10 Petunjuk Keberadaan Kingpin sebagai Penjahat Utama di Hawkeye

Jum'at, 03 Desember 2021 - 22:54 WIB
loading...
10 Petunjuk Keberadaan Kingpin sebagai Penjahat Utama di Hawkeye
Ada sejumlah petunjuk di tiga episode pertama serial Hawkeye kalau Wilson Fisk alias Kingpin bakal menjadi penjahat utama di serial yang tayang di Disney+ itu. (Foto: Marvel/USA Today)
A A A
Kingpin adalah salah satu penjahat terbesar di dunia Spider-Man. Tapi, dia punya hubungan kuat dengan penjahat bawah tanah di komik Marvel. Dunia bawah tanah ini akan masuk ke Marvel Cinematic Universe (MCU) lewat Hawkeye .

Serial yang tayang di Disney+ tersebut sepertinya memposisikan Kingpin dalam peranan tradisionalnya sebagai kepala ular di New York City. Sebelumnya, Kingpin sudah tampil di live action serial Daredevil yang berjalan sepanjang 3 season di Netflix. Karakter ini juga tampil sebagai penjahat utama di animasi Spider-Man: Into the Spider-Verse yang menampilkan Miles Morales sebagai Spider-Man pada 2018.

Penggemar sudah lama ingin menyaksikan aksi Kingpin di MCU. Mereka juga ingin agar pemeran Kingpin di Daredevil, Vincent D’Onofrio, kembali memerankan peran ini. Lewat serial Hawkeye, keinginan ini sepertinya akan terkabul. Ada sejumlah petunjuk kalau Kingpin bakal menjadi penjahat utama di serial ini dan tetap diperankan orang yang sama. Seperti apa petunjuknya? Simak ulasan berikut ini!



1. The Presidential Hotel

Lokasi lelang pasar gelap di MCU itu adalah petunjuk utama kalau Kingpin merupakan Big Bad di Hawkeye. Kate Bishop pergi ke The Presidential Hotel di Upper East Side di Manhattan untuk bertemu ibunya, Eleanor, dan tunagannya, Jack Duquesne. Di season 3 Daredevil di Netflix, Kingpin pindah ke The Presidential Hotel setelah setuju bekerja sama dengan pihak berwenang.

Sangat mungkin kalau dia masih berbasis di sana di MCU. Lelang itu terjadi di komik serial Hawkeye edisi #4 yang terbit pada 2011. Tapi, di komik, lelang ini terjadi di Madripoor, lokasi fiktif di dunia Marvel yang sudah diperkenalkan di serial The Falcon and the Winter Soldier. Meski Kingpin tidak muncul di lelang di serial MCU, Tracksuit Mafia menyerang lelang itu, mungkin atas perintah Kingpin.

2. Echo

Salah satu kepingin bukti terbesar kehadiran Kingpin adalah Maya Lopez alias Echo. Di komik, Maya adalah putri angkat Kingpin dan salah satu kepala pasukannya. Dengan kekondangannya di cerita ini dan petunjuk lain di serial itu, sepertinya ini belum berubah di MCU.

Para penggemar komik pasti tahu kalau Echo diadopsi Kingpin setelah ayahnya, salah satu anak buahnya, meninggal dunia. Di MCU, situasi di sekitar kematian ayahnya sudah diubah. William Lopez tewas di tangan Ronin. Meski begitu, hubungan keluarga ini belum berubah.

3. Kazi the Clown

Ada sejumlah perbedaan besar antara Hawkeye di komik dan MCU. Tapi, salah satu yang sama persis adalah hubungan Tracksuit Mafia dan Kazi the Clown. Para penggemar komik pasti tahu klaau Kazi pernah bekerja untuk Kingpin.

Di serial Hawkeye, dia merujuk ke ‘paman’-nya Maya, sesosok karakter yang sekilas diperlihatkan di serial itu. Serial ini beberapa kali mengulang referensi itu kepada pemimpin mereka, tanpa menyebutkan nama. Ini jelas adalah setup untuk seseorang yang penting dan petunjuk lain menunjuk pada Kingpin sebagai orang di balik tirai.

4. Kematian ayah Echo

Echo adalah pelaksana bagi Kingpin di komik. Tapi, sebenarnya, dialah yang membunuh ayah Echo. Di MCU, pembunuh ayah Echo adalah Ronin. Keterlibatan Ronin sepertinya akan menghalangi Kingpin. Tapi, rujukan Kazi ke paman Maya di episode 3 yang memberikan petunjuk lain atas perannya di serial ini.

Kazi mengindikasikan kalau paman Maya tidak akan senang dengan apa yang dilakukan geng itu terkait Ronin. Ini bisa jadi karena Kingpin sebenarnya ada di balik kematian ayah Maya. Dia bisa saja menyuruh Ronin melakukannya, dengan Clint Barton mengira saat itu Wilson Fisk sudah berubah. Kemungkinan lain adalah Clint tidak tahu pasti siapa yang mendapat untung dari aksinya sebagai Ronin.

5. Seseorang di atas Maya

Referensi terhadap bos Tracksuit Mafia menjadi lebih terang di episode 3 Hawkeye. Setelah lolos dari Tracksuit Mafia dan Echo, Clint dan Kate Bishop membahas tentang hierarki geng itu. Clint memperjelas kalau ada orang di atas Maya.

Serial ini sepertinya membangun untuk mengungkapkan penjahat besarnyua di tiap episode. Yang pertama mengindikasikan penyintas tunggal serangan Ronin di dunia bawah tanah di episode 1. Lalu, serial ini mengindikasikan siapa Echo dan sekarang memperjelas kalau dia bertanggung jawab pada orang lain.

6. Kicauan Vincent D’Onfrio
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1922 seconds (0.1#10.140)