Teori: MJ masih Ingat Peter Parker usai Spider-Man: No Way Home

Teori: MJ masih Ingat Peter Parker usai Spider-Man: No Way Home
Sebuah teori menyebut MJ masih mengingat Peter Parker usai mantra Doctor Strange di Spider-Man: No Way Home. Ada sejumlah bukti yang memperkuat teori tersebut. (Foto: MovieWeb)
Akhir Spider-Man: No Way Home membuat semua orang melupakan siapakahi Peter Parker. Tapi, itu juga mengindikasikan kalau pacarnya, MJ, masih mengingatnya. Ada sejumlah petunjuk yang mengarah pada kemungkinan tersebut.

Menjelang akhir Spider-Man: No Way Home, Peter membuat keputusan yang membuat semua orang sedih. Dia meminta Doctor Strange mengucapkan mantra yang membuat semua orang melupakan siapa dia demi mencegah multiverse retak. Doctor Strange melakukan permintaan itu dan menghapus ingatan semua orang terhadap Peter Parker, termasuk MJ.

Akibat mantra itu, Peter akhirnya jadi sendirian. Dia belajar agar bisa kuliah. Namun, harapan untuk melihat Peter dan MJ balikan di MCU pun tumbuh ketika Peter menemui MJ di kedai kopi. Meski urung memberitahu MJ siapa dirinya, tapi sejumlah penggemar melihat kalau MJ sebenarnya ingat pada Peter. Apa indikasinya? Mengutip Screen Rant, berikut penjelasannya!

Baca Juga: 6 Karakter yang akan Ada di Spider-Man: Across the Spider-Verse

1. Mengapa Peter tidak memberitahu masa lalu mereka kepada MJ?
Teori: MJ masih Ingat Peter Parker usai Spider-Man: No Way Home

Menjelang akhir Spider-Man: No Way Home, ketika Peter mengungkapkan rencana Doctor Strange untuk menghapus ingatan semua orang terhadap dirinya, jelas kalau MJ tidak menginginkan itu. Peter lantas berjanji akan memperbaikinya dengan mencari MJ dan menjelaskan semuanya kepadanya. Film itu berjalan dengan membuat Peter akan menepati janji itu ketika dia mengunjungi kedai kopi tempat MJ bekerja dengan pidato yang sudah dia persiapkan.

Tapi, Peter mengubah pikirannya begitu sampai di sana. Di kedai itu, dia melihat MJ dan Ned menjalani hidup tanpa masalah yang muncul dengan mengenal Spider-Man. Mereka berhasil masuk MIT dan bahagia. Tahu mereka jadi lebih aman tanpa terkait dengannya dan Spider-Man, Peter pun berubah pikiran. Dia menyimpan catatan itu dan yakin untuk membiarkan mereka hidup dengan kehidupan baru mereka.

Meski bisa dipahami mengapa Peter tidak jadi memberitahu MJ tentang masa lalu mereka, tapi, ini bukan yang diinginkan MJ. Sebelumnya, MJ berseloroh dengan mengatakan, kalau Peter tidak memberitahunya, dia akan tahu. Ini pernah dialakukan di Spider-Man: Far From Home ketika dia mengatakan kalau sudah lama tahu bahwa Peter adalah Spider-Man.

Sudah sangat jelas di awal percakapan MJ dan Peter di akhir Spider-Man: No Way Home kalau MJ sama sekali tidak ingat masa-masa kebersamaan mereka. Tapi, pandangannya terhadap Peter sepertinya berubah di akhir percakapan mereka. Dia memberikan pandangan aneh kepada Peter saat dia pergi, ini mungkin karena MJ mulai mengingat Peter Parker.

2. Teori: MJ masih mengingat Peter
Teori: MJ masih Ingat Peter Parker usai Spider-Man: No Way Home

Berdasarkan pandangan MJ terhadap Peter saat dia keluar dari kedai kopi, akhir Spider-Man: No Way Home bisa mengindikasikan kalau ingatannya mulai kembali. Dia mungkin tidak ingat siapa Peter Parker dan perjalanan yang mereka lalui bersama. Tapi, jelas terlihat kalau MJ merasa Peter bukan orang asing.

Sementara ini seperti sebuah plot hole, ini sebenarnya masuk akal. Doctor Strange tahu betapa besarnya pengorbanan Peter dan MJ adalah orang pertama yang dia sebut sebagai yang dia inginkan untuk mengingatnya saat mantra pertama. Ketika penyihir itu melihat pamitan emosional Peter dan MJ, bisa saja Strange menodai mantranya sendiri—tanpa gangguan Peter—dan memasukkan lubang bagi MJ untuk mengingat Peter.

Kalau Doctor Strange melakukan ini, jelas pertanyaan menjadi bagaimana penyihir itu memastikan kalau MJ akan kembali mengingat Peter. MJ memang mengucapkan nama lengkap Peter Parker sebanyak 3 kali saat interaksi mereka di akhir No Way Home. Jadi, mungkin saja itu adalah lubang ke ingatan spesifik MJ dan Peter, seperti ucapannya tentang harapan dan kekecewaan.
Teori: MJ masih Ingat Peter Parker usai Spider-Man: No Way Home

Selain itu, Peter menyelesaikan kalimat MJ di kedai kopi. Itu mungkin bisa menjadi pemicunya. Lubang mantra Doctor Strange mungkin juga lebih sederhana. Dia bisa saja membuatnya jadi ketika mereka bertemu lagi, MJ akan mulai mengingatnya. Jelas bahwa obrolan dengan Peter itu memainkan peranan bagi MJ untuk mengingat masa lalu mereka. Jadi, interaksi mereka sepertinya terikat pada kembalinya memori itu.

Ada juga beberapa dukungan atas teori ini yang masuk skrip Spider-Man: No Way Home. Salah satunya adalah ketika Peter meninggalkan kedai tempat kerja MJ. “TAHAN PADA MJ, mengawasi Peter pergi dengan pandangan yang terasa seperti… mengenal?” demikian bunyi skrip tersebut.

Skrip dan penampilan Zendaya itu meninggalkan cukup ambiguitas bagi Marvel dan Sony untuk pergi ke arah yang berbeda kalau mereka mau. Tapi, ini juga jelas kalau MJ mengingat Peter masih ada dalam pilihan. Dengan berasumsi mereka memilih pilihan itu, maka Spider-Man 4 bisa menjadi tempat di mana ingatan MJ tentang Peter dan identitas rahasianya sebagai Spider-Man secara resmi kembali.

Baca Juga: Perbedaan 3 Spider-Man yang Muncul di Film No Way Home

3. Mengapa Spider-Man 4 seharusnya mengubah akhir No Way Home?
Teori: MJ masih Ingat Peter Parker usai Spider-Man: No Way Home

Kemungkinan kalau MJ mengingat kembali Peter Parker di Spider-Man 4 sudah mencetuskan sejumlah debat. Karena Spider-Man: No Way Home membuat Peter Parker MCU ini jadi sendirian, banyak yang ingin agar Peter menghadapi tahapan ini dalam hidupnya di Spider-Man 4. Kondisi mental sendirian dan indikasi simbiot Venom yang tertinggal di MCU menarik untuk dibangun di Spider-Man 4, di mana sisi lebih gelap Peter bisa berpotensi keluar. Ini juga akan membuat film itu bisa menggambarkan tema klasik Peter Parker di komik, di mana gadis impiannya jauh dari gapaiannya.

Meski begitu, ending No Way Home dibatalkan di Spider-Man 4 tetap harus terjadi. MCU baru saja menyatukan MJ dan Peter, sehingga mengakhiri hubungan itu akan mengecewakan. Tapi, tidak akan masuk akal bagi Peter untuk move on ke gadis lain begitu cepat. Mau itu dengan Gwen Stacy, Felicia Hardy, atau orang lain.

Peter Parker MCU ini bucin pada MJ. Dia bahkan masih mengucapkan “Aku cinta padamu” di akhir No Way Home kepada gadis itu. Cerita Spider-Man 4 jelas bisa memasukkan dua orang ini balikan. Meski akan butuh waktu bagi MJ untuk benar-benar mengingat hidupnya sebelumnya. Dengan skrip Spider-Man: No Way Home mendukung ide kembalinya ingatan MJ, masuk akal baginya dan Peter untuk bereuni di sekuelnya.


(alv)
Share: