Yelena Belova dan Misteri Jam Rolex Avengers di Episode 4 Hawkeye

Yelena Belova dan Misteri Jam Rolex Avengers di Episode 4 Hawkeye
Yelena Belova akhirnya memenuhi misinya untuk memburu Clint Barton, yang dianggap bertanggung jawab atas kematian Natasha Romanoff di Avengers: Endgame. (Foto: Marvel/Kombo)
Episode 4 Hawkeye menampilkan sejumlah plot twist terkait hubungan Clint Barton, Kate Bishop, Eleanor Bishop dan Jack Duquesne. Tak hanya itu, episode ini menandai penampilan perdana salah satu karakter yang sudah lama dinantikan kehadirannya. Sebuah misteri juga mencuat di episode ini.

Perhatian: Artikel ini mengandung spoiler episode 4 Hawkeye yang tayang di Disney+ Hotstar. Kalian sudah diperingatkan!

Adegan pascakredit Black Widow memperlihatkan Yelena Belova (Florence Pugh) yang sedang mengunjungi makam Natasha Romanoff. Dia kemudian didekati Contessa Valentina Allegra de Fontaine. Dia kemudian direkrut untuk menelusuri Clint—yang diklaim Val bertanggung jawab atas kematian Natasha—sebagai target selanjutnya.

Ini mengindikasikan kalau Yelena akan punya peranan penting di Hawkeye. Penonton telah menantikan kehadiran Yelena sejak episode perdana Hawkeye. Di episode 4, akhirnya dia muncul. Tak hanya Yelena, masih banyak hal menarik yang terjadi di episode 4 Hawkeye. Apa saja? Simak ulasannya!

Baca Juga: 10 Karakter Baru Marvel yang Jadi Calon Anggota Avengers

1. Jack Duquesne dan Clint Barton tak saling kenal
Yelena Belova dan Misteri Jam Rolex Avengers di Episode 4 Hawkeye

Salah satu twist awal yang terungkap di episode 4 Hawkeye adalah hubungan antara Clint dan Jack Duquesne, calon ayah tiri Kate Bishop. Setelah di episode 3 harapan tinggi kalau serial ini akan setidaknya setia pada cerita komiknya, episode 4 menghancurkan harapan tersebut. Clint dan Jack sepertinya tidak saling kenal secara pribadi.

Setelah memergoki Clint dengan pedang Ronin-nya, Jack dan Clint saling sapa. Tak lama, Eleanor pun muncul. Clint terlihat tidak tertarik pada obrolan Eleanor, Jack dan Kate. Perhatiannya terfokus pada pedang Ronin. Setelah Eleanor “mengusir” Clint dari apartemennya dan membuatnya berjanji menjaga keselamatan Kate, terungkap kalau Clint berhasil mencuri pedang Ronin itu dari Jack.

Meski belum jelas seperti apa hubungan kedua orang ini, Clint sempat menyebut Jack dengan sebutan Sword Boy, bukan Swordsman, titelnya di komik. Interaksi kedua orang itu juga terlihat cukup aneh. Jack terlihat berusaha tetap santai menghadapi Clint. Sementara, Clint sepertinya tidak ingin lama-lama bersama Jack.

2. Bos Tracksuit Mafia
Yelena Belova dan Misteri Jam Rolex Avengers di Episode 4 Hawkeye

Twist lain adalah bos Echo. Kingpin tidak lagi dihadirkan sebagai tease atau petunjuk lain di episode ini. Di episode ini diketahui kalau Jack adalah CEO dari perusahaan bernama Sloan yang dipakai Tracksuit Mafia untuk cuci uang.

Dalam obrolan Kate dan Clint, keduanya sempat menyinggung kalau Jack adalah bos Maya dan teman-temannya. Tapi, Jack sepertinya bukan sosok orang yang disebut paman oleh Maya di episode sebelumnya. Jadi, bisa saja, bos di sini adalah dia yang memang memimpin perusahaan.

Kingpin masih tetap berpeluang punya peranan di sini. Dia mungkin bukan CEO Sloan. Tapi di komik, Kingpin adalah pemilik perusahaan tersebut.

Sloan diperkenalkan kali pertama di film animasi Spider-Man: Into the Spider-Verse. Sloan Limited bisa merujuk pada Walker Sloan, CEO Alchemax, perusahaan riset. Wilson Fisk alias Kingpin adalah pemilik perusahaan ini.

3. Natasha Romanoff
Yelena Belova dan Misteri Jam Rolex Avengers di Episode 4 Hawkeye

Episode 4 sedikit menyinggung masa lalu Clint. Di malam Natal, karena tidak bisa pulang, Clint menghabiskannya bersama Kate. Kate kemudian bertanya tembakan terbaik apa yang pernah dilakukan. Clint menjawab itu adalah tembakan yang tidak dia lakukan. Di saat itulah, Clint menceritakan sedikit tentang Natasha.

Tanpa banyak detail, Clint mengungkapkan kalau dia diutus untuk memburu dan membunuh seorang agen. Ketika sudah berhasil menangkapnya, Clint tidak menembak agen itu. Dia merasa agen itu ingin membelot. Saat itulah, Clint merekrut Natasha ke SHIELD.

4. Jam tangan Rolex Avengers
Yelena Belova dan Misteri Jam Rolex Avengers di Episode 4 Hawkeye

Diam-diam, Clint mendapatkan bantuan intelijen dari istrinya, Laura. Dari Laura-lah dia tahu ada satu benda milik Avengers yang sangat berharga dan saat ini berada di tangan orang lain. Benda itu adalah sebuah jam tangan Rolex kuno. Jam tangan itu dijarah dari reruntuhan Kompleks Avengers.

Jam tangan ini sudah muncul di episode 1. Saat merampok lelang pasar gelap, kru Tracksuit mengingatkan kalau mereka jangan sampai lupa membawa jam tangan itu. Mereka memang berhasil membawa jam tangan itu. Sementara, pedang Ronin diambil Jack dan kostum Ronin dibawa kabur Kate.

Belum diketahui mengapa jam tangan itu sangat diburu oleh Tracksuit Mafia. Selain itu, belum diketahui pemilik jam tangan tersebut. Namun, teori yang muncul menyebut, jam tangan itu kemungkinan adalah milik Tony Stark dan berisi teknologi nano.

Setelah mendapatkan koordinat jam tangan itu, Clint dan Kate pergi ke sebuah kompleks apartemen. Mengabaikan perintah Clint, Kate nekat masuk apartemen itu. Dia menemukan jam tangan itu. Namun, dia tiba-tiba diserang Maya. Clint dan Kate awalnya tidak tahu kalau apartemen itu adalah apartemen Maya.

5. Yelena Belova
Yelena Belova dan Misteri Jam Rolex Avengers di Episode 4 Hawkeye

Ketika Kate diserang Maya, Clint yang ada di atas gedung sebelah juga diserang. Awalnya, Clint menyangka penyerangnya adalah Maya. Namun, dia jadi bingung setelah Kate mengatakan kalau dia diserang Maya di dalam apartemen.

Penyerang Clint terungkap sebagai sosok berkostum hitam-hitam. Dia mengenakan baklava dan goggle. Dia bertarung dengan gesit. Dari tangannya, dia bisa mengeluarkan semacam aliran listrik dengan warna merah. Clint beberapa kali terkena serangan itu.
Yelena Belova dan Misteri Jam Rolex Avengers di Episode 4 Hawkeye

Di tengah pertempuran, Clint sepertinya sadar siapa yang dia hadapi. Dia terus berusaha membuka topeng penyerangnya. Usahanya membuahkan hasil. Ketika topeng itu terbuka, sebuah wajah yang dikenal penggemar Marvel Cinematic Universe (MCU) pun muncul. Dia adalah Yelena Belova.
halaman ke-1
Share: