Rekomendasi 5 Film Pendek yang bisa Ditonton Gratis

Rekomendasi 5 Film Pendek yang bisa Ditonton Gratis
Film Jangan Sebut Setan karya Turah Parthayana jadi salah satu film pendek yang tersedia gratis di YouTube. Foto/YouTube Turah Parthayana
JAKARTA - Banyak film pendek dengan cerita-cerita menarik yang bisa kamu tonton secara gratis dan legal di YouTube.

Mengutip dari buku “5 Hari Mahir Membuat Film” karya Panca Javandalasta (2011), film pendek adalah sebutan untuk sebuah karya film cerita fiksi yang berdurasi kurang dari 60 menit.

Menurut Gustav Hariman Iskandar, pengamat film indie dan industri kreatif dalam diskusi film pendek bertajuk “One Minute Video” pada 31 Januari lalu di Ruang 9009, Bioskop Kampus ITB, film pendek lebih dinamis pada orisinalitas ide, teknik produksi, dan tampilan visual.

Saat ini banyak para kreator film yang mempublikasikan karyanya lewat media yang ada. Seperti YouTube, Nah, berikut beberapa yang bisa kamu tonton.



1. SQUERY PENTY

Film pendek karya youtuber Turah Parthayana ini bergenre horor. Ceritanya tentang sekelompok anak muda yang sedang berkumpul untuk merayakan kedatangan temannya dari Indonesia. Namun setelah perayaan berlangsung satu karakter dalam film ini secara tidak sengaja menemukan sebuah "Buku Squery Penty" dan membuat kenyamanan hidupnya terganggu.





2. JANGAN SEBUT SETAN

Masih karya Turah Parthayana, film pendek ini juga bergenre horor. Berbeda dengan yang sebelumnya yang berlatar di Rusia, film pendek ini mengambil latar di Indonesia.

Bercerita tentang dua anak muda yang mampir ke rumah temannya dikarenakan mobil mereka mogok saat pulang dari sebuah pesta. Namun, sampai di rumah temannya mereka merasakan kejanggalan, karena teman mereka berubah menjadi pendiam.



3. WAJAH PENDIDIKAN

Film pendek kali ini mengambil fokus tentang pendidikan. Kisahnya menggambarkan suasana pendidikan saat ini, yaitu sejak pandemi COVID-19 melanda dunia dan semua instansi pendidikan melakukan pembelajaran jarak jauh. Satu pertanyaan yang menjadi pertanyaan, “kapan masuk sekolah?”



4. CAPCIPTOP

Selain "Tilik", Ravacana Film punya beberapa film pendek lain, salah satunya "CAPCIPTOP". Seperti film pendek Ravacana lainnya, film ini mengangkat kisah kehidupan sehari-hari yang mungkin biasa kita temui.

Berkisah tentang Bu Tri yang kedainya sepi sejak dibukanya kedai makanan milik Bu Karman. Bu Tri mencurigai Bu Karman menggunakan pesugihan.



5. PEMEAN

Film pendek komedi ini bercerita tentang pemean yang berarti jemuran dalam bahasa Jawa. Pemean menjadi saksi bisu obrolan sehari-hari masyarakat. Film ini punya pesan, "Jangan banyak bicara tanpa ada kenyataan".



Septi Kurnia
Kontributor GenSINDO
Universitas Negeri Jakarta
Instagram: @septikurnia28


(ita)
Share: