Fakta Yoriichi Tsugikuni, Pembasmi Iblis Terhebat di Kimetsu no Yaiba

Fakta Yoriichi Tsugikuni, Pembasmi Iblis Terhebat di Kimetsu no Yaiba
Serial anime Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba memperkenalkan sosok Yoriichi Tsugikuni, Pemberantas Iblis terkuat yang pernah ada, dalam kenangan Muzan Kibutsuji. (Foto: Dual Shockers)
Episode 6 Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba: Entertainment District Arc memperlihatkan sekilas penampakan Yoriichi Tsugikuni. Sosok ini muncul dari sel obi Daki ketika dia bertarung melawan Tanjiro Kamado. Daki tidak tahu siapa sosok yang sekilas mirip Tanjiro tersebut.

Di episode itu, Daki kemudian sadar kalau sosok tersebut muncul dari ingatan bosnya, Muzan Kibutsuji. Namun, tentu saja, Daki tidak tahu siapakah orang tersebut. Yang jelas, sosok itu terlihat hendak melakukan penyerangan.

Sosok itu memakai anting seperti anting Tanjiro. Itu artinya, dia adalah pengguna Napas Matahari. Penggemar anime Demon Slayer mungkin belum sepenuhnya tahu siapakah sosok ini. Tapi, bagi penggemar manga Kimetsu no Yaiba, sosok ini jelas bukanlah sosok asing.

Menurut surat yang dikirim ayah mendiang Kyojuro Rengoku, Shinjuro Rengoku, bekas luka seperti punya Tanjiro dan yang muncul di wajah orang itu adalah tanda pengguna Napas Matahari. Dengan Muzan berusia 1.000 tahun dan Napas Matahari sudah tidak ada lagi penggunanya di luar keluarga Kamado, jadi ingatan itu sepertinya sudah sangat lama. Sosok yang dilihat Daki itu adalah pengguna pertama Gaya Pernapasan.

Penggemar manga Kimetsu no Yaiba akan langsung mengenali orang ini. Dia adalah Yoriichi Tsugikuni, yang dianggap sebagai Pemberantas Iblis terkuat yang pernah ada. Dia nyaris bisa mengalahkan Muzan di masa lalu. Lantas siapakah dia? Berikut ulasannya!

Baca Juga: Mengapa Zenitsu Bertarung dengan Tertidur di Kimetsu no Yaiba?

1. Asal usul Yoriichi Tsugikuni
Fakta Yoriichi Tsugikuni, Pembasmi Iblis Terhebat di Kimetsu no Yaiba

Yoriichi adalah Pemberantas Iblis terkuat di Era Sengoku. Dia punya kakak kembar bernama Michikatsu Tsugikuni. Saat ini, Michikatsu adalah iblis dan menduduki posisi sebagai Ranking Atas 1 yang dikenal sebagai Kokushibo.

Yoriichi dan Michikatsu lahir lebih dari 400 tahun sebelum peristiwa di Kimetsu no Yaiba. Yoriichi lahir dengan tanda lahir di keningnya. Bentuk tanda itu mirip dengan bekas luka di kening Tanjiro.

Ayahnya membenci Yoriichi karena tanda lahir itu. Makanya, Yoriichi mengalami masa kecil yang keras. Saat masih kecil, dia tidak pernah tersenyum atau bicara. Jadi, ibu Yoriichi membuatkannya sepasang anting hanafuda untuk menyiraminya dengan restu Dewi Matahari.

2. Kemampuan Yoriichi Tsugikuni
Fakta Yoriichi Tsugikuni, Pembasmi Iblis Terhebat di Kimetsu no Yaiba

Meski mengalami masa kecil yang berat, Yoriichi mampu menjadi Samurai terhebat di dunia. Dia juga merupakan Samurai pertama yang mempraktikkan pernapasan matahari. Teknik pernapasan lain adalah keturunan dari teknik ciptaan Yoriichi itu.

Ini adalah bagian menarik dari hidup Yoriichi. Meski sejak kecil tidak pernah menghunus pedang, dia mampu mengalahkan pelatih pedang tanpa banyak usaha. Setelah berlatih sebagai seorang Pembasmi Iblis, Yoriichi bisa mengalahkan banyak iblis hingga kakaknya mengatakan kalau dirinya saat kecil tidak bisa dibandingkan dengannya ketika sudah dewasa.

Yoriichi adalah orang yang mampu memojokkan Muzan dan mengunggulinya dengan cepat. Yoriichi bahkan nyaris berhasil memenggal kepala Muzan, tapi iblis itu bisa lolos. Meski lolos dari maut, Muzan masih ketakutan dengan bayang-bayang Yoriichi sampai sekarang. Tak heran jika dia langsung memerintahkan anak buahnya untuk memburu Tanjiro ketika melihat ABG itu mengenakan anting yang sama dengan Yoriichi.

Sebagai seorang pembasmi iblis, Yoriichi bersenjatakan pedang Nichirin. Dia menjadi orang pertama yang bisa mengubah warna pedangnya itu dari hitam menjadi merah menyala. Kemungkinan ini disebabkan karena tanda lahir yang membuat pemiliknya bisa mengubah warna pedang mereka.
Fakta Yoriichi Tsugikuni, Pembasmi Iblis Terhebat di Kimetsu no Yaiba

Kemampuan Yoriichi mengubah warna pedangnya itu membuatnya bisa menghambat regenerasi iblis, bahkan regenerasi instan Muzan. Yoriichi bisa membakarnya hingga level sel, yang meninggalkan bekas luka di tubuhnya selama ratusan tahun. Muzan bahkan mengakui kalau perang merah menyala Yoriichi itu jauh lebih efektif ketimbang pedang yang dipakai Hashira saat ini.

Dengan pedang itu, Yoriichi bisa benar-benar meniadakan regenerasi nyaris mutlak Muzan. Sementara, Pembasmi Iblis saat ini hanya bisa memperlambatnya. Padahal, Muzan saat ini dalam kondisi lebih lemah karena Obat Anti-Kibutsuji.

Sebelum meninggal dunia di usia sekitar 85 tahun, Yoriichi bertarung melawan kakak kembarnya. Meskipun sudah tua dan sepertinya buta, Yoriichi mampu mengungguli Kokushibo dengan satu gerakan. Dia berhasil menggorok leher kakaknya itu sebelum akhirnya mengembuskan napas terakhirnya dalam kondisi berdiri tanpa luka. Kokushibo bahkan mengakui kalau Yoriichi melancarkan serangan kedua sebelum sekarat, adiknya itu sudah pasti menghabisinya karena kekuatannya masih prima.

Baca Juga: 4 Opening Anime Terkeren yang Dirilis Sepanjang 2021

3. Hubungan Yoriichi Tsugikuni dengan keluarga Tanjiro Kamado
Fakta Yoriichi Tsugikuni, Pembasmi Iblis Terhebat di Kimetsu no Yaiba

Di manga telah dijelaskan kalau Yoriichi tidak punya kaitan garis keluarga dengan keluarga Kamado. Namun, keduanya punya hubungan pertemanan. Yoriichi memberikan anting hanafuda itu kepada sahabatnya, Sumiyoshi Kamado, yang kemudian mewariskannya ke keluarganya. Saat ini, anting itu dipakai Tanjiro.

Meskipun Sumiyoshi bukanlah Pembasmi Iblis, dia bisa menggunakan Pernapasan Matahari sebagai Hinokami Kagura. Dia bisa melakukannya setelah mengingat gerakan yang ditunjukkan Yoriichi kepadanya. Sumiyoshi kemudian mewariskan tarian itu kepada anak cucunya,termasuk Tanjiro.


(alv)
Share: