5 Film tentang Perang Rusia Ukraina, dari Kisah Muslim hingga Dokter Muda

5 Film tentang Perang Rusia Ukraina, dari Kisah Muslim hingga Dokter Muda
Film Ukraina berjudul Homeward menceritakan kisah ayah dan anak yang menjemput dan mengantar jasad keluarganya. Foto/Cannes Film Festival
JAKARTA - Sineas Ukraina sudah berulang kali merekam aksi invasi Rusia ke Ukraina, yang dibuat sejak era 2010-an.

Perang Rusia Ukraina yang meletus sejak 24 Februari lalu disebut sebagai invasi terbesar dari satu negara ke negara lainnya sejak Perang Dunia II. Meski begitu, ketegangan antara kedua negara sebenarnya sudah terjadi sejak 2014.

Pada tahun tersebut, Rusia secara paksa mengambil wilayah Semenanjung Krimea, yang sebelumnya adalah milik Ukraina. Sementara beberapa hari sebelum perang terjadi pada tahun ini, Rusia mengakui kemerdekaan dua wilayah di Ukraina Timur yang dikuasai pemberontak pro-Rusia.

Masalah lainnya yang memicu perang adalah karena Ukraina ingin bergabung dengan The North Atlantic Treaty Organization (NATO). Nato adalah aliansi militer dari negara-negara di Amerika dan Eropa. Rusia tidak senang dengan keinginan Ukraina itu karena dianggap akan merugikan keamanan Rusia.

Sengkarut konflik panjang antara dua negara pecahan Uni Soviet itu pun berusaha dipotret para sineas Ukraina. Formatnya mulai dari film dokumenter hingga cerita pilu yang dikemas secara fiksi tentang rakyat biasa yang terkena imbas ego politik para pemimpin. Berikut lima di antaranya, mengutip Hollywood Reporter.

1. Reflection (2021)

5 Film tentang Perang Rusia Ukraina, dari Kisah Muslim hingga Dokter Muda

Foto: Fore Films

Film karya sutradara Valentyn Vasyanovych ini menjadi salah satu favorit para kritikus saat diputar dalamVenice Film Festival.

Reflection bercerita tentang seorang dokter muda yang menjadi sukarelawan di medan perang wilayah Donban, Ukraina. Ia lalu ditangkap oleh seorang tentara Rusia, yang berpura-pura menjadi warga lokal.

Setelah ditangkap, sang dokter pun mengalami penyiksaan. Ia lantas berjuang untuk bebas, sambil berharap bisa melanjutkan hidup di Kyiv, ibu kota Ukraina.

2. Winter on Fire: Ukraine's Fight for Freedom (2015)

5 Film tentang Perang Rusia Ukraina, dari Kisah Muslim hingga Dokter Muda

Foto: Venice Film Festival

Film dokumenter garapan Evgeny Afineevsky memotret aksi demonstrasi yang dipicu oleh keputusan pemerintah Ukraina pada 2014. Saat itu, pemerintah memutuskan menangguhkan penandatanganan perjanjian perdagangan dengan Uni Eropa demi membina hubungan yang lebih dekat dengan Rusia.

Afineevsky dan krunya mengikuti para pengunjuk rasa dari garis depan, menentang rezim mantan Perdana Menteri Viktor Yanukovych yang memiliki hubungan dekat dengan Putin.

Dalam demonstrasi tersebut, ratusan ribu orang ikut serta di alun-alun Maidan Kyiv. Dari mahasiswa, jurnalis, buruh, seniman, dan pendeta ikut serta dalam aksi tersebut. Film ini bisa disaksikan di Netflix.

3. The Earth Is Blue as an Orange (2020)

5 Film tentang Perang Rusia Ukraina, dari Kisah Muslim hingga Dokter Muda

Foto: Albatros Communicos

Film garapan Iryna Tsilyk ini menceritakan kisah orang tua tunggal Hanna bersama empat anaknya. Hanna berusaha membuat rumahnya aman bagi anak-anaknya itu, meski bom dan kekacauan terus berlangsung di luar rumahnya.

Film ini disebut berdasarkan pengalaman para kru yang terlibat, dan mengubah trauma yang mereka rasakan menjadi sebuah karya seni yang sarat akan nilai-nilai kemanusiaan. Film ini memenangkan piala penyutradaraan terbaikuntuk film dokumenterdalamSundance Film Festival 2020.

4. Homeward (2019)
halaman ke-1
Share: