Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Penggemar Astronomi

Sabtu, 25 September 2021 - 15:45 WIB
loading...
Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Penggemar Astronomi
Dunia luar angkasa selalu menarik untuk dieksplorasi dan ilmunya bisa dipelajari di bangku kuliah. Foto/wallpaperboat.com
A A A
JAKARTA - Buat kamu yang masih duduk di bangku SMP atau SMA dan tertarik dengan dunia astronomi , mungkin perlu mempertimbangkan untuk memperdalam ketertarikan tersebut.

Jika kamu lulus nanti dan ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, ada dua jurusan yang akan memperdalam ilmu terkait luar angkasa dan sains terkait astronomi.


1. ASTRONOMI


Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Penggemar Astronomi

Foto: iStock

Jurusan astronomi adalah jurusan yang akan membawa kamu mempelajari hal-hal berkaitan dengan dunia antariksa. Mahasiswa di jurusan ini akan dikenalkan pada materi yang berkenaan dengan alam semesta. Mulai dari planet, bintang, tata surya, dan peristiwa astronomi lainnya.

Baca Juga: Astronot Ngapain Aja di Luar Angkasa?

Mahasiswa yang mengambil jurusan astronomi juga mempelajari beberapa mata kuliah yaitu matematika, fisika dasar, kimia dasar, astrofisika, hingga teknologi informasi.

Jurusan astronomi di Indonesia masuk dalam daftar jurusan yang sangat langka. Bahkan di Indonesia, perguruan tinggi yang membuka program studi astronomi hanya satu, yaitu ITB.

2. ILMU FALAK

Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Penggemar Astronomi

Foto: Getty Images

Jurusan ini merupakan salah satu cabang keilmuan dalam Islam, sedikit berbeda dari jurusan astronomi dalam sains. Di dalam ilmu falak, mahasiswa akan diajarkan memadukan ilmu agama dan ilmu sains dalam memahami fenomena yang terjadi di alam semesta.

Fokus kajian di dalam jurusan ini antara lain penentuan awal bulan Hijriyah, menentukan awal waktu salat, dan penentuan arah kiblat.

Baca Juga: Rekomendasi Buku untuk Belajar Alam Semesta, dari Sudut Sains hingga Agama

Selain belajar ilmu astronomi, di dalam jurusan ini mahasiswa juga diajarkan tentang dasar-dasar hukum di dalam Al-Qur’an, hadis, dan ijma yang berkaitan dengan fenomena di alam semesta. Di Indonesia, jurusan ini dapat kamu temui di beberapa universitas Islam, salah satunya UIN Walisongo Semarang.

GenSINDO
Burhanuddin Robbany
UIN Walisongo Semarang
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0979 seconds (0.1#10.140)