10 Pelajaran Berharga yang Bisa Dipetik dari Film Buatan Pixar

Senin, 22 November 2021 - 18:18 WIB
loading...
10 Pelajaran Berharga yang Bisa Dipetik dari Film Buatan Pixar
Film-film buatan Pixar sering kali memuat banyak pelajaran hidup yang disajikan dengan ringan dan humor yang ganmpang diingat oleh para pecinta cerita mereka. (Foto: jonnegroni)
A A A
Pixar telah menciptakan banyak film klasik yang akan terus disukai penontonnya hingga bertahun-tahun kemudian. Film-film buatan studio ini tidak hanya menghibur, tapi juga sarat pelajaran hidup di dalamnya. Bagi para pecinta Pixar, tentu mereka tahu karakter mana yang bisa dijadika inspirasi dan yang bukan.

Karakter-karakter kondang Pixar ini memberikan banyak cerita tentang diri mereka sekaligus perjuangan hidup serta pelajaran yang bisa dipetik dari mereka. Para penggemar pun tahu bagaimana untuk melupakan hari-hari keemasan dar Mr Incredible atau menghindari sikap arogan Lightning McQueen dari teman dan krunya. Toy Story adalah pelajaran tentang bagaimana menerima perubahan.

Inilah yang membuat film-film buatan Pixar ini menjadi kesukaan para penggemar. Apalagi, pelajaran hidup ini dipaparkan dengan cara yang ringan, lewat adegan ikonik dan juga humor yang gampang diingat. Jadi, tidak heran jika film-film Pixar ini sangat berharga. Lantas pelajaran hidup apa saja yang ada di film Pixar? Dikutip dari Screen Rant, berikut ulasannya!



1. Jangan percaya pada apa pun yang kamu dengar — Monsters, Inc.
10 Pelajaran Berharga yang Bisa Dipetik dari Film Buatan Pixar

Mike dan Sulley takut saat bertemu Boo di Monsters, Inc. setelah sepanjang hidup mereka diberitahu kalau anak-anak itu berbahaya dan toxic. Padahal, racun sebenarnya adalah Randall dan Mr Waternoose, berdasarkan rencana jahat mereka. Boo dan Sulley kemudian mengembangkan ikatan yang istimewa dan berharga. Sulley pun patah hati ketika pintu Boo dihancurkan.

Mike dan Sulley memang yang terbaik. Tapi mereka menghadapi ujian, terutama terkait hubungan persahabatan mereka. Mereka belajar kalau tidak semua yang mereka dengar itu benar. Memang, ada hal-hal dalam kehidupan yang benar. Tapi, menguji batasan dan menemukan hal-hal itu sendiri adalah bagian dari hidup.

Untungnya, mereka bisa mengatasi pengalaman tidak enak mereka ini, bahkan setelah diusir dari dunia mereka. Apalagi, kalau mereka terus percaya kalau Boo itu berbahaya, maka mereka tidak akan pernah terikat dengannya atau membantunya pulang.

2. Petualangan baru itu selalu ada di dekat kita — Up
10 Pelajaran Berharga yang Bisa Dipetik dari Film Buatan Pixar

Carl adalah karakter yang bakhil setelah kehilangan cinta hidupnya, Ellie. Dia tidak sabar dengan orang dan jelas tidak akan memberikan waktu untuk Russell. Tapi, petualangannya untuk memenuhi impian Ellie mengubah segalanya bagi Carl. Dia menemukan kalau, sementara petualangannya tidak harus berjalan seperti rencananya, petualangan itu lebih baik dari yang dia harapkan.

Dia membentuk ikatan dengan Russell, yang sangat membutuhkannya dalam hidupnya, dan bahkan memberikan Lencana Ellie. Hanya karena satu petualangan berhenti, tidak berarti tidak ada lagi di dekat kita. Kalau penonton bisa mempelajari apa pun dari Carl, itu adalah tetap membuka pikiran dan siap untuk petualangan berikutnya.

3. Keluarga itu penting — Brave
10 Pelajaran Berharga yang Bisa Dipetik dari Film Buatan Pixar

Merida sering kali menentang ibunya. Setidaknya, setelah Elinor berakhir sebagai beruang di Brave. Sebelumnya, Merida mengenakan baju yang tidak praktis dan berpartisipasi di banyak aktivitas yang tidak dia sukai atas permintaan ibunya itu. Ini membuat Merida tidak suka pada ibunya.

Tapi, meskipun sulit dan nyaris berakhir dengan buruk, Elinor sebagai beruang menawarkan peluang bagi ibu dan anak itu untuk benar-benar berkoneksi lagi. Mereka bisa saling mengenal satu sama lain dengan lebih baik dan memastikan ikatan mereka lebih kuat dari sebelumnya dengan Elinor memahami keinginan Merida untuk mandiri. Keluarga itu penting. Pembaruan ikatan antara Elinor dan Merida adalah bagian integral dari pelajaran hidup.

4. Perubahan itu tidak bisa dihindari — Toy Story
10 Pelajaran Berharga yang Bisa Dipetik dari Film Buatan Pixar

Woody dan Buzz adalah duo dan sahabat ikonik dari Toy Story. Masalahnya adalah Woody awalnya tidak suka dengan kehadiran Buzz. Seperti mainan lainnya, Woody takut kalau Andy akan menggantikan posisinya sebagai mainan favorit dengan kehadiran Buzz.

Namun, meski Buzz dan Woody tidak memulai semua dengan baik, mereka akhirnya jadi sahabat. Terutama, setelah pengalaman mengerikan mereka di rumah Sid. Woody akhirnya belajar kalau perubahan itu tidak bisa dihindari. Sementara perubahan itu mungkin menakutkan, itu juga bisa menjadi sangat bagus, seperti kasus Woody dan Buzz.

5. Masa kejayaan itu terlalu dilebih-lebihkan — The Incredibles
10 Pelajaran Berharga yang Bisa Dipetik dari Film Buatan Pixar

Mr Incredible mendapatkan kesempatan untuk menghidupkan kembali masa-masa kejayaannya sebelum superhero dianggap illegal. Awalnya, dia suka setidaknya sampai dia tahu kalau Syndrome punya rencana yang lebih jahat untuk merekrut para superhero kondang. Dengan cepat, Mr Incredible sadar kalau, sementara dia bisa menghargai hari-hari kejayaannya, dia harus menghargai masa sekarang karena dia punya semua yang dia butuhkan bersama keluarganya.

Hari-hari kejayaan mungkin menyenangkan untuk dihidupakn sekali waktu. Tapi, bukanlah ide yang bagus untuk hidup di masa lalu, dengan mempertimbangkan itu menyingkirkan masa sekarang dan masa depan. Di kasus Mr Incredible, itu berarti nyaris kehilangan semuanya dan melihat rencana jahat membuahkan hasil.

6. Mengikhlaskan adalah bagian dari tumbuh dewasa — Finding Nemo
10 Pelajaran Berharga yang Bisa Dipetik dari Film Buatan Pixar

Bisa dipahami mengapa Marlin tetap selalu menjaga Nemo di dekatnya setelah kematian istri dan anak-anaknya yang lain akibat serangan barracuda. Namun, penjagaan Marlin terhadap Nemo itu membuat si anak terkekang. Dia pun diam-diam pergi dan mempunyai sedikit kemandirian.

Niat Marlin ini baik. Tapi, perlindungannya yang berlebihan membuat Nemo tidak bisa benar-benar menjalani hidupnya sendiri, termasuk berteman dan mengalami pengalaman hidup. Marlin nyaris kehilangan Nemo karena itu. Dia harus mempelajarinya dengan cara yang sulit kalau, sementara menjaga Nemo itu baik, dia juga harus belajar untuk mengikhlaskan sebagai bagian dari kehidupan.

7. Hargailah siapa pun yang kamu punya — Onward
10 Pelajaran Berharga yang Bisa Dipetik dari Film Buatan Pixar

Ketika mereka menemukan peluang untuk menghabiskan satu hari bersama ayah mereka yang sudah meninggal, Barley dan Ian pun tak menyia-nyiakannya. Misi mereka membuat mereka menghadapi ujian sebagai dua bersaudara. Tapi, di sepanjang perjalanan itu, mereka pun jadi lebih mengenal satu sama lain dan juga diri mereka sendiri.

Ian ingin memanfaatkan peluang itu untuk bisa bertemu ayahnya. Tapi, di akhir film, dia sadar kalau dia sudah punya sosok ayah pada diri Barley. Meskipun ada naik turun di misi mereka, Ian akhirnya sadar kalau dia seharusnya tidak meremehkan siapa yang sudah dia punyai dalam hidupnya. Barley dan ibunya sama-sama sayang padanya dan dia selalu punya ayahnya di dalam hatinya.

8. Jadilah dirimu sendiri — Ratatouille
10 Pelajaran Berharga yang Bisa Dipetik dari Film Buatan Pixar

Remy suka memasak. Dia merasa hanya bisa menjadi dirinya sendiri saat bersama kakaknya, Emile. Sementara Emile tidak selalu memahami Remy, dia selalu mendukungnya dan menahan diri dari menghakiminya, tak seperti ayah mereka. Remy menyembunyikan siapa dirinya saat tinggal bersama keluarganya di koloni tikus. Tapi, ketika dia bermitra dengan Linguini, dia khirnya mendapatkan kebebasan untuk melakukan apa yang dia suka, tapi dengan alasan palsu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3184 seconds (0.1#10.140)