Demi Nama Baik Kampus, Film Pahit tentang Korban Kekerasan Seksual oleh Dosen

Selasa, 18 Januari 2022 - 15:37 WIB
loading...
Demi Nama Baik Kampus, Film Pahit tentang Korban Kekerasan Seksual oleh Dosen
Film pendek Demi Nama Baik Kampus menunjukkan betapa beratnya tekanan sebagai korban kekerasan seksual. Foto/Kemdikbud RI
A A A
JAKARTA - Kekerasan seksual di kampus satu per satu naik ke permukaan setelah satu per satu korban kekerasan seksual berani angkat bicara.

Melihat maraknya kekerasan seksual di kampus, Pusat Penguatan Karakter Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi lantas mencoba menyosialisasikan kasus kekerasan seksual dengan menggarap film pendek. Filmnya diberi judul Demi Nama Baik Kampus.

Film pendek berdurasi 32 menit 16 detik ini berhasil meraih perhatian publik dan banyak mendapat respons positif. Film ini menceritakan tentang kasus kekerasan seksual yang dialami oleh Sinta (Laras Ardhia) saat ia sedang berkonsultasi ke dosen pembimbingnya, Arie (Bismo Satrio).

Sinta pun mencoba memperjuangkan keadilan yang menjadi haknya. Ia hampir menyerah karena sempat menemui jalan buntu. Apalagi kasusnya semakin membesar ke publik. Tahap demi tahap dilewati Sinta untuk turut mengungkap kebejatan yang dilakukan oleh dosen pembimbingnya.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Film Pendek yang bisa Ditonton Gratis

Demi Nama Baik Kampus, Film Pahit tentang Korban Kekerasan Seksual oleh Dosen

Foto: Kemdikbud RI

Film pendek ini juga memberikan gambaran tentang cara menjadi pendamping korban yang ideal. Sahabat Sinta yaitu Abi (Anne Yasmine) digambarkan sebagai sahabat sekaligus pendamping yang baik bagi penyintas kekerasan seksual seperti Sinta.

Dari judulnya, kita bisa tahu bahwa banyak orang yang rela menyudutkan korban kekerasan seksual demi menjaga nama baik kampus. Ini bisa menjadi pengingat bahwa pendampingan terhadap penyintas kekerasan seksual mutlak dilakukan agar ia tetap kuat secara mental.

Baca Juga: 4 Drama Korea Terbaru yang Ratingnya Tinggi, dari Komedi hingga Thriller

Secara keseluruhan, Demi Nama Baik Kampus menggambarkan situasi nyata di lapangan mengenai ketidakadilan yang diterima perempuan demi menjaga nama baik suatu institusi. Film ini bisa ditonton di kanal YouTube Cerdas Berkarakter Kemdikbud RI.



Meylia Putri Irawati
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta
Instagram: @milerawati
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2947 seconds (0.1#10.140)