10 Manga Terlaris 2021, Jujutsu Kaisen Ungguli Demon Slayer

10 Manga Terlaris 2021, Jujutsu Kaisen Ungguli Demon Slayer
Jujutsu Kaisen, Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba dan Tokyo Revengers mendominasi penjualan manga selama 2021 dengan Jujutsu Kaisen dan Demon Slayer bersaing ketat. (Foto: CBR)
Sepanjang 2021, industri manga berkembang pesat. Banyak judul baru bermunculan. Sementara, sejumlah manga yang relatif baru juga mulai menunjukkan popularitasnya. Jumlah penjualan mereka menjadi indikasi penting atas eksistensi mereka.

Baru-baru ini, Oricon—organisasi di Jepang yang menelusuri penjualan manga—mengeluarkan daftar penjualan manga pada 2021. Dari banyak judul yang beredar sepanjang tahun ini, ada dua judul yang bersaing ketat. Kedua judul itu adalah Jujutsu Kaisen dan Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba.

Dari data Oricon itu terkuak jika Jujutsu Kaisen berhasil mengungguli Demon Slayer dengan selisih yang tipis. Jujutsu Kaisen menduduki urutan pertama dengan 30,91 juta eksemplar. Manga ini unggul 1,4 juta eksemplar dari Demon Slayer yang ada di tempat kedua dengan 29,51 juta eksemplar.

Baca Juga: 10 Pengkhianatan Paling Mengejutkan yang Terjadi di Anime

Jelasnya, dua serial ini bersaing ketat. Tapi, Jujutsu Kaisen merilis volume baru sepanjang tahun ini. Sementara, Demon Slayer menguasai penjualan volume.

Sepanjang 2021, Demon Slayer unggul dalam penjualan volume dengan 5,1 juta eksemplar untuk volume 23. Tempat kedua juga masih diduduki manga yang sama dengan 2,3 juta eksemplar untuk Water and Flame. Tapi, di top ten penjualan manga secara volume ini, Jujutsu Kaisen mengukuhkan lima volumenya.
10 Manga Terlaris 2021, Jujutsu Kaisen Ungguli Demon Slayer

Secara penjualan volume, menurut Oricon, top 15 dihuni 3 judul manga, yaitu Demon Slayer, Jujutsu Kaisen dan One Piece. Yang menarik, di top 15, Demon Slayer hanya memasukkan dua volume yang menduduki spot tertinggi daftar ini. Sementara, One Piece memasukkan tiga volumenya, termasuk volume 100 yang diburu banyak orang. Sisanya, 10 tempat, semuanya dihuni volume Jujutsu Kaisen.



Lantas manga apa saja yang menjadi 10 besar terlaris sepanjang tahun ini? Berikut daftarnya:

1. Jujutsu Kaisen — 30,91 juta eksemplar
2. Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba — 29,51 juta eksemplar
3. Tokyo Revengers — 24,98 juta eksemplar
4. Attack on Titan — 7,33 juta eksemplar
5. My Hero Academia — 7,02 juta eksemplar
6. One Piece — 7 juta eksemplar
7. Chainsaw Man — 5,21 juta eksemplar
8. SPYXFAMILY — 4,9 juta eksemplar
9. Kingdom — 4,6 juta eksemplar
10. Haikyu — 4,34 juta eksemplar

Dari daftar tersebut terlihat adanya selisih yang sangat besar antara tiga besar dengan tujuh lainnya. Tiga besar di daftar ini menjual lebih dari 10 juta eksemplar. Selisih dari nomor tiga keempat pun lumayan besar.

Baca Juga: 10 Jagoan Anime yang Hanya Mempunyai Satu Kelemahan

Tokyo Revengers menutup top 3 dengan 24,98 juta eksemplar. Angka ini jelas selisih besar dengan perolehan Attack on Titan yang meraih 7,33 juta eksemplar. Selisihnya mencapai 17,65 juta eksemplar. Ini menunjukkan kalau Jujutsu Kaisen, Demon Slayer dan Tokyo Revengers adalah judul favorit saat ini.

Jujutsu Kaisen menjual lebih dari 30 juta eksemplar tahun ini. Sementara Demon Slayer bertahan dengan lebih dari 29 juta eksemplar. Bagi sebagian orang, Tokyo Revengers mungkin mengejutkan dengan menduduki peringkat ketiga. Debut anime serial ini jelas mendorong penjualan manga-nya. Season 2 Tokyo Revengers akan diluncurkan pada tahun baru.


(alv)
Share: