10 Fakta Doctor Strange yang hanya Diketahui Fan Komik Marvel

Selasa, 22 Februari 2022 - 22:22 WIB
loading...
10 Fakta Doctor Strange yang hanya Diketahui Fan Komik Marvel
Doctor Strange adalah salah satu karakter berpengaruh di komik Marvel. Penggemar komik pun pasti tahu banyak tentang fakta menarik yang tidak diketahui fan MCU. (Foto: Giant Freaking Robot)
A A A
Doctor Strange akan kembali menyapa penggemarnya di Marvel Cinematic Universe (MCU) lewat In the Multiverse of Madness pada Mei mendatang. Popularitas Strange juga terus meroket di franchise raksasa ini, terutama setelah kehadirannya di Spider-Man: No Way Home tahun lalu. Penggemar sudah tidak sabar untuk menyaksikan aksi baru Strange.

Fakta menariknya, Strange sebenarnya sudah menjadi elemen utama di Semesta Marvel sejak awal di komik. Hingga saat ini, dia tetap menjadi kekuatan kunci dengan koneksi mendalam dengan dimensi kosmik. Dia juga menjadi pusat kekuatan Bumi-616. Penggemar berat komik pun pasti tahu sepak terjang Doctor Strange ini di Semesta Marvel.

MCU belum banyak mengungkapkan banyak sisi Strange. Doctor Strange in the Multiverse of Madness akan menampilkan sejumlah karakter dan fakta Strange dari komik. Fakta-fakta ini tentu sudah diketahui penggemar komik. Apa saja? Mengutip Screen Rant, berikut ulasannya!



10. Awalnya tidak punya komik sendiri
10 Fakta Doctor Strange yang hanya Diketahui Fan Komik Marvel

Doctor Strange debut pada 1963 di Strange Tales #110. Dia diciptakan Stan Lee dan Steve Ditko. Ditko membawa konsep aslinya. Strange akan punya komiknya sendiri selama bertahun-tahun karena fakta kalau komik Marvel bergantung pada DC Comics saat itu untuk distribusi.

Jumlah judul yang bisa mereka terbitkan terbatas. Ini membuat Strange Tales, antologi horor yang awalnya dimulai pada 1950-an, menjadi buku terpisah yang menampilkan Doctor Strange sampai edisi #169. Setelah itu, komik itu menjadi judul yang pas untuk Strange.

9. Cinta pertamanya adalah Clea
10 Fakta Doctor Strange yang hanya Diketahui Fan Komik Marvel

Di MCU, wanita pujaan Doctor Strange sejauh ini adalah Christine Palmer. Di komik, cinta pertamanya adalah seorang wanita bernama Clea. Dia kali pertama muncul di Strange Tales #124 pda 1964, yang ternyata juga menjadi debut Dormammu, salah stu entitas terkuat di Semesta Marvel.

Clea adalah keponakan Dormammu dan berasal dari Dimensi Gelap. Sebagai Penyihir Agung dimensinya, dia adalah salah satu penyihir terkuat di Semesta Marvel. Dia akan debut di MCU lewat Doctor Strange in the Multiverse of Madness.

8. Ceritanya memegang asal usul Eternity
10 Fakta Doctor Strange yang hanya Diketahui Fan Komik Marvel

Komik Doctor Strange adalah asal usul sejumlah karakter signifikan, termasuk Eternity. Eternity adalah salah satu makhluk kosmik terkuat di Semesta Marvel. Debutnya di Strange Tales #138 mulai meluas ke semesta Marvel secara signifikan.

Sebagai perwujudan hidup semesta, Eternity membuka pintu bagi lebih banyak karakter abstrak, termasuk Living Tribunal. Karakter itu kali pertama muncul di komik di Strange Tales #157. Di MCU, Living Tribunal pernah disinggung di salah satu episode Loki.

7. Shuma-Gorath adalah musuh utamanya
10 Fakta Doctor Strange yang hanya Diketahui Fan Komik Marvel

Makhluk kosmik dan magis utama lain yang terkoneksi dengan Doctor Strange adalah Shuma-Gorath. Dia saat ini sedang menjadi perhatian penggemar MCU. Shuma-Gorath adalah salah satu Old Ones, monster bertentakel yang datang dari dimensi lain dengan kekuatan membentuk realitas.

Dia debut di Marvel Premiere #10 pada 1973 dan menjadi musuh utama Strange selama bertahun-tahun. Dia adalah monster yang sekilas terlihat di sejumlah episode What If…? tahun lalu. Karakter ini akan muncul di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness.

6. Membentuk The Defenders
10 Fakta Doctor Strange yang hanya Diketahui Fan Komik Marvel

Di MCU, Doctor Strange dianggap sebagai anggota Avengers. Tapi di komik, dia adalah pendiri grup superhero lain, yaitu The Defenders. Strange membentuk Defenders yang awalnya terdiri atas dirinya, Hulk dan Namor.

Kelompok ini dibentuk untuk melawan ras entitas cumi-cumi kuno bernama Undying One. Meskipun anggota kelompok ini berubah-ubah, Doctor Strange tetap menjadi pemimpin kelompok itu dan versi barunya yang baru saja debut di komik Marvel. Strange versi Defenders akan diperkenalkan di MCU tahun ini.

5. Berbagi panggung dengan Cloak and Dagger
10 Fakta Doctor Strange yang hanya Diketahui Fan Komik Marvel

Doctor Strange akan keluar masuk popularitas selama bertahun-tahun. Ini membuatnya berbagi versi lain Strange Tales pada 1980-an dengan Cloak and Dagger. Menyusul pembatalan dua volume pertamanya karena rendahnya penjualan, Strange kembali ke titel asalnya.

Dia hanya berbagi tempat dengan Cloak and Dagger, karakter yang berasal dari komik Spider-Man, untuk edisi 19 pada 1987—1988. Doctor Strange kemudian kembali ke titel solonya. Volume ketiga Doctor Strange berjalan selama beberapa tahun sebelum dibatalkan pada 1995.

4. Bagian Midnight Sons
10 Fakta Doctor Strange yang hanya Diketahui Fan Komik Marvel

Sisi mistis Semesta Marvel menjadi sangat populer pada 1990-an. Ini membuat Marvel menciptakan Midnight Sons untuk subset komiknya, termasuk Doctor Strange. Selama masa itu, Doctor Strange bergabung dengan tim supranatural dengan nama yang sama itu. Grup ini terdiri atas banyak anggota termasuk Blade, Moon Knight dan Ghost Rider.

Kelompok ini berpotensi tampil di MCU dengan debut Moon Knight bulan depan. Midnight Sons merespons banyak ancaman mistis gelap. Beberapa di antara ancaman itu sepertinya sudah muncul di MCU.

3. Bagian Illuminati
10 Fakta Doctor Strange yang hanya Diketahui Fan Komik Marvel

Di Semesta Marvel, Doctor Strange adalah anggota banyak grup. Salah satunya adalah Illuminati, kelompok paling rahasia dan mungkin terkuat di komik. Grup ini terdiri atas Profesor X, Iron Man, Namor, Mr. Fantastic, dan Black Bolt. Kelompok elite superhero ini berusaha mengenyahkan ancaman besar terhadap bumi sebelum punya peluang untuk muncul.

Peristiwa paling signifikan dan mungkin paling kontroversial yang melibatkan Illuminati adalah memaksa mengasingkan Hulk dari bumi. Grup itu melemparkannya ke antariksa setelah dia menghancurka Las Vegas, yang menyebabkannya mendarat di Sakaar dan kembali sebagai raja prajurit. Illuminati akan diperkenalkan di MCU lewat Doctor Strange 2. Namun, di film itu, Strange bukanlah anggota Illuminati.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2714 seconds (0.1#10.140)