Ikuti Jejak Iron Man, Clint Barton Temui Ajal di Finale Hawkeye?

Jum'at, 17 Desember 2021 - 19:19 WIB
loading...
Ikuti Jejak  Iron Man, Clint Barton Temui Ajal di Finale Hawkeye?
Sejak awal, serial Hawkeye telah memberikan tanda berakhirnya perjalanan hidup Clint Barton. Clint diperkirakan akan menemui ajal di finale serial tersebut. (Foto: Kombo)
A A A
Sepanjang serial Hawkeye , Clint Barton sudah mengalami banyak hal. Dia memendam rasa bersalah dan penyesalan mendalam akibat kematian Natasha Romanoff di Avengers: Endgame. Dan, sekarang, masa lalu mulai memburunya. Tanda-tanda ini tidak bagus bagi kelangsungan hidup Clint di Marvel Cinematic Universe (MCU).

Perhatian: Artikel ini mengandung spoiler episode 5 Hawkeye yang tayang di Disney+ Hotstar! Kalian sudah diperingatkan!

Clint sepertinya tidak diberi kesempatan untuk menghela napas dan menikmati hidupnya setelah Endgame. Liburannya bersama anak-anaknya terganggu setelah Kate Bishop muncul dengan kostum Ronin-nya. Dia pun harus turun tangan dan kembali berurusan dengan Tracksuit Mafia.

Tidak hanya itu, sebuah benda dari reruntuhan Kompleks Avengers, jam tangan Rolex, mengusik dia dan keluarganya. Istrinya, Laura Barton, terkait pada jam tangan itu. Clint harus merebutnya kembali dari tangan Maya Lopez dan Tracksuit Mafia. Kini, Yelena Belova muncul untuk membunuhnya. Dan, Kingpin mulai menampakkan diri.

Dengan misinya yang terus meningkat bahayanya, Hawkeye memberi tanda kalau Clint tidak akan selamat dari serial ini. Dalam 5 episode berturut-turut, Clint terus menerus harus menghadapi kesalahannya di masa lalu. Clint sepertinya sudah berfirasat ketika dia melihat Kingpin di video pesan yang dikirimkan Yelena kepada Kate. Akankah Clint tewas di akhir Hawkeye? Mengutip Screen Rant, berikut ulasannya!



1. Hawkeye sudah berulang kali menyinggung kematian Clint
Ikuti Jejak Iron Man, Clint Barton Temui Ajal di Finale Hawkeye?

Di episode 3, Clint mengatakan kepada Kate kalau dia bukanlah suri teladan. Itu adalah pernyataan yang sangat meremehkan. Setelah Thanos menjentikkan jarinya dan melenyapkan separuh populasi alam semesta, termasuk keluarga Clint, Hawkeye masuk ke jalan kelam. Dia berubah menjadi Ronin dan membunuh orang-orang jahat. Tanpa ampun, dia membantai orang-orang seperti itu di seluruh dunia karena merasa mereka tidak pantas selamat dari jentikan jari Thanos.

Tema di Hawkeye adalah Clint tidak bisa kabur dari masa lalunya. Sejarahnya sebagai Ronin kembali dan kesedihannya atas kematian Natasha terus menerus diperlihatkan di serial ini. Selain itu, Clint jelas tidak mau kabur.

Di Avengers: Endgame, Clint sudah siap mengorbankan nyawanya demi Batu Jiwa di Vormir. Sayang, Natasha mengalahkannya dengan terlebih dahulu melompat dari atas tebing di Vormir. Dengan meletakkan nyawanya di depan Kate dan keluarganya, Clint menunjukkan kalau dia lebih dari sekadar siap untuk membayar kesalahannya.

Pada titik ini di Hawkeye, kematian Clint sepertinya menjadi satu-satunya jalan keluar. Meskipun, Clint sepertinya sudah menjelaskan duduk perkaranya dengan Maya di episode 5, dengan menjelaskan kalau Kingpin adalah orang di balik kematian ayahnya, penjahat yang dihadapinya selalu bertambah. Selain Yelena yang ingin Clint mati, ibu Kate—Eleanor—adalah orang yang menyewa adik Natasha itu untuk membunuh Clint.

Episode 5 juga mengungkapkan kalau Eleanor telah berkonspirasi dengan Kingpin untuk melakukan sejumlah kejahatan. Pun, Hawkeye sebelumnya juga menguak kalau Jack Duquesne alias Swordman mencuci uang untuk Kingpin. Meski Jack belum terlihat jahat sampai saat ini, dia punya ketertarikan aneh pada perlengkapan Ronin di lelang pasar gelap dan punya kemampuan bertarung dengan pedang yang mumpuni. Dengan banyaknya penjahat yang muncul, tidak diragukan kalau mereka akan membalas dendam pada Clint.

2. Kingpin sangat berbahaya bagi Clint
Ikuti Jejak Iron Man, Clint Barton Temui Ajal di Finale Hawkeye?

Meski Maya dan Tracksuit Mafia sudah cukup membuat masalah bagi Clint, Kingpin adalah penjahat utamanya. Sepanjang serial ini, Clint sudah berulang kali menyebut adanya “orang besar” di balik layar yang memegang dunia kejahatan New York dan bekerja di dalam bayang-bayang. Akhirnya, episode 5 mengungkap kalau orang itu adalah Wilson Fisk alias Kingpin yang diperankan Vincent D’Onofrio. “Dia adalah orang yang selama ini aku cemaskan. Kingpin,” kata Clint saat melihat thumbnail video yang menampilkan gambar Kingpin bersama Eleanor.

Kalau ada yang meragukan bahaya yang dibawa Kingpin, serial ini jelas menyingkirkannya. Selama serial ini berjalan, Hawkeye berakhir dengan rangkaian kredit animasi yang memperlihatkan siluet Clint dan Kate berdiri di atas gedung-gedung di New York. Tapi, kredit episode 5 punya tambahan.

Kredit itu memperlihatkan outline besar Kingpin membayangi siluet Clint dan Kate sepanjang waktu. Momen in adalah telur Paskah jahat Marvel. Wilson Fisk tidak pernah segan melakukan pembunuhan berdarah di serial Daredevil di Netflix. Bayangan itu mengindikasikan kalau dia akan segelap itu di MCU. Ini adalah pengungkapkan yang mengejutkan dan memperlihatkan betapa Kingpin lebih penting dari yang sebelumnya diperkirakan.



3. Busur cerita Clint meniru busur cerita Iron Man
Ikuti Jejak Iron Man, Clint Barton Temui Ajal di Finale Hawkeye?

Sepertinya, cerita Hawkeye di Fase 4 MCU mengikuti jalan Iron Man di MCU. Di Avengers: Endgame, Iron man menjalani hidup dengan baik pascajentikan jari Thanos. Meskipun jutaan keluarga menderita, dia tidak. Dia membangun hidup bersama Pepper Potts dan bahkan punya anak.

Tapi, tugas memaksa Iron Man. Dia mempertaruhkan nyawanya untuk membantu orang lain yang pada akhirnya mengorbankan dirinya sendiri. Hawkeye sepertinya mencerminkan cerita Iron Man. Misalnya, Clint menyerahkan liburannya bersama keluarganya untuk menjaga keselamatan orang lain.

Meskipun Clint tidak merasa dia adalah suri teladan, dia masih menjadi pahlawan yang rela mengorbankan nyawanya demi orang lain. Bagi Clint, pensiun sepertinya bukanlah pilihan. Hanya ada satu jalan keluar.

Fase 4 MCU meneruskan tema pewarisan mantel anggota asli Avenger ke orang lain. Di The Falcon and the Winter Soldier, Sam Wilson mengemban beban menjadi Captain America untuk menggantikan Steve Rogers. Yelena Belova mengemban kenangan Natasha Romanoff dan Peter Parker telah maju untuk menggantikan Iron Man. Hawkeye adalah cerita tentang Clint yang mewariskan titel Hawkeye kepada Kate. Jadi, mau dia hidup atau mati, itu masih akhir bagi Hawkeye asli.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1971 seconds (0.1#10.140)