5 Rekomendasi Anime Shoujo Terbaik yang Wajib Ditonton

Kamis, 10 Februari 2022 - 22:00 WIB
loading...
5 Rekomendasi Anime Shoujo Terbaik yang Wajib Ditonton
Anime shoujo lekat dengan para cewek karena ceritanya yang menekankan pada hubungan. Ini pun tidak sekadar hubungan cinta, tapi juga tentang persahabatan. (Foto: The Dead Toons)
A A A
Secara harafiah, shoujo berarti gadis muda. Jadi, anime shoujo memang anime yang ditujukan untuk para cewek berusia 10—18 tahun. Dan,bukan kebetulan kalau shoujo sering dirujuk sebagai serial “cantik”. Meski begitu, anime shoujo berjangkauan luas dan lebih lebar dalam materi subjek.

Anime shoujo paling kondang dan paling mudah untuk dikenali adalah Sailor Moon. Mereka tampil sebagai jagoan cewek dengan kostum yang enak dilihat dan mereka punya kekuatan mengagumkan. Ceritanya pun berbeda dengan shounen yang memang “cowok banget”. Shoujo akan menggabungkan cerita heroik dengan cerita kehidupan sehari-hari yang ringan.

Shoujo jadi terlihat berbeda karena penekannya pada hubungan. Ini terlihat sekali dengan banyaknya serial romansa di shoujo. Bahkan, Sailor Moon pun punya elemen romansa ini di dalamnya. Tapi bukan hanya sekadar romansa yang menarik orang untuk mengikuti serial ini.

Hubungan di luar percintaan antara cowok dan cewek, seperti hubungan platonik adalah bagian besar dari narasi shoujo. Ini terutama terkait hubungan persahabatan para cewek ini. Sekali lagi, Sailor Moon adalah contoh yang paling mudah untuk melihat bagaimana banyak elemen shoujo bekerja.

Nah, Sailor Moon bukanlah satu-satunya shoujo di jagat anime. Di luar sana, masih banyak serial anime shoujo yang wajib untuk ditonton. Apa saja? Berikut rekomendasi serial anime shoujo paling asyik yang harus kamu tonton versi GenSINDO!



1. Tonari no Kaibutsu-kun
5 Rekomendasi Anime Shoujo Terbaik yang Wajib Ditonton

Tonari no Kaibutsu-kun mengisahkan tentang kehidupan siswi SMA bernama Shizuku Mizutani yang memiliki kepribadian dingin dan tidak peduli dengan keadaan sekitarnya. Shizuku lebih memilih belajar daripada harus berurusan dengan masalah orang lain. Shizuku kemudian dimintai tolong oleh wali kelasnya untuk menyerahkan catatan pelajaran kepada seorang murid bernama Yoshida Haru.

Haru adalah teman sekelas Shizuku yang bermasalah karena beberapa kali dihukum pihak sekolah. Seiring berjalannya waktu, Haru memutuskan kembali bersekolah dengan syarat bahwa Shizuku harus selalu bersamanya. Shizuku pun menuruti keinginannya asalkan Haru tidak lagi berbuat onar di sekolah. Kehidupan berat Shizuku bersama Haru di sekolah pun dimulai.

2. Fruits Basket
5 Rekomendasi Anime Shoujo Terbaik yang Wajib Ditonton

Fruits Basket adalah salah satu anime shoujo paling populer saat ini. Anime ini menceritakan tentang Tohru Honda. Dia tinggal besama kakeknya setelah ibunya meninggal karena kecelakaan. Tapi, karena rumah kakeknya sedang direnovasi, Tohru pun tidak bisa terus hidup bersama kakeknya.

Tohru akhirnya diam-diam hidup sendirian di tenda di hutan. Suatu hari ketika pulang kerja, dia menemukan tendanya terkubur tanah longgor. Kejadian itu dilihat Yuki Souma dan sepupunya, Shigure Souma. Mereka lantas menawari Tohru tinggal di rumah mereka sampai rumah kakeknya selesai direnovasi. Ketika tinggal di rumah Souma itu, petualangan baru Tohru pun dimulai.

3. Kaichou Wa Maid-sama
5 Rekomendasi Anime Shoujo Terbaik yang Wajib Ditonton

Kaichou wa Maid-Sama menceritakan tentang seorang gadis bernama Misaki Ayuzawa. Misaki merupakan gadis tomboy yang menjadi ketua OSIS di SMA Seika. Misaki punya pekerjaan sampingan sebagai maid atau pelayan di sebuah kafe. Suatu hari, Takumi Usui secara kebetulan bertemu Misaki di kafe tempatnya bekerja. Perlahan, Takumi jatuh cinta pada Misaki dan melindungi rahasia pekerjaan sampingan Misaki.

4. Ao Haru Ride
5 Rekomendasi Anime Shoujo Terbaik yang Wajib Ditonton

Anime ini menceritakan tentang Futaba Yoshioka, seorang siswi SMA yang tomboy. Suatu ketika, secara tidak sengaja Yoshioka bertemu Kou, cowok yang pernah disukainya dulu ketika SMP. Namun, Kou hilang tanpa kabar setelah ibunya meninggal. Kou yang dulunya seorang periang berubah menjadi pemurung dan dingin saat ini. Hal tersebut membuat Yoshioka penasaran dan mencoba mendekati Kou kembali. Dari situ, dimulailah perjuangan Yoshioka untuk mencari tahu penyebab hilangnya Kou serta perubahan sifatnya.



5. Ookami Shoujo to Kuro Ouji
5 Rekomendasi Anime Shoujo Terbaik yang Wajib Ditonton

Anime ini menceritakan seorang siswi SMA bernama Erika Shinohara yang berbohong memiliki pacar kepada teman-temannya. Pacar khayalan yang dikatakan Erika kepada teman-temannya ternyata adalah salah satu murid populer di sekolahnya bernama Kyouya Sata. Demi menjaga kebohongannya agar tidak terbongkar, Erika bernegosiasi dengan Kyouya. Hasilnya adalah Kyouya tidak akan membocorkan rahasia Erika jika dia bersedia untuk menjadi ‘anjingnya’.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5976 seconds (0.1#10.140)