikan kalau manga ini sebenarnya dimaksudkan sebagai Seinen. Cerita seinen dimaksudkan bagi demografi orang berusia antara 18—40 tahun.

Serial ini mengisahkan tentang seorang bocah laki-laki berusia 5 tahun dan petualangannya bersama orangtua, saudara, teman, dan tetangganya di Prefektur Saitama. Serial ini dikenal atas humornya yang kasar, yang menjelaskan mengapa—meski dibintangi anak-anak—serial ini ditujukan untuk orang dewasa. Total, manga ini telah terjual hingga 148 juta eksemplar.

9. Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba
10 Anime Paling Populer Berdasarkan Penjualan Manga

Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba adalah newbie di daftar manga terlaris. Tapi, manga ini segera melesat ke puncak dengan penjualan rata-rata per volume tertinggi di antara franchise manga dalam sejarah. Dengan hanya 23 volume yang terjual 150 juta eksemplar, serial ini membuktikan betapa besarnya fanbase mereka.

Manga-nya sudah selesai pada 2020. Tapi, anime-nya baru dimulai pada 2019 dan sampai saat ini masih berjalan. Adaptasi pertama filmnya memecahkan rekor banyak film anime dan menyolidkan tempat Kimetsu no Yaiba di sejarah anime.

8. KochiKame: Tokyo Beat Cops
10 Anime Paling Populer Berdasarkan Penjualan Manga

Kochikame: Tokyo Beat Cops mungkin bukanlah judul yang populer. Namanya mungkin kurang terkenal dibandingkan One Piece atau Naruto yang sama-sama diterbitkan Shonen Jump. Namun, Kochikame adalah salah satu manga yang paling populer di Jepang yang juga tampil di majalah mingguan tersebut.

Total, manga itu telah terjual hingga 156 juta eksemplar. Manga ini adalah franchise terlaris ke-8 di sejarah manga. Serial ini diterbitkan pada 1976—2016 dan menjadi salah satu manga terpanjang yang pernah ada.

7. Slam Dunk
10 Anime Paling Populer Berdasarkan Penjualan Manga

Slam Dunk adalah salah satu manga klasik sepanjang masa. Manga ini direkomendasikan banyak orang yang baru saja diperkenalkan ke media ini. Slam Dunk mengisahkan tentang perjalanan tim basket SMA Shohoku dengan Hanamichi Sakuragi sebagai karakter utamanya.

Dengan lebih dari 170 juta eksemplar manga yang telah terjual, Slam Dunk sering diakreditasi dengan merevitalisasi ketertarikan terhadap basket di Jepang. Banyak atlet modern dari Jepang menyebut manga Slam Dunk sebagai inspirasi utama untuk belajar basket saat masih kecil. Anime Slam Dunk juga menjadi salah satu anime klasik olahraga terpopuler.

6. Doraemon
10 Anime Paling Populer Berdasarkan Penjualan Manga

Doraemon adalah franchise yang dikenal anak-anak sampai orang tua. Serial ini tidak hanya populer di Jepang, tapi juga di banyak pasar global. Sejak debut pada 1969 dan penulisnya, Fujiko F Fujio, telah wafat, popularitas Doraemon tidak juga sirna.

Dengan penjualan manga hingga 250 juta, Doraemon adalah salah satu franchise terpopuler di dunia. Serial ini mengisahkan tentang petualangan robot kucing dari abad 22 ke era sebelumnya. Kesuksesan serial ini mengantarkan Doraemon ditunjuk sebagai duta besar anime pertama Jepang.

5. Naruto
10 Anime Paling Populer Berdasarkan Penjualan Manga

Naruto adalah salah satu judul anime paling populer di seluruh dunia. Anime-nya debut pada 2003 dan manga-nya dirilis pada 1999. Pertarungannya yang estetik dan intensif meniupkan napas baru ke platform ini.

Manga Naruto berakhir setelah 15 tahun berjalan. Total, manga ini punya 72 volume dan telah menjadi buruan banyak orang. Meski kisah Naruto telah berakhir, tapi perjalanannya masih berlanjut di sekuelnya, Boruto: Naruto Next Generations.

4. Detective Conan
10 Anime Paling Populer Berdasarkan Penjualan Manga

Detective Conan adalah salah satu franchise terpanjang yang masih berjalan di dunia hiburan Jepang. Dengan lebih dari 100 volume, serial ini lebih dari dua kali panjangnya Dragon Ball dan hanya kalah sedikit dari One Piece. Serial ini mengisahkan tentang detektif SMA, Shinichi Kudo, yang berubah menjadi anak-anak. Dia terpaksa kembali ke bangku SD dan menjalani hidup sebagai Conan Edogawa.

Serial ini telah menjadi klasik bagi audiens Jepang. Setiap episode berpusat pada kasus baru yang harus dipecahkan Conan. Serial ini berhasil mendapatkan tempat di pasar global. Serial ini juga telah punya banyak film dan manga spesial yang lepas dari manga utamanya.

3. Dragon Ball
10 Anime Paling Populer Berdasarkan Penjualan Manga

Dragon Ball telah memperkenalkan dan mendefinisikan trope anime shounen modern. Serial ini dimulai sebagai manga lelucon sederhana dengan perkelahian yang kadang-kadang ada. Tapi, seiring berjalannya waktu, ceritanya berkembang menjadi shounen yang lebih berpusat pada pertarungan.

Sekuelnya, Dragon Ball Z, menjadi anime yang sangat populer. Serial ini juga menjadi batu pijakan kultural bagi banyak orang dewasa dari masa anak-anak mereka. Hanya dengan 42 volume, Dragon Ball masih bisa mencatatkan rekor penjualan manga hingga 250 juta eksemplar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2211 seconds (0.1#10.140)