10 Fakta Moon Knight, Pahlawan Baru Marvel Berkepribadian Ganda

Selasa, 18 Januari 2022 - 23:56 WIB
loading...
10 Fakta Moon Knight, Pahlawan Baru Marvel Berkepribadian Ganda
Moon Knight adalah pahlawan baru Marvel yang akan diperkenalkan di serial solo Maret mendatang. Menariknya pahlawan baru ini adalah penderita gangguan mental. (Foto: Marca)
A A A
Marvel baru saja merilis trailer untuk serial terbaru mereka, Moon Knight. Lewat serial ini, mereka akan memperkenalkan satu karakter baru yang juga menjadi bagian dari Marvel Cinematic Universe (MCU). Moon Knight adalah karakter baru pertama di serial/film yang diperkenalkan Marvel tahun ini.

Moon Knight diciptakan pada 1975 di komik Marvel. Karakter ini acap kali disebut sebagai Batman-nya Marvel. Memang, keduanya punya karakteristik yang mirip. Baik Moon Knight dan Batman punya akses ke kekayaan berlimpah. Keduanya sama-sama punya kehidupan normal di siang hari. Tapi, pada malam hari, mereka menjadi pahlawan bertopeng.

Meski begitu, keduanya tetap merupakan sosok berbeda. Batman adalah vigilante yang beroperasi di bawah kode kehormatan. Sedangkan Moon Knight adalah seorang penderita gangguan mental dengan kepribadian ganda.

Moon Knight juga tidak punya kompas moral, seperti Batman. Dia juga bukan orang yang benar-benar bisa dipercaya, mau itu pahlawan atau penjahat. Serial Moon Knight adalah serial asal usul yang akan mengeksplorasi lebih lanjut siapa dia. Termasuk pertemuannya dengan dewa bulan Mesir bernama Khonshu.

Plot Moon Knight belum diketahui secara jelas. Serial yang akan tayang pada Maret—kebetulan The Batman-nya DC juga akan tayang di bioskop pada bulan yang sama—ini dibintangi Oscar Isaac yang memerankan Moon Knight. Serial ini juga menampilkan Ethan Hawke sebagai Arthur Harrow, penjahat di serial ini. Apa saja yang menarik dari Moon Knight berdasarkan cerita di komiknya? Simak ulasan berikut!



10. Dissociative Identity Disorder/Kepribadian Ganda
10 Fakta Moon Knight, Pahlawan Baru Marvel Berkepribadian Ganda

Tidak banyak superhero yang tampil di film atau serial televisi yang menderita gangguan mental. Di Marvel, ada Deadpool dan Scarlet Witch yang memiliki gangguan seperti ini. Kini, Moon Knight akan menjadi salah satunya.

Di komik, Marc Spector—nama asli Moon Knight—menderita dissociative identity disorder (DID) alias berkepribadian ganda. Di trailer Moon Knight, gangguan ini sepertinya sudah diperlihatkan. Ini artinya, dia punya banyak kepribadian dan sering kali punya jurang memori dari apa yang dilakukan salah satu identitasnya.

Kondisi ini dimulai ketika Marc masih kecil. Saat itu, dia tahu kalau seorang teman keluarganya adalah pembelot Nazi dan penyerang orang Yahudi. Marc adalah anak seorang rabi yang kabur dari Nazi. Dia berjuang untuk bertahan hidup, dan di saat itulah DID-nya dimulai. Ketika dia nyaris masuk rumah sakit jiwa, dia melihat Khonshu untuk kali pertama.

9. Marc Spector, sang tentara bayaran
10 Fakta Moon Knight, Pahlawan Baru Marvel Berkepribadian Ganda

Ketika Moon Knight mendapatkan kekuatan supranatural dari Khonsu, pelatihannya sebagai pahlawan mirip seperti Batman. Mereka berlatih keras dan mengembangkan tubuh mereka sampai kondisi puncak untuk bertempur. Marc kemudian menjadi tentara bayaran.

Tak seperti Batman, Marc tidak punya masalah membunuh musuhnya. Ketika orang yang mempekerjakannya ingin menguasai harta karun Mesir dan ingin membantai seluruh desa untuk mendapatkannya, Marc mendukungnya dan membayarnya dengan nyawanya. Tapi, dia kemudian diselamatkan Khonshu.

8. Khonshu
10 Fakta Moon Knight, Pahlawan Baru Marvel Berkepribadian Ganda

Khonshu adalah tanda tanya besar di komik Moon Knight. Dalam legenda, Khonshu adalah putra Atum, Dewa Baru pertama, dan Amaunet, dewi udara. Khonshu adalah dewa bulan dan balas dendam. Dia juga yang memberikan kekuatan dan kemampuan gaib Marc selama dia bekerja di bawah bulan.

Khonshu juga membangkitkan Marc dari kematian untuk melakukan ini. Masalah adalah, tergantung siapa yang menulis cerita, ada banyak waktu ketika sepertinya Khonshu tidak pernah ada dan menjadi bagian dari delusi Moon Knight. Trailer Moon Knight sudah memberikan sedikit gambaran tentang Khonshu. Apakah nyata atau hanya imajinasi, itu harus menanti.

7. Kekuatan bulan
10 Fakta Moon Knight, Pahlawan Baru Marvel Berkepribadian Ganda

Moon Knight punya kekuatan yang hanya bisa dia gunakan di bawah pengaruh bulan. Sementara ini berubah selama bertahun-tahun, awalnya, Moon Knight hanya memiliki kekuatan ini di bawah cahaya bulan. Dia pun melemah berkali-kali.

Ini juga berarti, dia berada di kondisi terkuatnya di bawah bulan purnama. Ketika bulan tidak tampak, dia bisa mengangkat beban sampai 453 kg. Lantas, ketika bulan purnama tiba, dia akan mendapatkan kekuatan dan bisa mengangkat beban hingga 1.814 kg.

6. Frenchie Duchamp
10 Fakta Moon Knight, Pahlawan Baru Marvel Berkepribadian Ganda

Jean-Paul “Frenchie” Duchamp adalah salah satu karakater terbaik di komik Moon Knight. Dia seorang teman dekat dan rekan Marc. Karakter ini belum muncul di trailer Moon Knight.

Frenchie adalahseorang pilot helikopter dan bekerja bersama Marc di Mesir yang nyaris membuatnya tewas. Dia juga berkali-kali menyelamatkan Moon Knight. Dia kali pertama tampil di komik Werewolf by Night #32 yang juga memperkenalkan Moon Knight.

5. Steven Grant, sang jutawan
10 Fakta Moon Knight, Pahlawan Baru Marvel Berkepribadian Ganda

Ada dua hal yang membuat orang merasa Moon Knight adalah Batman versi Marvel. Yang pertama, keduanya sama-sama nyaris selalu beroperasi di malam hari. Yang kedua adalah identitas rahasia mereka sebagai playboy miliarder. Di kasus Moon Knight, identitas rahasianya adalah Marc Spector. Tapi, dia juga punya identitas lain sebagai Steve Grant, sang jutawan.

Setelah Khonshu menghidupkan Marc lagi, dia kembali ke New York. Dia pun sudah kaya dari hasil pekerjaannya sebagai tentara bayaran. Dia kemudian menggunakan uang itu untuk menciptakan persona baru sebagai Steven Grant, seorang pengelola finansial, yang dia pakai untuk mendanai kariernya sebagai superhero.

4. Jake Lockley, sang sopir taksi
10 Fakta Moon Knight, Pahlawan Baru Marvel Berkepribadian Ganda

Di saat yang sama ketika dia mengembangkan persona jutawannya, Moon Knight juga membuat identitas lain. Kali ini adalah seorang sopir taksi bernama Jake Lockley. Ini dilakukan dengan alasan spefisik. Sebagai sopir taksi, dia bisa berada di level membumi dan membantunya mendengar semua informasi yang bisa membantunya melawan kejahatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1863 seconds (0.1#10.140)