Review dan Sinopsis Film Encanto: Rumah Ajaib Keluarga Madrigal

Review dan Sinopsis Film Encanto: Rumah Ajaib Keluarga Madrigal
Encanto adalah tentang hidup untuk memenuhi harapan semua orang, terutama keluarga, dan takut tidak sempurna. Apa yang terjadi di film ini dirasakan banyak orang. (Foto-Foto: Disney)
Encanto adalah film animasi terbaru dari Disney . Film ini mengisahkan tentang keluarga Madrigal yang tinggal di sebuah komunitas yang dikelilingi pegunungan di Kolombia. Keluarga ini sangat dihormati para warga komunitas itu karena mereka dianugerahi dengan sihir yang membantu mereka.

Pemimpin keluarga ini adalah Abuela Alma Madrigal. Dia mendapatkan anugerah berubah lilin ajaib ketika bersama suaminya, Pedro Madrigal berusaha menyelamatkan diri dari kejaran penjahat yang menyerang desa mereka. Saat itu, Alma dan Pedro baru saja dikaruniai tiga anak kembar, yaitu Julieta, Bruno dan Pepa.

Pada usia tertentu, keturunan keluarga Madrigal ini akan mendapatkan sebuah pintu di rumah ajaib mereka. Ketika pintu itu dibuka, mereka akan tahu karunia apa yang akan mereka dapatkan. Semuanya berjalan dengan lancar. Ketiga anak Alma itu mendapatkan karunia masing-masing.

Baca Juga: 10 Pelajaran Berharga yang Bisa Dipetik dari Film Buatan Pixar



Namun, tak demikian dengan anak-anak mereka. Julieta menikah dengan Agustin dan dikaruniai tiga putri, yaitu Isabela, Luisa dan Mirabel. Sedangkan Pepa, yang menikah dengan Carlos, juga dikaruniai tiga anak, yaitu Dolores, Camilo dan Antonio. Isabela, Luisa, Dolores dan Camilo semua mendapatkan karunia sihir. Tapi, tidak dengan Mirabel. Dia tidak mendapatkan karunia itu. Antonio, cucu Alma yang paling muda, ternyata mampu mendapatkan karunia sihir itu.

Mirabel pun sempat berkecil hati karena hanya dirinya di antara anggota keluarganya yang tidak mendapatkan karunia itu. Meski ayah dan ibunya sangat sayang kepadanya, tapi Mirabel mendapatkan perlakuan sedikit berbeda dari Alma. Neneknya (Abuela) itu sangat keras terhadapnya. Mirabel pun merasakannya. Terkadang ada masa dia merasa “disisihkan” karena dia tidak punya karunia itu.

Suatu hari, Mirabel melihat hal yang tidak bisa menimpa rumah keluarga yang ditinggalinya itu yang mengancam kelangsungan sihir mereka. Dia berusaha memberitahu keluarganya. Sayang, tidak ada yang percaya kepadanya. Mirabel akhirnya tahu jalan pemecaha masalah itu adalah dengan mencari pamannya yang hilang, Bruno.
Review dan Sinopsis Film Encanto: Rumah Ajaib Keluarga Madrigal

Sekilas, Encanto akan mengingatkan orang pada Coco, film animasi produksi Pixar yang dirilis beberapa tahun silam. Ini memang tak salah. Baik Encanto dan Coco sama-sama berlatar belakang budaya Amerika Latin. Selain itu, kedua film ini juga menampilkan cerita tentang keluarga.

Encanto menampilkan sebuah tontonan menarik yang penuh warna-warna cerah dan lagu-lagu yang juga bernada ceria. Sentuhan Lin-Miranda Manuel di lagu-lagu yang tampil di Encanto membuat film ini tambah lebih hidup. Lirik-lirik yang mendalam dipadu dengan musik yang upbeat membuat film ini jadi lebih enak dinikmati.

Encanto tidak punya penjahat yang harus dihadapi tokoh utamanya. Masalah utamanya adalah pada keluarga itu sendiri. Bagaimana mereka menerima kondisi salah satu anggotanya yang berbeda dan juga menghadapi sihir yang mulai memudar.
halaman ke-1
Share: