10 Penjahat Film Marvel yang Lebih Populer Ketimbang Jagoannya

10 Penjahat Film Marvel yang Lebih Populer Ketimbang Jagoannya
Banyak penjahat di Marvel Cinematic Universe (MCU) menjadi lebih populer dari jagoannya karena alasan kejahatan yang mereka lakukan bisa dipahami penonton. (Foto: Variety)
Bukan hal aneh jika protagonis di film superhero menjadi favorit para penggemarnya. Mereka adalah jantungnya film genre ini. Aksi mereka menghadapi penjahat tentu dinanti. Tapi, di Marvel Cinematic Universe (MCU) , banyak tokoh antagonis alias penjahat yang justru jadi kegemaran para penggemarnya.

Dari 24 film dan 3 serial Disney+ yang telah mereka rilis sampai saat ini, banyak tokoh penjahatnya yang jadi lebih populer ketimbang superhero mereka. Ya, memang, tak semua tokoh jahat ini disukai penggemarnya. Para penggemar bahkan sulit mengingat nama penjahat seperti Malekith atau Kaecilius.

Di sisi lain, para penjahat kesukaan ini banyak dinantikan penampilannya. Mereka juga lebih populer dibanding tokoh jagoannya. Bahkan, meski mereka sudah mati, para penggemar masih berharap bisa menyaksikan mereka lagi. Siapa saja penjahat MCU yang lebih populer ketimbang superhero-nya? Dikutip dari CBR, berikut ulasannya!

Baca Juga: Marvel Studios Undur Jadwal 7 Film, termasuk Doctor Strange 2

10. Loki
10 Penjahat Film Marvel yang Lebih Populer Ketimbang Jagoannya

Dewa Pembuat Onar Asgard, Loki, kali pertama tampil di Thor. Di film itu, dia menentang kakaknya, Thor, yang naik takhta, hingga menciptakan konsekuensi menghancurkan dirinya sendiri. Rasa sakitnya setelah tahu tentang asal usulnya sebagai Frost Giant dan dinamikanya dengan Odin meningkatkan film ini, membuatnya menjadi salah satu cerita asal usul terbaik di MCU.

Popularitas Loki meningkat lebih jauh dengan penampilannya di Avengers. Kini, Loki benar-benar punya sebuah pasukan. Bukan Chitauri, tapi penggemar. Kematiannya di Avengers: Infinity War membuat patah hati banyak orang. Tapi, karakter ini kembali di serial Disney+. Sepertinya para pembuatnya pun menyadari betapa populernya dia.

9. Erik Killmonger
10 Penjahat Film Marvel yang Lebih Populer Ketimbang Jagoannya

Black Panther menyelami masalah ras dan penjajahan. Sementara sudah ada seorang penjahat dengan rencana yang buruk, Erik Killmonger alias N’Jadaka, punya motivasi yang bisa dipahami. Ayahnya, N’Jobu, berharap bisa membagikan senjata Wakada dengan orang lain sehingga mereka bisa berjuang melawan penjajah mereka.

Raja Wakanda, T’Challa, membunuh N’Jobu karena pengkhianatannya, yang menyebabkan kedukaan mendalam bagi Erik. Dia pun tumbuh menjadi tentara yang sangat mahir dan kejam. Dia bertekad mengambil alih Wakanda dan mewujudkan impian ayahnya. Namun, T’Challa menghalangi rencana itu. Dalam pertarungan mereka, Erik terluka parah mengembuskan napas terakhirnya. Adegan saat dia meminta dimakamkan di samudra adalah salah satu momen paling menyedihkan di MCU.

8. Winter Soldier
10 Penjahat Film Marvel yang Lebih Populer Ketimbang Jagoannya

Sulit untuk menyebut Winter Soldier sebagai penjahat sejati. Ini karena fakta bahwa sebagian besar tindakannya terjadi akibat program Hydra. Tapi, faknya adalah dia merupakan salah satu penjahat paling sulit yang pernah dihadapi Captain America dan itu bukan hanya karena dia adalah teman lama Steve Rogers, Bucky Barnes.

Sangat terlatih dalam sejumlah bentuk pertarungan dan sekuat Steve, Winter Soldier nyaris membunuh Captain America. Pada akhirnya, dia tidak membunuh Steve. Dia bahkan menyelamatkan Steve setelah mereka jatuh dari Helicarrier Insight. Penderitaan dan pertarungan dalam diri Bucky memperjelas kalau dia adalah korban dan ini membuatnya mendapatkan kasih sayang dari penggemarnya.

7. Baron Zemo
10 Penjahat Film Marvel yang Lebih Populer Ketimbang Jagoannya

Ironisnya, penjahat yang merusak Avengers sama sekali tidak punya kekuatan super. Dia hanya sakit hati. Setelah keluarga Baron Zemo tewas di Sokovia, dia pun tertekad balas dendam. Di Captain America: Civil War, dia mengetahui kebenaran pembunuhan orangtua Tony Stark dan menggunakannya untuk memecah Avengers.

Sementara Civil War tidak memberi peluang bagi Zemo untuk berkembang, penampilannya di The Falcon and the Winter Soldier mengubahnya. Aliansinya dengan Sam Wilson dan Bucky Barnes memperkenalkan sisi baru karakter ini. Penonton pun sangat menikmati melihatnya istirahat dan benar-benar menari.

6. Hela
10 Penjahat Film Marvel yang Lebih Populer Ketimbang Jagoannya

Thor: Ragnarok adalah film paling aneh dan lucu di MCU, tapi ceritanya serius. Dengan kematian Odin, anak sulungnya, Hela, bebas dari penjara. Dia pun berniat mengambil alih Asgard. Penggambaran Cate Blachett atas karakter ini sempurna dan mampu mengungkapkan dendam Hela yang bisa dipahami.

Digunakan sebagai senjata oleh ayahnya, dia pun dibuang begitu menjadi terlalu berbahaya. Terungkapnya kebenaran di balik fasad emas Asgard membuat penonton bisa bersimpati dengan Hela. Sementara diasumsikan kalau dia sudah tewas saa Asgard dihancurkan Surtur, penggemar masih berhadap dia kembali lagi.

5. Vulture
10 Penjahat Film Marvel yang Lebih Populer Ketimbang Jagoannya

Petualangan solo perdana Peter Parker di MCU tidak berjalan mulus. Dia harus berhadapan dengan Vulture. Bernama asli Adrian Toomes, Vulture kehilangan mata pencaharian akibat Damage Control, kerja sama antara Tony Stark dan pemerintah. Dia pun berubah menjadi penjahat, memakai kostum-exo terbangnya untuk mencuri teknologi Chitauri.

Komplikasi tambahannya adalah Adrian merupakan ayah cewek yang ditaksir Peter, Liz. Ketika Adrian tahu, dia mengancam keluarga Peter dan berusaha membunuhnya. Tapi, saat konfrontasi akhir mereka, Peter menyelamatnya nyawa Adrian. Sebagai rasa terima kasih, Adrian tidak mengungkapkan identitas rahasia Peter.

4. Nebula
10 Penjahat Film Marvel yang Lebih Populer Ketimbang Jagoannya

Sebagai putri angkat Thanos, Nebula dibesarkan untuk menjadi pembunuh yang tidak bisa dihentikan dan mesin pembunuh. Thanos terus menerus mempertarungkan dia dan saudaranya, Gamora, tapi Nebula selalu kalah. Kalau itu terjadi, Thanos akan mengganti bagian lain tubuh Nebula dengan peningkatan sibernetik ekstra yang membuat Nebula dendam pada Gamora.

Di Guardians of the Galaxy Vol 1 dan Vol 2, dia berusaha membunuh Gamora berkali-kali. Tapi, kedua saudari itu akhirnya mengesampingkan perbedaan mereka. Nebula pun tumbuh banyak. Busur pascajentikan jari Thanos-nya membuatnya jadi disukai. Persahabatannya dengan Tony Stark dan perjalanannya ke masa lalu meningkatkan popularitasnya.

3. Agatha Harkness
10 Penjahat Film Marvel yang Lebih Populer Ketimbang Jagoannya

Penjahat utama di serial WandaVision di Disney+ ini adalah orang yang menyebabkan semua kekacauan di Westview. Agatha Harkness memanipulasi jalannya ke rumah tangga Vision, berusah mempelajari rahasia sihir kekacauan Wanda. Tapi, sementara dia mungkin haus kuasa dan penyihir yang licik, anehya, dia tetap menyenangkan.

Sebagian, ini karena alter-egonya, Agnes. Dia memaksa Wanda menghadapi sejumlah kebenaran yang sulit dan mengajarinya pelajaran yang sulit. Dia adalah penjahat yang menarik. Dengan mempertimbangkan nasibnya di akhir WandaVision, dia bisa tampil lagi.

2. Xu Wenwu
10 Penjahat Film Marvel yang Lebih Populer Ketimbang Jagoannya

Penggemar penjahat klasik Iron Man, Mandarin, marah atas intepretasi karakter itu di MCU lewat film Iron Man 3. Namun, akhirnya, Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings akhirnya menyelesaikan masalah ini. Film ini membawa kembali Mandarin dengan cara yang lebih baik.

Xu Wenwu bukan hanya panglima perang kuno kuat yang memakai Ten Ring sebagai senjata yang nyaris tidak bisa dihentikan. Dia juga seorang pria berduka yang membuat pilihan yang salah setelah kematian istri yang sangat dicintainya. Antagonis yang kompleks dan karakter yang tragis, Wenwu telah mendapatkan tempatnya di jajaran penjahat terbaik MCU.

Baca Juga: Kekuatan dan Peran Masing-Masing Anggota Eternals Menurut Produsernya

1. Thanos
10 Penjahat Film Marvel yang Lebih Populer Ketimbang Jagoannya

Tiga fase pertama MCU membawa ke satu konfrontasi—pertempuran Avengers melawan musuh terburuk mereka, Thanos. Yang menarik, Thanos versi MCU ini berbeda dengan Thanos versi komik. Di komik, Thanos yang jatuh cinta dengan Death berharap mendapatkan balasan atas cintanya dengan memberikannya lebih dari yang pernah diberikan makhluk lain. Tujuannya adalah memusnahkan setiap makhluk hidup.

Sementara, Thanos versi MCU berharap bisa memusnahkan separuh populasi semesta karena nasib dunianya sendiri, Titan. Argumentasinya ini berakar pada fakta banyak negara yang berjuang dengan overpoulasi dan kurangnya sumber daya. Sementara genosida bukanlah jawbaannya, ini membuat Thanos jadi relatable. Dia benar-benar peduli dengan putri angkatnya, Gamora. Antara ini dan kekuatan besarnya, Thanos mendapatkan apresiasi dari banyak penggemar.


(alv)
Share: