Review Uncharted: Cerita Datar dengan Penampilan Karakter yang Oke

Review Uncharted: Cerita Datar dengan Penampilan Karakter yang Oke
Uncharted menampilkan cerita yang biasa-biasa saja dengan trope perompak yang klise. Tapi, penampilan bagus dua karakter utamanya membuat film ini jadi seru. (Foto-Foto: Sony Pictures)
Uncharted diangkat dari game di PlayStation dengan nama yang sama. Dibintangi Tom Holland dan Mark Wahlberg, film ini sudah dinantikan para penggemar game-nya. Film berbasis video game biasanya bukanlah film yang dianggap bagus, terutama oleh para penggemar game-nya.

Film ini seharusnya menjadi film asal usul atau origin. Tapi, film ini sama sekali tidak menghabiskan waktu untuk mengisahkan cerita latar para karakternya dengan lebih detail. Tentu, ini tidak terlalu menjadi soal. Film ini adalah film petualangan.

Uncharted bercerita tangang Nathan Drake (Tom Holland) yang terlibat petualangan seru mencari harta karun penjelajah lautan kuno. Dia tidak sendirian. Ada pemburu harta karun, Victor Sullivan alias Sully (Mark Wahlberg) yang bersamanya. Karakter Sully ini mengaku mengenal kakak Nathan, Sam, yang menghilang 15 tahun sebelumnya.

Baca Juga: Dibintangi Tom Holland, Trailer Pertama Film Uncharted Dirilis

Misi untuk mendapatkan harta karun peninggalan Ferdinand Magellan itu tidaklah semudah perkiraan. Pasangan ini harus menghadapi sejumlah pesaing yang juga ingin mendapatkan harta karun itu. Ini termasuk Santiago Moncada (Antonio Banderas), yang mengklaim menjadi pemilik sah harta karun tersebut.

Dalam perjalanan, mereka bertemu Chloe Frazer (Sophie Ali). Dia juga seorang pemburu harta karun yang pernah punya hubungan dengan Sully. Lalu, ada Jo Braddock (Tati Gabrielle), seorang tentara bayaran yang diupah Santiago. Dia juga kenal Sully.
Review Uncharted: Cerita Datar dengan Penampilan Karakter yang Oke

Petualangan pun dimulai. Nathan harus belajar banyak tentang dunia perburuan harta karun ini. Satu yang pasti, Nathan tahu kalau tidak ada orang yang bisa dipercaya di dunia perburuan harta karun itu. Dia pun harus mempelajarinya dengan cara yang sulit.

Penampilan Tom Holland sebagai Nathan Drake tidaklah mengecewakan. Di film ini, Tom memerankan Nathan versi muda. Sebelumnya, sejumlah orang sempat meragukan penampilannya. Tapi, Tom mampu menampilkan karakter pencuri yang cerdas.

Sementara, Sully di film ini berpenampilan berbeda dari game-nya. Di film, Sully tidak punya kumis. Tapi, penampakan fisik itu bukanlah penghalang bagi Mark Wahlberg untuk tampil sebagai Sully yang misterius dan picik. Dia berhasil meyakinkan Nathan untuk ikut misinya berburu harta karun Magellan.

Chemistry antara Tom dan Mark adalah faktor kuat di film ini. Keduanya bisa menampilkan hubungan kemitraan yang menarik dan menyenangkan untuk ditonton. Interaksi keduanya cukup luwes dan tektokannya pun terlihat natural.

Aksi-aksi yang tercipta di film ini cukup seru. Terutama di final act, aksi seru ini bisa memacu emosi penonton. Selain itu, ada sejumlah momen emosional yang menjadi salah satu elemen kuat di film tersebut.

Sayangnya, plot atau cerita film ini terasa dangkal. Ada rasa Pirates of the Caribbean di film ini. Tidak ada plot twist yang terlalu mengejutkan yang bisa membuat ceritanya jadi lebih menarik atau pun lebih dalam. Semuanya terasa datar dan biasa-biasa saja.

Selain itu, trope yang diikuti film ini pun cukup klise. Kisah tentang perompak yang mencari harta karun dan ungkapan tidak ada kehormatan di antara pencuri menjadi inti film ini. Sedikit formulaic dan pada akhirnya mudah ditebak.
Review Uncharted: Cerita Datar dengan Penampilan Karakter yang Oke

Film ini juga menyia-nyiakan penampilan Antonio Banderas. Sebagai antagonis, Antonio tampil meyakinkan. Dia berpotensi menjadi penjahat yang benar-benar kejam. Sayang, masa layarnya tidak terlalu banyak.

Selain itu, penjahat di film ini, Jo Braddock, akan mudah dilupakan orang. Aksinya terasa biasa banget untuk sebuah film petualangan dengan penuh adegan seru yang memicu adrenaline tersebut. Setelah nonton film ini, orang mungkin akan lupa pada Jo.

Baca Juga: 6 Cameo yang Terindikasi di Trailer dan Poster Doctor Strange 2

Uncharted menampilkan cerita yang biasa-biasa saja dengan trope perompak yang terlalu klise. Tapi, penampilan bagus dua karakter utamanya membuat film ini jadi seru. Chemistry dua orang itu menyelamatkan film ini sehingga masih bisa ditonton.

Uncharted sudah bisa disaksikan di bioskop kesayangan kalian mulai hari ini, Rabu (16/2). Tetaplah patuhi protokol kesehatan selama berada di bioskop! Selamat menyaksikan!



(alv)
Share: