5 Persamaan Eren Attack on Titan dan Lelouch Code Geass

Kamis, 10 Maret 2022 - 22:35 WIB
loading...
5 Persamaan Eren Attack on Titan dan Lelouch Code Geass
Eren Jaeger dari Attack on Titan dan Lelouch Lamperouge dari Code Geass punya persamaan dalam misi di serial masing-masing. Mereka juga punya akhir yang sama. (Foto: KOMBO_
A A A
Nama Lelouch Lamperouge dari Code Geass menjadi trending topic seiring dengan akan berakhirnya Attack on Titan . Apa yang terjadi pada akhir Code Geass terhadap Lelouch membuat penggemar menarik garis persamaan dengan apa yang terjadi pada Eren di Attack on Titan. Kedua karakter adalah karakter utama di masing-masing anime.

Apa yang terjadi di akhir Code Geass yang tayang perdana pada 2007 dan berakhir pada 2008 membuat banyak penggemar kecewa. Di akhir season 2, Lelouch akhirnya tewas setelah mendapatkan apa yang dia inginkan. Nasib sama juga dihadapi Eren. Manga Attack on Titan awalnya dirilis pada 2009 dan anime-nya tayang pada 2013.

Meski anime Attack on Titan belum selesai, tapi manga-nya sudah tamat. Ending manga itu telah membuat kecewa para penggemar karena mereka merasa Eren seharusnya mendapatkan perlakuan yang lebih baik. Tapi, Hajime Isayama sepertinya punya pertimbangan sendiri. Karena kemiripan ending Lelouch dan Eren, banyak penggemar yang mulai melihat persamaan keduanya. Apa saja persamaan dan perbedaan mereka? Simak ulasan berikut ini!



10. Persamaan: bersumpah balas dendam setelah kematian ibu mereka
5 Persamaan Eren Attack on Titan dan Lelouch Code Geass

Persamaan besar antara Lelouch dan Eren adalah motivasi mereka. Kedua karakter ini dipaksa menyaksikan kematian traumatis ibu mereka saat mereka masih kecil. Ibu Eren dimangsa Titan Tersenyum saat kejatuhan Shiganshina. Sementara, ibu Lelouch terlihat dibunuh.

Setelah peristiwa tragis itu, baik Eren dan Lelouch sama-sama bersumpah untuk balas dendam atas kematian ibu masing-masing. Lelouch bertekad menghancurkan Britannia dan Eren ingin membunuh semua Titan. Keduanya sama-sama ingin melakukan apa pun demi memenuhi tujuan mereka.

9. Perbedaan: Nurani Lelouch ditambatkan adiknya, Nunnally
5 Persamaan Eren Attack on Titan dan Lelouch Code Geass

Salah satu perbedaan besar antara Eren dan Lelouch adalah keluarga. Eren tidak punya keluarga lain untuk membantunya setelah tragedi itu terjadi. Teman-temannya adalah pendukung emosional keluarganya, tapi mereka juga merupakan rekan-rekan sesama prajurit.

Di sisi lain, alasan Lelouch untuk tetap hidup adalah adiknya, Nunnally. Trauma akibat serangan terhadap ibunya, Nunnally berharap dunia yang baik dan lembut. Dia mewakili nurani Lelouch sebagaimana kegagalannya. Nunnally adalah tambatan Lelouch tapi sering menjadi hambatan dalam rencana kakaknya itu. Eren jauh lebih terpaku pada misinya untuk mencari kebebasan dan balas dendam ketimbang Lelouch.

8. Persamaan: punya kekuatan misterius yang tidak bisa mereka kontrol dengan baik
5 Persamaan Eren Attack on Titan dan Lelouch Code Geass

Baik Lelouch dan Eren bisa membangkitkan kekuatan misterius yang menyelamatkan nyawa mereka dan menyebabkan kerusakan besar. Lelouch mendapatkan Geass dari penyihir bernama CC. Eren sudah punya kekuatan Attack Titan setelah mendapatkannya beberapa tahun sebelumnya dari ayahnya. Tapi, kekuatan itu harus mereka bayar mahal.

Eren segera dicaci hampir semua orang di sekitarnya. Geass Lelouch membuatnya terisolasi dari rekan-rekannya. Ini sebagian terjadi karena Eren dan Lelouch tidak mampu mengendalikan kemampuan mereka itu dengan layak. Geass Lelouch menyebabkan kematian saudari tirinya, Euphemia, dan banyak orang tak bersalah. Sementara, Eren butuh waktu lama untuk memahami dan mengauasai kemampuan Attack Titan-nya.

7. Perbedaan: Eren adalah prajurit mumpuni tanpa Attack Titan
5 Persamaan Eren Attack on Titan dan Lelouch Code Geass

Kemampuan paling menonjol Eren adalah kekuatan Attack Titan dan kemudian Titan lain yang dia makan. Namun, dia adalah prajurit yang mahir bahkan tanpa kemampuan ini. Dia terlatih menggunakan perlengkapan ODM. Sementara dia tidak sebagus Mikasa, dia masih mengungguli tentara lain di Pasukan Pengintai.

Di sisi lain, Lelouch sangat lemah secara fisik. Ini menjadi sumber komedi di Code Geass. Di satu adegan, usaha Lelouch untuk lari cepat dengan mudah diungguli tidak hanya oleh Suzaku Kururugi dan Kallen Kuzuki yang memang tentara, tapi juga Shirley Fenette. Yang lebih kocak, Lelouch bahkan kalah dari Milly Ashford.

6. Persamaan: tahu kalau semua yang mereka ketahui adalah dusta
5 Persamaan Eren Attack on Titan dan Lelouch Code Geass

Di bagian pertama Attack on Titan, Eren dan teman-temannya bertindak sebagai pertahanan terakhir manusia melawan Titan pemakan manusia. Tapi, Eren kemudian tahu kalau musuh sejati Eldia adalah Marley. Diperbudak Eldia di masa kuno, Marley menganggap Titan sebagai monster tapi masih mempersenjatai mereka untuk menegakkan kendali mereka atas negara lain dan menarget Paradis. Di atas semua itu, dia melihat masa depan saat menyentuh tangan Historia. Peristiwa ini menyebabkan perubahan dratis dalam pandangan Eren.

Lelouch mengalami pengalaman yang sama saat dia tahu kalau ibunya ternyata masih hidup. Baik ibunya dan ayahnya sangat berdedikasi pada Koneksi Ragnarok. Bagi mereka, keberadaan Lelouch dan pemberontak tidaklah relevan. Pencerahan ini dan juga keyakinannya kalau adiknya sudah mati memicu perubahan besar dalam pendekatannya.

5. Perbedaan: Lelouch lebih cerdas dan stragegis ketimbang Eren
5 Persamaan Eren Attack on Titan dan Lelouch Code Geass

Lelouch mungkin lebih lemah secara fisik ketimbang Eren. Tapi, itu karena karakternya tidak ditentukan oleh keterampilan fisiknya. Kejeniusannyalah yang benar-benar menandai kehebatan Lelouch. Dia menciptakan strategi cerdas yang bisa melumpuhkan pasukan yang lebih hebat darinya.

Kecerdasan Lelouch mungkin senjata terhebatnya sebagai Zero. Eren tidak sejenius Lelouch. Di Attack on Titan, kualitas ini sepertinya adalah milik Armin Arlert.

4. Persamaan: mempengaruhi kekuatan yang melampaui semua batasan
5 Persamaan Eren Attack on Titan dan Lelouch Code Geass

Elemen yang menentukan dalam hidup Eren dan Lelouch melibatkan kontak mereka dengan kekuaan spiritual yang melampaui semua batasan. Lelouch memasuki Dunia C untuk menghadapi ayahnya. Dengan demikian, dia bertemu Tuhan. Di Code Geass, dia sebenarnya adalah kumpulan nurai manusia, yang masih hidup dan sudah mati.

Eren mengalami sesuatu yang mirip. Setelah ditembak Gabi, dia melakukan kontak dengan kakak tirinya, Zeke. Dia lantas bisa mengakses Paths. Di sana, dia bertemu Ymir, nenek moyang semua Titan. Saat berada di dalam Koordinat, Ymir terus mengikuti wasiat keluarga kerajaan dengan membangun Titan. Baik Eren dan Lelouch punya efek besar terhadap Ymir dan Dunia C.

3. Perbedaan: Lelouch menghentikan kehancuran dunia, Eren menyebabkannya
5 Persamaan Eren Attack on Titan dan Lelouch Code Geass

Eren tidak benar-benar punya kekuatan atas Ymir. Tapi, dia meraih tangannya dan berhasil membujuk Ymir untuk membantunya. Lewat Ymir, Eren berhasil menyalurkan Founding Titan—kekuatan yang sudah dia punya tapi tidak bisa diaktifkan karena Eren bukan keturunan keluarga kerajaan. Ini kemudian menyebabkan efek merusak. Eren menggunakan kekuatan itu untuk memulai Rumbling.

Sementara, Dunia C diintai Pedang Damocles Charles, yang berusaha membunuh Tuhan. Dengan menggunakan Geass, Lelouch mengetuk kekuatan Dunia C dan memintanya untuk tidak menghentikan perjalanan waktu. Dia memberlakukan kehendaknya ke Dunia C dengan menghentikan Koneksi Ragnarok. Di titik kunci busur karakter mereka ini, Lelouch menyelamatkan dunia, sementara Eren mengambil pendekatan lebih gelap.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1535 seconds (0.1#10.140)