8 Anime Kocak yang Menampilkan Yakuza, Dijamin Ngakak!

Selasa, 15 Maret 2022 - 16:01 WIB
loading...
8 Anime Kocak yang Menampilkan Yakuza, Dijamin Ngakak!
Yakuza punya kesan kuat dalam budaya Jepang. Anime pun tak jarang mengeksplorasi organisasi samar ini. Tidak hanya dalam bentuk serius, tapi juga anime komedi. (Foto UpiTube)
A A A
Yakuza punya kesan kuat dalam budaya Jepang. Organisasi ini punya sejarah kompleks dan menarik untuk dikulik. Karenanya, tak heran jika banyak kreator menggunakan mereka sebagai referensi dalam berbagai platform, termasuk anime .

Menariknya, di anime, Yakuza digambarkan secara beragam. Organisasi ini tidak selalu muncul sebagai organisasi gelap, kejam, dan ditakuti. Alih-alih, ada anime yang mengesampingkan bagian serius gaya hidup Yakuza.

Sejumlah anime bahkan menyajikan Yakuza dalam bentuk serial komedi yang bakal mengocok perut penontonnya. Anime-anime komedi yang menampilkan Yakuza ini punya sejumlah momen yang gampang diingat. Apa saja? Berikut ulasannya!



8. The Way of the Househusband
8 Anime Kocak yang Menampilkan Yakuza, Dijamin Ngakak!

Apa jadinya kalau gengster paling ditakuti malah menghabiskan hari-harinya sebagai bapak rumah tangga pengejar diskon di supermarket? Mungkin ini adalah hal terkonyol yang pernah terjadi dan inilah yang ada di serial ini. Tatsu yang berjuluk Naga Abadi ini dikenal atas produktivitas tempurnya terhadap geng lawan tiba-tiba menghilang. Tanpa diketahui banyak orang, Tatsu diam-diam meninggalkan cara hidup Yakuza-nya dan memilih tinggal di sebuah apartemen bersama istrinya untuk menikmati hidup yang damai.

Istri Tatsu adalah seorang wanita karier yang punya peranan penting dalam pekerjaannya. Karenanya, Tatsu akhirnya memilih menjadi bapak rumah tangga. Mengenakan apron, Tatsu pun melakukan pekerjaan rumah layaknya orang lain. Karenanya, dia malah menguasai banyak keterampilan seperti memasak makanan lezat, mendapatkan diskon terbaik di supermarket, dan lainnya. Mantan anak buah dan musuhnya pun kaget saat mengetahui kegiatan Tatsu tersebut.

7. Great Teacher Onizuka
8 Anime Kocak yang Menampilkan Yakuza, Dijamin Ngakak!

Serial ini tidak secara langsung tentang Yakuza. Di serial ini, Eikichi Onizuka, mantan pemimpin geng motor, memilih mewujudkan impiannya untuk menjadi guru terhebat di dunia. Tapi, itulah yang diinginkan Onizuka. Sayangnya, satu-satunya penghambatnya adalah kelasnya yang muridnya berandalan semua.

Tapi, bagi para berandalan itu, Onizuka adalah mimpi buruk. Guru mereka itu punya metode untuk menghadapi mereka—baik legal dan ilegal. Sebagai mantan berandalan, Onizuka merasa organisasi kriminal seperti Yakuza adalah cara terbaik untuk sukses. Petualangannya bersama para muridnya sering membawa mereka bertemu Yakuza. Meskipun anime tua, serial ini tetap menarik untuk ditonton sampai sekarang.

6. City Hunter
8 Anime Kocak yang Menampilkan Yakuza, Dijamin Ngakak!

Serial ini memang tidak seutuhnya tentang Yakuza. Anime ini membahas tentang petualangan Ryo Saeba, City Hunter-nya Tokyo. Bersama handler-nya, Kaori Makimuara, keduanya adalah “penyapu” kota. Mereka mempertahankan kota itu agar “bersih” dari beragam orang jahat dan mereka yang ingin menebar kekacauan di Tokyo. Klien Ryo memberinya berbagai pekerjaan, dari melindungi klien, pembunuhan, dan lain sebagainya.

Sebagai pembunuh “sempurna”, Ryo pun jadi dikenal banyak orang, termasuk Yakuza. Bahkan, mereka terkadang menyewa Ryo untuk melakukan sejumlahi pekerjaan terkait kasus yang tidak bisa mereka selesaikan dan mengancam stabilitas kota. Yang membuat serial ini jadi lucu adalah City Hunter harus menghentikan Ryo menjadi buaya terhadap klien wanita mereka dan kegilaan yang dilakukan Yakuza demi mendapatkan perhatian Ryo.

5. Seto no Hanayome
8 Anime Kocak yang Menampilkan Yakuza, Dijamin Ngakak!

Menjadi Yakuza ternyata tidak kenal spesies. Ketika putri duyung bernama Sun Seto menyelamatkan nyawa Nagasumi Michishio setelah nyaris tenggelam, Nagasumi akhirnya tahu kalau Sun adalah anggota keluarga Yakuza duyung. Tidak hanya itu, kalau dia ingin tetap hidup, Yakuza memerintahkannya untuk menikahi Sun atau salah satu dari mereka akan mati.

Dipaksa menikahi putri anggota Yakuza duyung, petualangan kocak Nagasumi dan Sun pun dimulai. Mereka pun berusaha memahami hidup satu sama lain. Tentu saja, berasal dari dua dunia yang berbeda, usaha mereka untuk memahami budaya manusia dan gaya hidup Yakuza duyung selalu menghasilkan kelucuan.

4. Hinamatsuri
8 Anime Kocak yang Menampilkan Yakuza, Dijamin Ngakak!

Yoshifumi Nitta adalah anggota biasa Yakuza sampai suatu malam sebuah kotak besar jatuh dan menimpa kepalanya. Bukan hanya itu, kotak itu juga berisi seorang cewek yang hanya tahu dirinya sebagai Hina. Dia ternyata punya kemampuan supranatural. Karena kekuatannya itu bisa membantu Yakuza, Nitta membawa Hina dan merawatnya.

Masalahnya, Hina harus menggunakan kekuatan itu secara reguler atau dia akan mengamuk dan Nitta bisa terkena akibatnya. Sementara Nitta awalnya digambarkan sebagai seorang pria yang cuek, kepeduliannya terhadap Hina menjadi awal mula persahabatan yang indah antara keduanya. Ketika pihak lain selain Yakuza mulai memperlihatkan ketertarikan terhadap Hina, petualangan komedik pun terjadi di saat keduanya berusaha bertahan hidup.

3. Nisekoi
8 Anime Kocak yang Menampilkan Yakuza, Dijamin Ngakak!

Terkadang, cinta memilih siapa pun yang paling dibutuhkan. Tidak peduli kalau dua hati yang dipilihnya berasal dari dua Yakuza yang bermusuhan. Di anime ini, Raku Ichigo dari Shuei-gumi bertemu seorang cewek bernama Chitoge Kirisaki. Mereka bertabrakan dan liontin Raku yang merupakan pemberian cewek yang dulu ditaksirnya hilang. Raku memaksa Chitoge membantunya untuk mencari liontin itu. Setelahnya, mereka mulai tidak suka satu sama lain karena sikap mereka.

Di saat yang sama, Shuei-gumi dan rivalnya, Beehive, sepakat menyelesaikan perbedaan mereka dengan menikahkan anak-anak pemimpin mereka. Sudah jadi takdirnya, Raku akhirnya tahu kalau calon pengantinnya itu tidak lain selain Chitoge, yang ternyata adalah putri bos Beehive. Mau tak mau mereka akhirnya harus menjalani hubungan palsu itu. Di sisi lain, Raku ternyata naksir Kosaki Onodera, teman sekolahnya.

2. Back Street Girls: Gokudolls
8 Anime Kocak yang Menampilkan Yakuza, Dijamin Ngakak!

Jarang ada Yakuza yang dicampur dengan budaya idol. Tapi, serial ini melakukannya. Di ceritanya, tiga anggota Yakuza yang mengecewakan bosnya berkali-kail diberi dua pilihan. Pilihan itu adalah mereka harus melakukan seppuku (bunuh diri), atau pergi ke Thailand untuk menjalani operasi ganti jenis kelamin dan berlatih untuk menjadi idol.

Ternyata, ketiga anggota Yakuza itu memilih pilihan kedua. Setelah setahun melakoni pelatihan keras, mereka pun akhirnya menjadi idol dan mulai populer. Meski begitu, rasa persaudaraan mereka sebagai anggota Yakuza tetap kuat. Sayang, masa lalu Yakuza mereka mulai membayangi ketika popularitas mereka menanjak.



1. Gokusen
8 Anime Kocak yang Menampilkan Yakuza, Dijamin Ngakak!

Kumiko Yamaguchi baru saja akan memulai pekerjaan impiannya seabagi seorang guru matematika. Namun, dia kemudian menyadari kalau sekolah tempatnya bekerja, Shirokin Academy, adalah sekolah khusus cowok yang muridnya kebanyakan adalah berandalan. Dengan mudah, Kumiko pun segera direpotkan dengan murid-muridnya yang berandalan itu. Semuanya terjadi ketika dia harus menyembunyikan sifat aslinya sebagai kepala Klan Yakuza Ooedo.

Meski serial ini bersifat komedi, latar belakang Kumiko tragis. Dia menjadi kepala klan sementara ketika berusia 23 tahun setelah orang tuanya tewas secara tragis beberapa tahun sebelumnya dan kakeknya sakit. Untungnya, Kumiko punya support system yang bagus dalam bentuk gerombolan preman yang overprotective tapi tetap hormat padanya. Anak-anak di sekolahnya akhirnya menerima akibatnya karena Kumiko punya kemampuan unik untuk menegaskan otoritasnya.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1832 seconds (0.1#10.140)