Kamu lagi Diet? Cobain 7 Menu Rumahan Ini

Senin, 31 Januari 2022 - 14:37 WIB
loading...
Kamu lagi Diet? Cobain 7 Menu Rumahan Ini
Banyak makanan sehat dan enak yang bagus untuk program diet. Foto/Foodie Factor, Pexels
A A A
JAKARTA - Kamu lagi diet? Bingung mau makan apa saat melakukan program diet?Mengonsumsi masakan rumahan bisa jadi alternatif buat kamu.

Selain mudah dibuat, kamu juga bisa mengetahui porsi yang dibutuhkan untuk tubuh kamu. Melansir dari Lifehack, makanan diet yang baik adalah makanan yang tidak hanya rendah gula dan kalori tetapi mengandung keseimbangan protein, serat, vitamin, dan mineral.

Makanan tersebut harus memberikan energi bagi tubuh dan bergizi untuk menjaga metabolisme selama beberapa jam mendatang.
Melakukan program diet juga bukan berarti tidak makan sama sekali atau hanya mengonsumsi makanan rendah lemak, seperti hanya mengonsumsi sayur-sayuran saja.

Inilah beberapa pilihan makanan diet rumahan yang bisa dicoba agar tubuh kamu tetap sehat

1. Bircher Muesli

Kamu lagi Diet? Cobain 7 Menu Rumahan Ini

Foto: cooking.nytimes.com

Bircher merupakan makanan rumahan berupa campuran oatmeal, buah-buahan, kacang, dan semacam biji-bijian yang telah direndam sebelumnya selama satu malam dengan air atau susu. Bircher tidak hanya sekadar makanan diet saja tetapi juga makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan serat yang sehat untuk memberikan energi bagi tubuh. Selain itu, dapat menjaga keseimbangan gula darah.

Kamu dapat membuat bircher muesli menggunakan bahan-bahan rendah gula yang dapat dijadikan sarapan sempurna untuk diet.
Resep bircher sederhana yang dapat kamu buat sendiri di rumah, yaitu siapkan gandum, kismis, kayu manis, kacang-kacangan, dan saus apel.

Kemudian, siapkan toples atau wadah kaca, masukkan semua bahan tadi ke dalamnya dan tuang susu rendah lemak atau air, lalu masukkan apel parut. Setelah semuanya tercampur, tutup toples atau wadah tadi rapat-rapat, lalu diamkan.

2. Kaldu Tulang Buatan Sendiri (Homemade Bone Broth)

Kamu lagi Diet? Cobain 7 Menu Rumahan Ini

Foto: thekitchn.com

Mengonsumsi bone broth atau bisa dibilang kaldu tulang bukan hanya bagus untuk diet, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan, seperti untuk usus yang sedang meradang.

Kaldu tulang mengandung amino yang penting atau disebut glutamin. Glutamin berfungsi memulihkan lapisan usus yang rusak dan membantu untuk menempelkan kembali sel-sel usus yang kendur.

Kaldu tulang juga rendah kalori. Selain itu, ini bisa menjadi sumber vitamin A, kalium, zat besi, fosfor, seng, selenium, magnesium, dan masih banyak lagi.

Membuat kaldu tulang bisa kamu lakukan di rumah. Yang terpenting siapkan tulang berkualitas tinggi dari ayam panggang atau daging sapi, sebaiknya yang organik dan beberapa sayuran pelengkap.

Pertama, tempatkan tulang ke dalam panci besar dan tuangkan air yang disaring ke atasnya. Tambahkan sedikit cuka sari apel untuk membantu melepaskan nutrisi dalam tulang. Kamu bisa menambahkan sayuran pelengkap sesuai selera untuk menambah rasa dan nutrisi. Rebus kaldu hingga mendidih, lalu kecilkan api hingga matang.

Kaldu daging sapi biasanya memakan waktu sekitar 48 jam, sedangkan kaldu ayam atau unggas sekitar 24 jam.

3. Puding Biji Selasih

Kamu lagi Diet? Cobain 7 Menu Rumahan Ini


Foto: loveandlemons.com
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8146 seconds (0.1#10.140)