Asal Usul dan Kekuatan Ms. Marvel, Superhero Muslim MCU

Rabu, 16 Maret 2022 - 11:52 WIB
loading...
Asal Usul dan Kekuatan Ms. Marvel, Superhero Muslim MCU
Trailer serial Ms. Marvel yang baru dirilis Marvel Studios memperlihatkan kalau superhero muslim Amerika MCU itu punya asal usul berbeda dengan versi komiknya. (Foto: YouTube/Marvel Entertainment)
A A A
Marvel Studios telah merilis trailer pertama serial Ms. Marvel. Trailer ini mengonfirmasikan perubahan besar terhadap sejumlah kekuatan superhero cewek itu. Selain itu, Marvel Cinematic Universe (MCU) juga telah mengubah asal usul Kamala Khan di serial ini.

Diperkenalkan pada 2013 sebagai superhero muslim Amerika pertama, signifikansi budaya Kamala tidak bisa diremehkan. Pada 2015, seniman jalanan di San Francisco menggunakan Kamala Khan sebagai simbol penentangan terhadap Inisiatif Pertahanan Kemerdekaan Amerika yang anti Islam. Pada 2016, Presiden Barack Obama menyebut Ms. Marvel saat bertemu salah satu penciptanya, Sana Amanat.

Meskipun populer, Marvel butuh waktu untuk memperkenalkannya ke MCU. Bos Marvel Studios Kevin Feige mengatakan, penting bagi busur karakter Ms. Marvel seakurat komiknya. Nyatanya, dari trailer, MCU sepertinya mengubah beberapa aspek Ms. Marvel. Mengutip Screen Rant, ada sejumlah perbedaan asal usul dan kekuatan Ms. Marvel versi komik dan MCU seperti terlihat di trailer. Apa saja? Berikut ulasannya!



1. Asal usul dan kekuatan Ms. Marvel di komik
Asal Usul dan Kekuatan Ms. Marvel, Superhero Muslim MCU

Di komik, Ms. Marvel terkait kelompok makhluk kosmik yang dikebal sebagai Inhumans. Cabang manusia yang diutak atik secara genetis dalam eksperimen alien, sekelompok Inhuman meninggalkan rasa manusia untuk hidup di kota terpencil di bulan bernama Attilan. Saat puber, tiap Inhuman terpapar zat mutagenik bernama Kabut Terrigen. Ini akan memicu perkembangan kekuatan super mereka.

Pada 2013, Attilan hancur saat melayang di atas bumi. Awan Kabut Terrigen pun tersebar ke atmosfir bumi. Setelah itu, dunia tahu kalau tidak setiap Inhuman telah meninggalkan planet itu. Ada yang tetap tinggal dan menikahi manusia.

Mereka mewariskan gen Inhuman kepada keturunan mereka. Siapa pun yang punya gen Inhuman dan terpapar awan Terrigen bisa secara spontan mengembangkan kekuatan super. Ini menjelaskan mengapa seorang cewek acak muslim Amerika yang tingga di New Jersey bisa tiba-tiba menjadi superhero dengan nama Ms. Marvel.

Di komik, kekuatan Ms. Marvel telah berubah dan berkembang selama bertahun-taun. Dia punya kekuatan untuk mengendalikan molekulnya sendiri. Pada kondisi paling dasar, ini artinya, dia punya kekuatan “melar” Mr. Fantastic dari Fantastic Four. Tapi, pada kenyataannya, dia bisa lebih.

Kamala bisa mengecil dan membesar sesuai keinginannya. Dia bahkan bisa berubah bentuk untuk mengubah penampilannya. Ketika dia kali pertama mengembangkan kekuatannya, secara tidak sadar, dia berusaha membuat dirinya mirip pahlawan idolanya, Captain Marvel. Di komik terbaru terungkap kalau ini mungkin karena Kamala punya tautan genetik ke dimensi alternatif, sehingga dia bisa mengecil.

2. Asal usul baru Ms. Marvel di MCU
Asal Usul dan Kekuatan Ms. Marvel, Superhero Muslim MCU

Trailer Ms. Marvel unutk Disney+ mengonfirmasi kalau asal usul Kamala Khan telah diubah seluruhnya. Dia masih menjadi remaja biasa yang ingin menjadi superhero. Di MCU, sepertinya kekuatannya berasal dari semacam gelang alien mutakhir. Benda ini mungkin punya asal usul mistis.

Memang, masih ada penghormatan longgar terhadap Kabut Terrigen. Bara energi kosmik di sekitar Kamala ketika dia memakai gelang itu mirip seperti representasi sejumlah seniman terhadap awan Terrigen. Tapi, tidak ada indikasi warisan Inhuman pada Kamala versi MCU ini.

Sulit untuk dikatakan apakah gelang tersebut. Karena Ms. Marvel akan terikat begitu kuat dengan Carol Danvers-nya MCU, bisa jadi itu adalah artefak Kree bernama Gelang Nega versi MCU. Benda itu pertama kali dipakai Captain Marvel di komik. Alternatifnya, kemampuan yang dipunyai Kamala itu lebih mirip Gelang Kuantum yang terasosiasikan dengan superhero bernama Quasar.

3. Kekuatan Ms. Marvel di MCU
Asal Usul dan Kekuatan Ms. Marvel, Superhero Muslim MCU

Cerita asal usul berbeda itu sepertinya menghasilkan perubahan radikal terhadap kekuatan Ms. Marvel. Gelang yang dipakai Kamala sepertinya membuatnya bisa memanipulasi energi di level kuantum, memanifestasikan kekuatan itu melalui semacam medan gaya. Dia juga bisa menggunakan konstruksi ringan itu dengan beragam bentuk. Di trailer itu, dia terlihat bisa mengeluarkan ledakan radial, dorongan kinetik, dan bahkan cakram loncatan.

Yang mengagumkan, ada versi tangan “membesar” khas Kamala. Kamala menciptakan tinju besar di sekitar tangannya sebelum menonjok lawannya. Tentu saja, ada kekuatan lain dari gelang itu yang belum terungkap. Ms. Marvel bisa punya resistensi tinggi terhadap cedera atau sebuah level kekuatan manusia super.

Perubahan terhadap Ms. Marvel seperti itu bukanlah yang pertama bagi MCU. Tapi, penting utuk dicatat kalau Marvel memang terlihat berusaha untuk tetap setia pada beat karakter ini. Terutama, dengan latar belakang muslim Ms. Marvel dan masalah identitas yang dia hadapi. Ada adegan di trailer di mana ibu Kamala berusah mendefinisikannya, yang merujuk pada konflik identitas yang sepertinya akan menjadi fokus serial ini.

4. Alasan MCU mengubah Ms. Marvel
Asal Usul dan Kekuatan Ms. Marvel, Superhero Muslim MCU

Perubahan radikal terhadap kekuatan dan asal usul Ms. Marvel ini jelas akan jadi kontroversial. Perubahan ini sepertinya terkait keenganan Marvel menghadapi Inhumans, franchise yang sepertinya tidak pernah menarik Kevin Feige. Tak lama setelah restrukturisasi Marvel memberikan kendali tunggal MCU padanya, film Inhumans langsung dicoret. Serial TV Inhumans juga jeblok. Ini akhirnya membunuh franchise itu—bahkan di komik. Dengan konteks ini, tak heran jika akhirnya Marvel Studios memang tidak mau berhadapan dengan Inhumans.

Sebuah perubahan asal usul biasanya membuka kemungkinan kekuatan alternatif. Sudah lama jadi perhatian kalau kekuatan Ms. Marvel akan terlihat aneh jika diadaptasi ke live-action. Bahkan salah satu penciptanya, G Willow Wilson mengungkapkan keprihatinannya.



Sementara, yang lain menunjuk ada terlalu banyak persamaan visual antara kekuatan melar inti Ms. Marvel dengan Mr. Fantastic. Marvel Studios saat ini sedang beusaha memperkenalkan Fantastic Four versi mereka. Mereka mungkin tidak mau punya kekuatan yang mirip secara visual muncul bersamaan.

Tapi, ada satu alasan potensial akhir terhadap perubahan Ms. Marvel, yaitu mandat cerita. Hanya sedikit yang diketahui tentang gelang misterius yang ditemukan Kamala. Apakah itu Gelang Nega atau Gelang Kuantum, tidak diketahui. Selain itu, akan ada kaitan logis antar Ms. Marvel dan Captain Marvel. Ini akan membantu membangun masa depan Kamala Khan sebagai Ms. Marvel di MCU.

(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1851 seconds (0.1#10.140)