9 Anime yang Mengangkat Cerita tentang Kesehatan Mental

Minggu, 10 Oktober 2021 - 13:42 WIB
loading...
A A A
2. A Silent Voice
9 Anime yang Mengangkat Cerita tentang Kesehatan Mental

Rasa bersalah bisa menjadi kekuatan yang menghancurkan. Dan, itulah yang jelas terjadi pada Shoya Ishida, seorang murid SMA yang berniat bunuh diri. Saat masih kecil, Shoya selalu merundung seorang gadis tulis bernama Shoko Nishimiya. Akibatnya, Shoko pun jadi bulan-bulanan perundungan di sekolahnya. Bertahun-tahun kemudian, Shoya memberanikan diri meminta maaf kepada Shoko sebelum mengakhiri hidupnya.

Tapi, Shoko tetap empati kepadanya. Dia mau berteman dengan Shoya. Sementara banyak anime berfokus pada protagonis yang menjadi orang yang lebih baik, hanya sedikit yang melakukannya dengan nuansa pahit seperti A Silent Voice, sebuah film yang memahami masa depan itu sama—atau lebih—penting dengan masa lalu.



1. Welcome to the NHK!
9 Anime yang Mengangkat Cerita tentang Kesehatan Mental

Welcome to the NHK! berfokus pada Tatsuhiro Satou, seorang jebolan kuliahan yang berjuang dengan agorafobia berusia 20-an tahun. Seorang hikikomori yang terjebak di kamarnya sendiri, Satou jadi mangsa banyak teori konspirasi. Dia percaya kalau ada organisasi rahasia yang mengendalikan hidupnya dan mengacaukan dia sehingga dia gagal.

Sementara tidak secara eksplisit menggambarkan skizofrenia, penyakit mental Satou itu kompleks dan merugikan, bahkan serial ini menemukan humor dalam perjuangannya. Satou berteman dengan dua tetangganya, Kaoru Yamazaki dan Misaki Nakahara, yang berjuang melawan depresi. Hubungan ini mungkin membantu Satou muncul dari isolasi, tapi tidak akan mudah.
(alv)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1561 seconds (0.1#10.140)