Ikaris, Anggota Eternals yang Kekuatannya Setara dengan Superman

Senin, 01 November 2021 - 21:57 WIB
loading...
Ikaris, Anggota Eternals yang Kekuatannya Setara dengan Superman
Ikaris disebut sebagai Superman-nya Marvel Cinematic Universe (MCU) setelah sebuah video promosi untuk Eternals membandingkan kekuatannya dengan Man of Steel. (Foto: Murphys Multiverse)
A A A
Marvel Cinematic Universe (MCU) akan memperkenalkan Superman versi mereka di Eternals . Sosok di MCU yang dinilai dekat dengan karakteristik kekuatan pahlawan DC itu adalah Ikaris yang diperankan Richard Madden. Banyak persamaan yang muncul antara Ikaris dan Superman di trailer Eternals.

Di komik, pahlawan Marvel yang setara dengan Superman adalah Hyperion. Tapi, sepertinya, MCU memberikan peran itu kepada Ikaris. Diciptakan Jack Kirby, Ikaris adalah protagonist utama di sebagian besar komik Eternals, termasuk seri aslinya pada 1976-1977.

Di MCU, dia akan menjadi satu dari 10 karakter utama di Eternals. Eternals MCU ini akan berpusat pada ras abadi berkuatan super dari energi kosmik. Selama ribuan tahun, Ikaris, Sersi, Thena, Ajak dan 6 orang lainnya hidup di tengah-tengah manusia.



Di Eternals, banyak karakternya yang dibandingkan dengan pahlawan lain, baik di Marvel atau pun DC. Gilgamesh, misalnya, disebut setara dengan Thanos, Makkari dengan Flash. Tapi, perbandingan Ikaris dengan Superman-lah yang paling kentara. Lantas seakurat apakah perbandingan antara keduanya? Dikutip dari Screen Rant, berikut ulasannya!

1. Penjelasan referensi Eternals terhadap Superman
Ikaris, Anggota Eternals yang Kekuatannya Setara dengan Superman

Sebuah video Eternals menampilkan momen mengejutkan ketika ada seorang anak kecil melihat Ikaris dan berteriak. “Itu Superman! Pakai jubah, dan kamu menembakkan sinar laser dari mata!” seru anak itu.

Ikaris kemudian menjawab kalau dia tidak memakai jubah. Rujukan Superman di Eternals itu mengejutkan karena MCU tidak pernah secara langsugn mengakui keberadaan superhero DC. Kini, sudah terkonfirmasi kalau karakter DC sperti Clark Kent memang ada di dunia Marvel, mungkin sebagai pahlawan komik.

Menurut sutradara Eternals Chloe Zhao, tujuan koneksi Superman-Ikaris adalah untuk mengaitkannya pada tema mitologi dan budaya film itu. Tidak seperti karakter komik, Eternals MCU terjalin dengan mitologi. Artinya, sejumlah cerita kuno terinspirasi petualangan mereka. Chloe mengatakan, Superman dan Ikaris adalah intepretasi ulang modern karakter-karakter yang ada di budaya yang berbeda. Makanya, Chloe ingin memberikan penghormatan kepada versi yang benar-benar ikonik yang disukai dan mempengaruhi banyak orang.

2. Ikaris di komik Marvel
Ikaris, Anggota Eternals yang Kekuatannya Setara dengan Superman

Di komik, Ikaris digambarkan sebagai fondasi dongeng Kitab Suci dan juga cerita di mitologi Yunani. Sepertinya, Ikaris adalah “merpati” yang membantu memandu Kapal Nuh hingga selamat ribuan tahun lalu. Dia juga merupakan sosok di mitos tentang Icarus, bocah yang membuat sendiri sayapnya dan mati saat terbang terlalu dekat dengan matahari.

Di Marvel, Ikaris adalah ayah bocah itu. Tapi, karakter ini tidak punya banyak campur tangan dalam membentuk sejarah manusia. Ikaris dan Eternals terikat pakta yang memerintahkan agar mereka tidak mencampuri urusan manusia. Peraturan ini dihormati selama berabab-abad, tapi dihentikan setelah Celestials memberikan penilaiannya terhadap bumi.

Meskipun Ikaris bukan pemimpin asli Eternals, dia benar-benar meanjadi pusat usaha mereka menyelamatkan ras mereka dan manusia. Bertahun-tahun kemudian, Ikaris muncul sebagai tokoh gung-ho di Eternals terkait sikapnya terhadap Deviants. Bertekad mengalahkan penjahat itu, Ikaris menghabiskan waktunya mencari mereka dan menggagalkan rencana mereka meskipun dia sering tidak mendapatkan dukungan dari Eternals.

Aksinya ini membuat Ikaris bentrok dengan Thena, yang melakukan pendekatan pasif terhadap konflik itu. Keduanya akhirnya bermusuhan. Marah dengan Thena, Ikaris menantangnya dalam sebuah pertarungan dan menang. Dia akhirnya menjadi pemimpin Olympian Eternals.

3. Kekuatan dan kemampuan Ikaris
Ikaris, Anggota Eternals yang Kekuatannya Setara dengan Superman

Eternals adalah spesies yang punya banyak kekuatan manusia super, seperti kekuatan super, terbang, menembakkan ledakan kosmik, telepati dan transmutasi. Ikaris sebenarnya tidak punya kekuatan unik sendiri. Tapi, mayoritas kekuatannya melebihi teman-temanya di Eternals. Dia adalah Eternal terkuat kedua setelah Gilgamesh.

s

4. Perbandingan Ikaris dengan Superman
Ikaris, Anggota Eternals yang Kekuatannya Setara dengan Superman

Marvel sepertinya mencoret sejumlah kekuatan kosmik Ikaris di MCU, seperti transmutasi dan telepati. Tapi, mereka mempertahankan sinar mata kosmik, kekuatan super dan terbang. Jelas, ketiga ini membuatnya jadi Superman-nya MCU.

Meski dia punya ketiga kekuatan itu di komik, Ikaris tidak pernah dianggap sebagai klonnya Superman. Itu karena semua Eternals bisa dibandingkan dengan Superman, bukan hanya Ikaris. Di komik klasiknya, karakter seperti Gilgamesh dan Sersi bisa terbang dan menembakkan sinar mata kosmik. Tiap Eternal bisa punya kekuatan ini sebelum MCU membuat perubahan pada kekuatan Eternals sebagai usaha membangun tiap karakter itu berbeda satu sama lain.

Selain itu, perbandingan pada Superman diatribusikan pada Hyperion, yang lebih jelas adalah karikatur Superman di 1970-an dan 1980-an. Tapi, Hyperion tidak ada di MCU. Dengan membatasi kemapuan Superman-nya kepada Ikaris, Eternals menarik lebih banyak perhatian pada persamaan antara keduanya. Ikaris mungkin tidak secepat peluru, tapi kekuatan lainnya akan memberikan rasa maju bagi penontonnya. MCU punya pelindung sendiri untuk menjaga bumi tetap aman.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3334 seconds (0.1#10.140)