7 Kesamaan BTS dan Coldplay yang Membuat Duet 'My Universe' Mereka Sangat Cocok

7 Kesamaan BTS dan Coldplay yang Membuat Duet 'My Universe' Mereka Sangat Cocok

Foto: Getty Images

BTS bisa punya beragam genre dalam album mereka. Semenjak era pandemi, mereka juga menantang diri sendiri dengan menyanyikan lagu-lagu yang sepenuhnya berbahasa Inggris.

Begitu juga Coldplay yang terus berevolusi mencoba jenis musik baru yang berbeda dengan album-album awal dalam karier mereka. Tiga album pertama mereka terdengar kental dengan atmosfer rock, tapi setelah itu, Coldplay lebih mengeksplorasi lagi musik mereka.

4. SAMA-SAMA PUNYA DUO GENIUS YANG BERBEDA KEPRIBADIAN

7 Kesamaan BTS dan Coldplay yang Membuat Duet 'My Universe' Mereka Sangat Cocok

Foto: Getty Images/BighIt Music

Seluruh member BTS memang berkontribusi dalam pembuatan lagu, tapi dua member yang paling aktif adalah RM dan Suga. RM banyak menangani lirik lagu, sedangkan Suga dalam hal komposisi musik. Mereka sudah bersahabat lebih dari 10 tahun, meski punya kepribadian yang berbeda. RM adalah sosok ekstovert, sementara Suga introvert.

Kondisi ini mirip dengan di Coldplay, yaitu antara Chris Martin dan Jonny Buckland. Jonny adalah sosok genius di balik suara gitar lagu-lagu Coldplay yang melodius dan adiktif. Sama seperti Suga, dia juga adalah sosok pendiam, jauh berbeda dengan Chris. Chris bahkan pernah berkata bahwa Jonny hampir tak pernah berbicara saat awal mereka berteman pada masa kuliah dulu.

5. SAMA-SAMA RENDAH HATI

7 Kesamaan BTS dan Coldplay yang Membuat Duet 'My Universe' Mereka Sangat Cocok

Foto: via Allkpop

BTS dikenal hobi melimpahkan kasih sayangnya pada fandom mereka, ARMY. Nama fandom BTS ini tak pernah absen disebut setiap kali BTS mendapatkan prestasi.

BTS juga kerap menulis lagu untuk ARMY, antara lain "2!3!" dan "Magic Shop". Nama ARMY pun disebut dalam lagu "Butter". Seolah belum cukup, Jungkook BTS menato jari tangannya dengan tulisan "ARMY".

Di luar itu, BTS juga dikenal dengan etika kerjanya yang luar biasa. Sudah banyak testimoni yang diberikan oleh mereka yang pernah bekerja langsung dengan grup tersebut yang menyebut bahwa seluruh member BTS sangatlah rendah hati dan penuh hormat pada semua yang bekerja dengan mereka. Bahkan, seorang petugas kebersihan pun sempat memuji Jungkook yang menegurnya lebih dulu saat mereka bertemu di toilet.

Sementara Chris Martin yang menjadi front man Coldplay juga sudah dikenal luas sebagai sosok yang luar biasa humble. Beberapa kali beredar cerita di media sosial dari orang-orang biasa yang secara tak sengaja bertemu Chris Martin, entah itu di bandara atau di restoran, dan ayah dua anak itu selalu mau diajak berfoto.

Tak jarang, Chris juga meninggalkan pesan manis pada mereka. Ini pula yang dilakukannya saat tiba di Bandara Incheon, Korea Selatan, pada pertengahan April lalu. Dia meninggalkan pesan menghangatkan hati di sebuah kertas untuk seorang staf bandara.

6. SAMA-SAMA PEDULI PADA AKSI SOSIAL

7 Kesamaan BTS dan Coldplay yang Membuat Duet 'My Universe' Mereka Sangat Cocok

Foto: Getty Images

Para member BTS dikenal rutin berdonasi, terutama saat hari ulang tahun mereka. Grup di bawah naungan HYBE ini pernah menyumbang USD1 juta (Rp14 miliar) untuk gerakan Black Lives Matter. Pada awal karier mereka, grup ini juga pernah mendatangi rumah para korban tragedi Sewol Ferry.

Adapun Coldplay juga aktif dalam berbagai aksi sosial, terutama persoalan lingkungan hidup. Pada 2019, band ini bahkan mengumumkan akan rehat melakukan tur dunia sebelum bisa mencari solusi mengurangi masalah lingkungan hidup yang diakibatkan oleh perjalanan konser mereka.

Coldplay juga aktif dalam gerakan perdagangan yang adil (fair trade) dan ikut mendukung lagu "Freedom for Palestine" yang dibawakan oleh para musisi dan aktivis yang tergabung dalam OneWorld.

Baca Juga: Arti Penting di Balik BTS Nyanyikan Lagu Coldplay 'Fix You'

7. SAMA-SAMA PUNYA BANYAK HATER DAN FANDOM YANG KUAT
halaman ke-2
Share: