3 Fakta tentang Nova, Pahlawan Marvel yang Segera Masuk MCU

Minggu, 31 Oktober 2021 - 23:25 WIB
loading...
3 Fakta tentang Nova, Pahlawan Marvel yang Segera Masuk MCU
Nova adalah pahlawan Marvel yang sudah punya setup di Marvel Cinematic Universe (MCU). Pahlawan bernama asli Richard Rider ini akan muncul di film pada 2023. (Foto: Geek Vibes Nation)
A A A
Beberapa saat lalu muncul kabar bahwa Marvel akan menggarap Nova dalam waktu dekat. Film Nova disebut bakal menjalani syuting pada 2023. Nova adalah pahlawan terbaru yang diperkirakan masuk Marvel Cinematic Universe (MCU).

Keberadaan Nova sebenarnya sudah terindikasi sejak 2014 ketika Guardians of the Galaxy dirilis. Keberadaan Thanos pun sudah menjadi dasar kehadiran Nova di MCU. Nama aslinya adalah Richard Rider. Dia adalah Nova terakhir yang akhirnya menjadi Nova Prime di Marvel.

Selama ini, Nova sudah berada di berbagai tahapan pengembangan di Marvel Studios. Jadi, tidak pernah ada waktu yang lebih baik lagi bagi pahlawan penjelajah angkasa ini untuk masuk MCU. Guardians of the Galaxy Vol 3 bisa menjadi kendaraan sempurna untuk memperkenalkan Nova. Dikutip dari Screen Rant, berikut ulasan tentang asal usul dan kekuatan Nova!



1. Sejarah Richard Rider alias Nova di komik Marvel
3 Fakta tentang Nova, Pahlawan Marvel yang Segera Masuk MCU

Richard Rider alias Nova diciptakan Marv Wolfman dan John Buscema pada 1976. Di komik, penghancuran Xandar menyebabkan Perawat Tentara Nova Rhomann Dey yang terluka parah mati-matian mewariskan kekuatannya kepada orang bumi secara acak. Dia adalah seorang ABG bernama Richard Rider.

Setelah menerima instruksi telepatik dari Dey, Richard pun diberi peringkat Nova Prime. Peringkat ini memberinya kekuatan lebih besar dari rata-rata petugas Nova Cops. Dia juga menerima seragam Centurion sebelum mengejar perompak yang meluluhlantakkan Xandar. Setelah itu, Nova menjadi Human Rocket, mengabdi sebagai pahlawan bumi sebelum kembali ke Xandar yang telah dibangun ulang dan Nova Corps direformasi.

Nova paling dikenal atas perannya dalam memerangi Gelombang Annihilation. Ini adalah kekuatan penghancuran besar di galaksi yang dikendalikan penjahat Annihilus.

Gelombang itu menghancurkan Xandar lagi. Richard pun tetap menjadi satu-satunya penyintas yang memegang Worldmind Xandar yang kuat dan Nova Force yang meningkatkan kekuatannya. Ini membuatnya bisa meraih kemenangan bersama United Front, tim yang dia bentuk bersama Star-Lord, Gamora, Drax dan lain-lain.

Tapi, Nova Prime Richard Rider kemudian pergi melawan Thanos dan sejumlah ancaman seorang diri. Terlebih, saat ini, dia adalah pemimpin Guardians of the Galaxy. Grup ini melayani sebagai superhero antariksa karena ketidaaan Nova Corps saat ini.

2. Kekuatan Richard Rider sebagai Nova Prime
3 Fakta tentang Nova, Pahlawan Marvel yang Segera Masuk MCU

Dengan peringkat khusus sebagai Nova Prime, kekuatan dan kemampuan Richard Rider pun lebih kuat dari sebagian besar petugas di Nova Corps. Yang paling kentara, Richard adalah inang dari seluruh Nova Force. Ini membuatnya bisa mengakses kekuatan besar yang digunakan untuk memberikan kekuatan tiap prajurit saat melindungi semesta.

Dengan menggunakan Nova Force, Richrad jadi sangat kuat hingga mampu berhadapan langsung dengan Silver Surfer, serta musuh yang berbahaya dan kuat seperti Annihilus. Dengan kekuatan seperti itu maka timbullah stamina dan daya tahan luar biasa, serta kemampuan regenerasi lunak yang membuatnya bisa cepat sembuh dari lukanya. Dia juga bisa terbang melintasi bintang-bintang saat berpatroli di galaksi.

Namun, kekuatan Nova yang paling impresif adalah output energinya. Berasal dari Nova Force, Richard bisa melontarkan ledakan kuat energi sementara juga bisa memproyeksikan tameng saat diperlukan. Dia juga bisa menciptakan portal hyperspace yang membuatnya bisa bepergian ke galaksi dengan kecepatan tinggi.

Terlebih, Nova Prime dulu juga pernah menjadi inang Worldmind, komputer super hidup yang berisi keseluruhan pengetahuan kolektif planet itu. Worldmind ini pada dasarnya adalah versi galaktik Jarvis-nya Iron Man dengan steroid. Worldmind membantu Richard belajar mengatasi dan mengendalikan Nova Force, sementara juga menawarkan panduan dan analisa terhadap musuh yang akan datang seperti kecerdasan buatan taktis yang mutakhir.



3. MCU membangun asal usul Nova dengan Thanos dan hancurnya Xandar
3 Fakta tentang Nova, Pahlawan Marvel yang Segera Masuk MCU

Berkat Avengers: Infinity War, asal usul Nova sudah dibangun di MCU karena misi Thanos untuk mengumpulkan semua Batu Keabadian. Menurut Thor di film tersebut, Thanos menghancurkan Xandar untuk mengambil Batu Kekuatan yang ditinggalkan Guardians of the Galaxy di planet tersebut. Setelah itu, Thanos mengambil Batu Antariksa yang disimpan Loki di awal Inifinity War.

Berdasarkan komik, penghancuran Xandar menjadi langkah besar pertama bagi asal usul Nova di MCU. Apalagi, Rhomann Dey sudah pernah tampil di MCU. Dia diperankan John C Reilly di Guardians of the Galaxy pertama.

Bisa jadi, film Nova mendatang di MCU akan memperlihatkan Dey datang ke bumi dengan kondisi luka parah. Dia memilih Richard secara acak untuk mewarisi kekuatannya seperti dia terpilih di komik. Sementara Dey versi MCU ini sepertinya tidak meraih peringkat Nova Prime, dia bisa membuka pintu bagi Richard untuk mendapatkan sejumlah kemampuan dan pada akhirnya mendapatkan kekuatan penuh Nova Force.

Harus dicatat juga bahwa remaja Sam Alexander juga debut sebagai Nova dari bumi dalam beberapa tahun belakangan. Namun, asal usul Richard untuk proyek Nova ini sepertinya lebih berpotensi diperkenalkan terlebih dahulu. Sam kemungkinan akan diperkenalkan nanti, sama seperti Captain Marvel dan debut serial Ms Marvel.

Sejumlah setup solid bagi Nova Prime di MCU sudah ada. Dia seharusnya terbukti menjadi karakter yang menarik yang seharusnya bisa debut lebih cepat. Guardians of the Galaxy Vol 3 akan menjadi tempat sempurna untuk memperkenalkan Nova sebelum dia mendapatkan film solonya.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2287 seconds (0.1#10.140)