Astronot Ngapain Aja di Luar Angkasa?

Sabtu, 04 April 2020 - 10:00 WIB
Astronot Ngapain Aja di Luar Angkasa?
Astronot Ngapain Aja di Luar Angkasa?
A A A
Bagaimana para astronot/kosmonot pulang-pergi dari orbit ke Bumi? Apa yang mereka lakukan selama di luar angkasa?

Para astronot/kosmonottinggal di International Space Station (ISS) atau Stasiun Luar Angkasa Internasional. Ini juga sekaligus sebagai laboratorium mereka untuk melakukan berbagai penelitian ilmu biologi, material, dan sebagai penempatan alat-alat sensor untuk memantau Bumi.

Astronot Ngapain Aja di Luar Angkasa?

Foto: Google

Tugas para astronot/kosmonot sebagian besar adalah melakukan penelitian dan eksperimen yang hanya bisa dilakukan di lingkungan microgravity. Mereka juga menjajal berbagai alat yang dibuat untuk membantu para astronot tinggal di luar angkasa.

Sementara itu, ISS yang menjadi laboratorium mereka merupakan proyek gabungan dari 16 negara yaitu National Aeronautics and Space Administration (NASA) Amerika Serikat, Russian Federal Space Agency, Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA), Canadian Space Agency (CSA/ASC), Brazilian Space Agency (AgĂȘncia Espacial Brasileira/AEB), dan 11 negara dari Uni Eropa yang tergabung dalam European Space Agency (ESA).

Astronot Ngapain Aja di Luar Angkasa?

Foto: Google Earth

Saat meluncur ke luar angkasa, para astronot/kosmonot menggunakan pesawat luar angkasa Space Transportation System(STS) atau yang biasa kita sebut pesawat ulang-alik. Untuk kembali ke Bumi, mereka biasanya menggunakan pesawat kapsul ruang angkasa Soyuz milik Rusia.


GenSINDO
Adita Roro Lastamimi
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(her)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1530 seconds (0.1#10.140)