13 Film yang Wajib Ditonton sebelum Spider-Man: No Way Home

13 Film yang Wajib Ditonton sebelum Spider-Man: No Way Home
Ada 13 film yang bisa ditonton sebelum ke bioskop untuk menikmati Spider-Man: No Way Home. Semuanya punya kaitan erat dengan plot dan karakter di No Way Home. (Foro: Marvel)
Tinggal satu hari sebelum Spider-Man: No Way Home resmi tayang di bioskop, segala macam persiapan pasti sudah dilakukan. Salah satunya adalah dengan nonton film yang ada kaitannya dengan Spider-Man. Ini bisa menjadi cara agar tidak bingung pas nonton film ini di bioskop.Spider-Man: No Way Home akan mulai tayang besok, Rabu (15/12).

Spider-Man: No Way Home punya banyak karakter yang pernah dikenal di franchise Spider-Man sebelumnya. Karakter-karaker ini akan menjadi pengganggu Peter Parker yang sedang pusing setelah identitasnya sebagai Spider-Man dibongkar Mysterio di Far From Home. Mereka adalah para penjahat yang pernah diburu Spider-Man di semesta lain.

Bagi penggemar baru Spider-Man di Marvel Cinematic Universe (MCU), karakter-karakter jahat ini mungkin tidak mereka kenal. Nah, biar kenal dengan mereka dan paham apa itu multiverse yang memang menjadi tema di film ini, ada baiknya nonton sejumlah film yang punya kaitan dengan No Way Home nanti. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini!

Baca Juga: Urutan 8 Film Spider-Man yang telah Dirilis sebelum No Way Home

1. Spider-Man: Into the Spider-Verse — 2018
13 Film yang Wajib Ditonton sebelum Spider-Man: No Way Home

Film animasi ini mengikuti perjalanan Miles Morales menjadi Spider-Man ketika multiverse secara pelan-pelan dimulai. Film ini eksklusif dibuat untuk Sony’s Spider-Man Universe (SSU). Jadi, tidak ada kaitannya dengan MCU. Tapi, film ini dengan sempurna mengeksekusi cerita multiverse, tema yang diangkat di No Way Home. Di film ini, kalian akan tahu seperti apa konsep multiverse dengan cara yang tidak terlalu berbelit-belit. Film ini penuh emosi dan humor.

2. Spider-Man — 2002
13 Film yang Wajib Ditonton sebelum Spider-Man: No Way Home

Ini adalah film pertama Spider-Man di layar lebar. Dibesut Sam Raimi, Spider-Man mengisahkan perjalanan Peter Parker sebagai Spider-Man. Tobey Maguire adalah aktor pertama yang memerankan Spider-Man di layar lebar. Film ini juga penting karena memperkenalkan musuh bebuyutan pertama Spider-Man di layar lebar, yaitu Green Goblin yang diperankan Willem Dafoe. Green Goblin adalah satu dari lima penjahat yang akan tampil di Spider-Man: No Way Home. Pemerannya pun tetap sama, yaitu Willem Dafoe.

3. Spider-Man 2 — 2004
13 Film yang Wajib Ditonton sebelum Spider-Man: No Way Home

Spider-Man 2 membuat Peter Parker tidak hanya harus berhadapan dengan penjahat yang lebih berbahaya, tapi juga berjuang mempertahakan kehidupan personalnya dan tugas superheronya. Banyak penggemar menilai Spider-Man 2 adalah salah satu film terbaik Spider-Man sepanjang masa. Sebagian dari faktornya adalah busur cerita kompleks Doctor Octopus, salah satu penjahat terbaik Spider-Man. Karakter ini akan ikut tampil di No Way Home dan tetap diperankan Alfred Molina, pemeran aslinya dari Spider-Man 2.

4. Spider-Man 3 — 2007
13 Film yang Wajib Ditonton sebelum Spider-Man: No Way Home

Film ini menandai berakhirnya perjalanan Tobey Maguire sebagai Spider-Man. Di film ini, Spider-Man jadi lebih gelap dan kelam dengan kostum monokrom baru. Dia menghadapi penjahat seperti Venom dan Sandman. Banyak yang menganggap Spider-Man 3 sebagai yang paling tidak mengesankan di antara trilogi ini karena kejenuhan penjahat dan plot yang kacau. Tapi film ini penting karena memperkenalkan Sandman. Dia punya kaitan dengan tewasnya Paman Ben. Sandman akan tampil di No Way Home dengan tetap diperankan Thomas Haden Church dari Spider-Man 3.

5. The Amazing Spider-Man — 2012
13 Film yang Wajib Ditonton sebelum Spider-Man: No Way Home

Andrew Garfield menggantikan Tobey Maguire sebagai Peter Parker di The Amazing Spider-Man. Dia menggambarkan Peter Parker versi keren. Film ini kembali menceritakan asal usul Spider-Man, seperti kemunculan kekuatannya dan kematian Paman Ben. Tapi, ceritanya berbeda dari Spider-Man sebelumnya. Di sini, pacar Peter adalah Gwen Stacy dan penjahatnya adalah Lizard. Lizard akan tampil di No Way Home dengan diperankan aktor aslinya dari The Amazing Spider-Man, yaitu Rhys Ifans.

6. The Amazing Spider-Man 2 — 2014
13 Film yang Wajib Ditonton sebelum Spider-Man: No Way Home

Film ini meneruskan busur cerita Spider-Man. Tidak ada kehidupan superhero yang mudah ketika jumlah penjahat kuat bertambah. Pekerjaan ini memperumit hubungan asmaranya dengan Gwen Stacy. Sayang, ada consensus kalau The Amazing Spider-Man 2 adalah film Spider-Man yang tidak difavoritkan. Film ini punya terlalu banyak musuh dan ceritanya yang canggung serta membosankan. Namun, apa pun itu, film ini memperkenalkan Electro. Dia akan tampil di No Way Home dengan desain baru, tapi tetap diperankan Jamie Foxx.

7. Captain America: Civil War — 2016
13 Film yang Wajib Ditonton sebelum Spider-Man: No Way Home

Film ini adalah debut Tom Holland sebagai Spider-man di MCU menyusul kesepakatan antara Sony Pictures dan Disney. Perjanjian Sokovia memecah Avengers. Steve Rogers ingin melindungi sahabatnya, Bucky Barnes. Tony Stark tidak punya pilihan lain selain merekrut Peter Parker yang masih bocah dan belum berpengalaman. Tom mengukuhkan penampilannya sebagai Peter Parker yang mewujudkan kemudaan, atletis, dan lugu. Penampilannya singkat, tapi ini menandai perkenalan resminya ke MCU. Adegan ini tidak akan membosankan ditonton berulang-ulang.

8. Doctor Strange — 2016
13 Film yang Wajib Ditonton sebelum Spider-Man: No Way Home

Spider-Man bukan satu-satunya superhero yang terlibat dalam kekacauan di No Way Home. Apapun, Doctor Strange adalah orang yang salah membaca mantra dan melepaskan multiverse. Film Doctor Strange mengungkap pertemuan pertama karakter ini dengan seni mistik. Dia pun perlahan menjadi penyihir terkuat di MCU. Film ini memperlihatkan kepribadian dan sikap Doctor Strange yang akan membantu mengilustrasikan aksinya di No Way Home.

9. Spider-Man: Homecoming — 2017
13 Film yang Wajib Ditonton sebelum Spider-Man: No Way Home

Spider-Man: Homecoming membangun busur cerita karakter Spider-Man-nya MCU. Setelah Civil War, Peter Parker sangat senang dengan pengalaman bertarung bersama Tony Stark. Tapi, dia harus kembali ke kehidupan normalnya sebagai anak SMA. Homecoming adalah satu-satunya seri Spider-Man yang tidak menceritakan asal usul Peter sebagai Spider-Man. Ini adalah langkah cerdas karena penggemar Spider-Man sudah dua kali menontonnya—termasuk kematian Paman Ben. Homecoming memberikan pendekatan segar terhadap Spider-Man.

10. Avengers: Infinity War — 2018
13 Film yang Wajib Ditonton sebelum Spider-Man: No Way Home

Film ini mempertemukan Peter Parker dan Doctor Strange untuk kali pertama. Mereka bertarung bersama untuk menghentikan Thanos mendapatkan semua Batu Keabadian. Pertemuan mereka tidak halus karena Doctor Strange berterus terang kalau dia lebih rela mengorbankan nyawa Peter demi melindungi Batu Waktu. Film ini mengeksplorasi dinamika kedua orang ini yang akan membantu menjelaskan hubungan mereka di No Way Home.

11. Avengers: Endgame — 2019
13 Film yang Wajib Ditonton sebelum Spider-Man: No Way Home

Avengers: Endgame berfokus pada 6 anggota asli Avengers untuk menuju perang akhir Infinity Saga. Spider-Man dan Doctor Strange hanya tampil singkat di film ini karena mereka menjadi korban jentikan jari Thanos di Avengers: Infinity War. Keduanya hanya tampil di adegan perang akhir dan pemakaman Tony Stark. Tapi, Endgame mengangkat tema perjalanan waktu dan sedikit menjelaskan tentang multiverse yang ada kaitannya dengan No Way Home.

12. Spider-Man: Far From Home — 2019
13 Film yang Wajib Ditonton sebelum Spider-Man: No Way Home

Film ini membangun panggung Spider-Man: No Way Home. Peter Parker masih berduka cita atas kematian Tony Stark di Avengers: Endgame. Dia beristirahat sebagai Spider-Man dan pergi ke Eropa untuk study tour bareng teman-teman sekelasnya. Tapi, liburan itu terganggu ulah sejumlah penjahat. Momen terpentingnya adalah adegan pascakredit. Identitas rahasia Peter terungkap. Inilah yang memotivasi Peter untuk meminta bantuan Doctor Strange di No Way Home—terlihat di trailer. JK Simmons akan kembali tampil sebagai J Jonah Jameson. Simmons adalah aktor yang sama yang memerankan Jameson di trilogi Spider-Man-nya Sam Raimi.

Baca Juga: Ini Beda Spider-Man versi Tobey Maguire, Andrew Garfield dan Tom Holland

13. Venom: Let There Be Carnage — 2021
13 Film yang Wajib Ditonton sebelum Spider-Man: No Way Home

Film kedua Venom ini memang tak punya kaitan dengan MCU karena dia ada di SSU. Tapi, Venom: Let There Be Carnage jadi penting di No Way Home karena adegan pascakreditnya. Di adegan itu, Eddie Brock dan Venom terlibat di multiverse. Mereka yang sedang bersantai di sebuah hotel murah, tiba-tiba pindah ke hotel yang lumayan bagus. Di televisi muncul berita tentang Peter Parker yang diungkap sebagai Spider-Man oleh Daily Bugle seperti di adegan pascakredit Spider-Man: Far From Home. Belum jelas apakah Venom akan turut tampil di No Way Home.


(alv)
Share: