10 Karakter dengan Disabilitas yang Paling Keren di Anime

Jum'at, 03 Desember 2021 - 19:13 WIB
loading...
10 Karakter dengan Disabilitas yang Paling Keren di Anime
Disabilitas bukanlah alasan untuk pasrah dalam hidup. Di anime, banyak karakter dengan disabilitas yang mampu melakukan apa pun di luar batasan mereka. Keren! (Foto: CBR)
A A A
Disabilitas adalah gangguan fisik atau psikologis yang biasanya mencegah mereka yang mengalaminya menjalani hidup sehari-hari secara “normal”. Di dunia ini, menyebut disabilitas itu ketidaknyamanan adalah pernyataan yang meremehkan. Yang jelas, disabilitas tidak selalu menjadi penghalang seseorang untuk tetap tampil keren seperti orang “normal” lainnya.

Di dunia anime , disabilitas digambarkan dengan cara yang lebih positif dibandingkan di media lain. Ini bukan karena para penyandang disabilitas ini minor. Tapi, karena banyak karakter anime dengan disabilitas kadang mengatasi batasan diri mereka dan bahkan menemukan kekuatan mereka meski punya kekurangan.

Ada banyak contoh metode eksklusif anime yang melampaui batasan atau ketidakbisaan karakter tersebut. Menyambut Hari Disabilitas Internasional, tak ada salahnya jika melihat sejumlah karakter disabilitas ikonik anime yang bisa menjadi sumber inspirasi bagi semua orang. Simak ulasan berikut ini!



10. Nunnally Vi Britannia — Code Geass
10 Karakter dengan Disabilitas yang Paling Keren di Anime

Code Geass benar-benar mematok level yang terlalu tinggi bagi anime mecha. Sejak tayang pada 2006, genre mecha terus menerus berkurang. Hanya sedikit serial mecha yang mendekati kesuksesan Code Geass. Kesuksesan besar ini dipengaruhi banyak faktor. Salah satunya cast yang beragam di serial itu. Meski lumpuh dan buta, Nunnally selalu menjaga pandangan hidup yang positif. Dia jarang mengeluhkan kondisinya dan malah mengusir mereka yang ada di sekitarnya, bukan sebaliknya.

9. Shouko Nishimiya — A Silent Voice
10 Karakter dengan Disabilitas yang Paling Keren di Anime

A Silent Voice adalah salah satu film anime paling menyentuh yang pernah dibuat. Nyatanya, orang tak perlu menjadi penggemar berat untuk bisa menonton dan menikmatinya. Shouko adalah karakter wanita utama di film ini. Dia terlahir tuli. Tapi, disabilitasnya ini tidak membuatnya tidak bisa menjalani hidup yang relative normal dan energik.

8. Fujitora — One Piece
10 Karakter dengan Disabilitas yang Paling Keren di Anime

Issho atau lebih dikenal sebagai Fujitora adalah laksamana marinir di serial One Piece. Bagi seorang marinir, dipromosikan sebagai laksamana jelas mengesankan. Fujitora mungkin buta. Tapi, dia punya pukulan kuat. Kemahiran Fujitora dalam Haki Kenbunshoku mencapai titik ketika penglihatannya menjadi tidak lagi relevan. Nyatanya, dengan level Haki Fujitora itu, penglihatan bisa menjadi kelemahan.

7. Yui — Angel Beats
10 Karakter dengan Disabilitas yang Paling Keren di Anime

Angel Beats akan membawa penontonnya terlena dalam visualnya yang hidup, dunia yang menarik dan cast yang lucu. Tapi, semuanya berubah 180 derajat begitu plotnya mulai terbuka. Serial ini menarik tali yang tidak pernah diketahui ada sampai dibuka. Di serial ini, Yui bertindak sebagai karakter yang lucu. Tapi, di balik karakternya yang energik itu, dia menyembunyikan cerita latar yang menggetarkan hati. Di dunia nyata, ketika masih hidup, Yui tertabrak mobil. Akibatnya, dia pun lumpuh dari leher hingga ke kakinya. Dia bergantung pada ibunya sampai mengembuskan napas terakhir.

6. Kaname Tosen — Bleach
10 Karakter dengan Disabilitas yang Paling Keren di Anime

Tosen selalu menjadi orang soliter yang selalu menyendiri. Terlahir buta, dia awalnya diperkenalkan sebagai kapten divisi 9 di Gotei 13 dan tetap seperti itu sampai pengkhianatan mendadaknya. Meski dia pernah menjadi antagonis di serial ini, penggemar tidak pernah membencinya.

5. Komugi — Hunter X Hunter
10 Karakter dengan Disabilitas yang Paling Keren di Anime

Komugi adalah representasi akurat atas membunuh orang dengan lembut. Satu-satunya keterampilannya dalam hidup adalah bermain board game. Jadi, dia membuat board game itu sebagai jalan hidupnya. Dia memainkan tiap permainan dengan mempertaruhkan nyawanya. Keyakinannya mengagumkan, bahkan dengan standar anime. Prestasi terbesarnya pastinya adalah efeknya terhadap Meruem. Dia mencairkan monster berdarah dingin itu menjadi manusia baik-baik hanya dengan melakukan apa yang dia lakukan. Komugi menderita sindrom Savant yang membuatnya mengalami banyak gangguan perkembangan.

4. Alphonse Elric — Fullmetal Alchemist
10 Karakter dengan Disabilitas yang Paling Keren di Anime

Demi menghidupkan kembali ibu mereka, Elric bersaudara mempelajari alkimia dan berusaha mentransmutasi ibu mereka untuk kembali hidup. Tapi, usaha transmutasi mereka ini berakhir dengan kegagalan besar yang nyaris membuat kedua kakak beradik itu kehilangan nyawa. Al bahkan kehilangan seluruh tubuhnya. Satu-satunya pilihannya adalah hidup sebagai kostum bersenjata.

3. Gildarts — Fairy Tail
10 Karakter dengan Disabilitas yang Paling Keren di Anime

Gildarts adalah mitos hidup Fairy Tail. Di sejumlah titik, dia dianggap sebagai jagoan serikat dan untuk alasan baik. Dia sebenarnya adalah satu dari sedikit yang pernah bertarung bersama Acanalogia dan hidup untuk menceritakan kisahnya. Apalagi, setelah dia kehilangan sebuah tangan dan kakinya. Meski harus menjalani amputasi, ini tidak menghentikan Gildarts untuk berpetualang. Nyatanya, insiden itu justru malah mendorong semangatnya.

2. Edward Elric — Fullmetal Alchemist
10 Karakter dengan Disabilitas yang Paling Keren di Anime

Fullmetal Alchemist: Brotherhood tidak dianggap sebagai anime shonen terbaik tanpa alasan. Semua yang diperkenalkan di serial ini unik, dari sistem kekuatan Alkimia sampai dunia jelas yang sebelumnya belum pernah telrihat di genre shonen. Tapi, yang paling menarik penggemar dari serial ini adalah protagonisnya, Edward Elric. Ed adalah salah satu protagonis paling disukai dari shonen. Bukan karena anggota tubuhnya yang hilang, tapi karena penulisan karakternya sangat bagus.



1. Shanks — One Piece
10 Karakter dengan Disabilitas yang Paling Keren di Anime

Shanks adalah pria misterius yang reputasinya melebihi dirinya. Hype di sekitar dia terasa tidak nyata. Nyaris tidak ada yang diketahui tentang kekuatan dan latar belakangnya secara visual. Shanks kehilangan tangannya saat berusaha menyelamatkan Luffy. Tapi, semua orang tahu ada lebih dari sekadar cerita yang ditampilkan. Itu adalah pengorbanan yang dibutuhkan demi kesejahteraan era berikutnya, atau begitulah katanya.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3638 seconds (0.1#10.140)