8 Serial Anime yang Terinspirasi dari Mitologi Nordik

8 Serial Anime yang Terinspirasi dari Mitologi Nordik
Mitologi Nordik telah menjadi populer di anime. Dicampur budaya Jepang, anime membuat cerita yang unik dari mitologi ini. Salah satunya adalah Attack on Titan. (Foto: Tech Radar)
Mitologi Nordik adalah salah satu mitologi yang sering menjadi inspirasi banyak karya fiksi. Yang paling mencolok adalah komik dan film Marvel yang menampilkan Thor, bersama bangsa Asgard dan karakter-karakternya seperti Odin dan Loki. Selain mereka, anime pun ada juga yang mengambil inspirasi dari mitologi Nordik ini.

Memang, sebagian besar anime tetap dekat dengan rumah dan menarik dari budaya Jepang. Tapi, kadang, mereka juga mendapatkan inspirasi dari tempat lain. Ada banyak anime yang terinspirasi dari budaya lain Asia atau bahkan Barat.

Mitologi adalah favorit di antara anime. Banyak serial yang menggabungkan mitologi Yunani, Mesir, dan Nordik ke serial mereka. Mitologi Nordik, secara khusus, telah mejadi populer di anime. Banyak anime yang menciptakan cerita unik dengan menggabungkan tradisi Jepang dengan sejarah dan pengaruh budaya mitologi Nordik. Apa saja? Mengutip Game Rant, berikut ulasannya!

Baca Juga: 5 Karakter Cewek Berambut Pendek Paling Keren di Anime

8. Oh! My Goddess
8 Serial Anime yang Terinspirasi dari Mitologi Nordik

Serial ini adalah anime harem klasik yang mengisahkan tentang Keiichi Morisato. Hidupnya selamanya berubah setelah secara tak sengaja dia memanggil Bantuan Teknis Dewi. Dia memanggil Dewi Kelas Satu bernama Belldandy. Setelah bercanda kalau dia berharap Belldandy akan tinggal selamanya dengan dia, keduanya terikat hingga sepanjang hayat Keiichi.

Serial ini secara longgar terinspirasi mitologi Nordik dengan menggunakan berbagai nama dan konsepnya. Contohnya adalah Belldandy dan juga saudarinya, yaitu Urd serta Skuld. Sementara serial ini menarik dari mitos Nordik, ceritanya tetap unik dengan sangat sedikit kesamaan dengan materi sumbernya.

7. Val x Love
8 Serial Anime yang Terinspirasi dari Mitologi Nordik

Serial ini berkisah tentang Takuma Akutsu yang dipilih Odin untuk bertindak sebagai pacar resmi Saotome bersaudari. Mereka adalah sembilan cewek yang diam-diam dikirim dari Asgard untuk membela bumi dari iblis. Demi mendapatkan kekuatan yang dibutuhkan untuk menyelamatkan dunia, para saudari ini harus meningkatkan kekuatan mereka dengan bantuan pacar resmi mereka, Takuma.

Ini adalah putaran yang aneh dan unik terhadap mitologi Norse. Memang, sulit membayangkan bagaimana para Valkyrie Asgardian ini dalam setting harem rom-com. Meski begitu, serial ini jelas kreatif.

6. High School DxD
8 Serial Anime yang Terinspirasi dari Mitologi Nordik

Serial ini menjangkau banyak mitologi dan agama, dari Buddha, Yunani sampai Nordik. Serial ini mengikuti Issei Hyoudou, anak SMA biasa yang dihidupkan lagi oleh iblis cantik bernama Rias Gremory. Sekarang jadi iblis, dia harus melayani Rias dalam pertarungannya melawan iblis lain, malaikat jatuh, dan dewa mitologi.

Banyak Dewa Nordik yang tampil di serial ini. Mereka termasuk Odin, Raja Dewa Nordik, dan Loki, yang bertindak sebagai satu dari penjahat utama. Sementara mitologi Nordik hanya memainkan peranan minor di serial ini, ada banyak elemen mitologi ini di serial ini dan berkontribusi di seluruh plot cerita.

5. Mythical Detective Loki Ragnarok
8 Serial Anime yang Terinspirasi dari Mitologi Nordik

Dari judulnya, sudah jelas darimana inspirasi serial ini. Anime ini dibintangi Loki, yang diasingkan ke bumi dalam bentuk bocah cowok manusia karena terlalu keterlaluan melakukan kekacauan. Ini pas dengan julukan Loki sebagai Dewa Pembuat Onar.

Agar bisa kembali ke rumahnya, dia memulai layanan detektif dan mengumpulkan aura jahat yang ditemukan di hati manusia. Banyak Dewa Nordik muncul di serial ini, masing-masing menjadi musuh baru yang harus dikalahkan Loki. Twist yang menarik dan menyenangkan terhadap sosok kuno ini menjadikan serial ini dinikmati penggemar mitologi.

4. Saint Seiya
8 Serial Anime yang Terinspirasi dari Mitologi Nordik

Serial ini juga menarik inspirasi dari berbagai budaya dan mitologi, termasuk mitologi Nordik. Nyatanya, serial ini punya satu busur yang didedikasikan untuk dewa dan dongeng Nordik. Busur Asgard memperkenalkan Prajurit Dewa, tentara kuat yang bertarung untuk mempertahankan rumah mereka di Asgard.

Setelah Odin dan perwakilannya membangkitkan kekuatan mereka, mereka bertarung bersama Saint Seiya dan bertarung untuk tanah mereka. Busur ini menjadi favorit penggemar serial ini dan dianggap sebagai salah satu yang terbaik. Sementara itu mungkin adalah busur filler, penambahan Asgard dan Prajurit Dewa membuat twist yang menarik ke serial yang banyak disukai hingga sekarang.

3. Record of Ragnarok
8 Serial Anime yang Terinspirasi dari Mitologi Nordik

Serial ini menarik dari banyak agama dan legenda berbeda. Di serial ini, tiap Dewa yang ada direpresentasikan. Mereka muncul bersama untuk menentukan nasib umat kemanusiaan. Di serial ini, mitologi Nordik diwakili Brunhilde, seorang Valkyrie Valhalla, yang berjanji bersama Dewa untuk menyelamatkan umat manusia.

Mereka sepakat memberikan peluang lagi bagi manusia. Mereka kemudian memulai peristiwa yang disebut Ragnarok, di mana 13 prajurit terhebat manusia harus menghadapi 13 Dewa. Serial ini adalah putaran unik mitologi, agama dan dongeng yang membuat penggemar melihat karakter dan tokoh mitologi dalam cara yang baru.

2. Kamigami no Asobi
8 Serial Anime yang Terinspirasi dari Mitologi Nordik

Sulit dibayangkan sebuah shojo fantasi dengan para dewa ganteng mengerubuti cewek manusia normal. Tapi, itulah yang terjadi pada serial ini. Dan, entah bagaimana, itu berhasil.

Ceritanya berpusat pada Yui Kusanagi. Cewek SMA ini tiba-tiba pindah ke dunia para Dewa setelah menemukan pedang misterius di gudang rumahnya. Dia lantas menjadi instruktur tunggal di Akademi Dewa di mana dia harus mengajari para dewa muda tentang bagaimana memperbaiki hubungan dengan manusia.

Serial ini menampilkan para Dewa dari berbagai macam budaya. Salah satu dewa itu adalah Loki, yang merupakan perwakilan Nordik. Sementara serial ini hanya mengambil inspirasi longgar dari mitologi itu, itu adalah pendekatan yan menyenangkan dan tidak biasa terhadap dongeng tiap budaya itu.

Baca Juga: 10 Karakter Anime yang Selalu Menutupi Wajah dengan Topeng

1. Attack on Titan
8 Serial Anime yang Terinspirasi dari Mitologi Nordik

Siapa yang saat ini tidak kenal Attack on Titan? Serial ini telah menjadi salah satu anime paling sukses sepanjang masa. Anime yang diadaptasi dari manga karya Hajime Isayama ini banyak mengambil inpirasi dari mitologi Nordik, dari nama sampai pembangunan dunianya.

Salah satu sumber inspirasi terbesarnya adalah titan di serial ini. Mereka adalah cermin raksas Nordik, makhluk menakutkan yang merupakan musuh para Dewa. Karakter Ymir juga sangat terpengaruh mitologi ini. Legenda Nordik membahas raksasa jahat bernama Ymir yang sangat kuat sehingga hanya Odin yang bisa membantainya.

Cerita serial ini memang berbeda dari dongeng di mitologi Nordik. Tapi, jelas kalau mitologi ini membangun fondasi dunia Attack on Titan. Serial ini meniupkan nyawa baru ke cerita kuno tersebut.


(alv)
Share: