Arti Penting di Balik BTS Nyanyikan Lagu Coldplay 'Fix You'

Rabu, 24 Februari 2021 - 15:29 WIB
loading...
Arti Penting di Balik BTS Nyanyikan Lagu Coldplay Fix You
BTS menyanyikan ulang lagu populer milik Coldplay, Fix You, dalam program klasik MTV Unplugged. Foto/MTV
A A A
JAKARTA - BTS menyanyikan ulang (cover) "Fix You", salah satu lagu paling populer dari band asal Inggris Coldplay, dalam program MTV Unplugged Presents: BTS.

Fix You" adalah lagu yang ada dalam album ketiga Coldplay bertajuk "X&Y" (2005). Lagu ini mendapat respons positif dari para kritikus, yang terutama memuji komposisi musik dan vokal falsetto Chris Martin sebagai vokalis.

Saat tampil dalam MTV Unplugged Presents: BTS, boy group ini menyanyikan "Fix You" dengan aransemen musik yang nyaris tak berbeda dengan versi aslinya. Perbedaan hanya ada pada improvisasi vokal dari ketujuh member. Dalam lagu ini, rap line (RM, Suga, J-Hope) mengiringi suara vocal line (Jungkook, V, Jimin, Jin) dalam mengharmonisasi lagu agar terdengar lebih indah.

ARTI 'FIX YOU' DAN COLDPLAY BAGI BTS

BTS tidak sembarangan memilih "Fix You" sebagai lagu untuk dinyanyikan ulang. Sejauh ini, BTS sangat jarang melakukan cover lagu dari musisi lain. Tercatat, baru lagu milik grup hip hop fenomenal Korea Seo Taiji & Boys berjudul "Come Back Home" yang dinyanyikan secara grup (bertujuh), sementara lagu-lagu lain kebanyakan dilakukan tidak dengan formasi lengkap.

Arti Penting di Balik BTS Nyanyikan Lagu Coldplay 'Fix You'

Foto: Samir Hussein/Redferns

Menyangkut Coldplay, para member berulang kali menegaskan bahwa mereka menyukai band yang dibentuk pada 1996 itu. RM dan J-Hope pernah menonton konser Coldplay saat band ini manggung di Seoul pada April 2017 silam.

Baca Juga: 4 Pengakuan RM BTS yang Bakal Bikin ARMY Patah Hati

Dalam wawancara bersama metro.co.uk, V juga mengatakan bahwa dia sudah lama menyukai lagu-lagu Coldplay. Dalam kesempatan wawancara berbeda, pemilik nama asli Taehyung ini juga menyebut nama Coldplay sebagai artis yang ingin diajaknya berkolaborasi.

Bukan cuma itu, lagu-lagu Coldplay juga beberapa kali terdengar diputar dalam program reality show mereka, salah satunya dalam "Bon Voyage" musim pertama episode ke-1 saat BTS jalan-jalan ke Eropa Utara. Saat itu, J-Hope memutar lagu "Trouble". Sementara "Fix You" juga pernah diputar dalam salah satu variety show BTS.

Sebelum menyanyikan lagu ini dalam MTV Unplugged, Jimin memberikan pengantar bahwa lagu tersebut memberi mereka rasa nyaman saat tengah berada dalam masa-masa sulit pada tahun lalu. Mereka ingin menyanyikan lagu itu di depan publik untuk memberikan rasa nyaman yang sama pada pendengar, khususnya ARMY.

Arti Penting di Balik BTS Nyanyikan Lagu Coldplay 'Fix You'

Foto: MTV

Setelah BTS menyanyikan ulang "Fix You", beberapa media internasional memberikan ulasan positif atas penampilan septet ini, di antaranya Rolling Stone India memuji kemampuan vokal BTS, terutama suara bariton RM.

ARTI "FIX YOU" BAGI COLDPLAY

Lagu "Fix You" adalah lagu yang sangat personal untuk Chris Martin. Lagu ini disebut diciptakannya untuk istrinya saat itu, Gwyneth Paltrow, yang baru saja kehilangan ayahnya.

"(Lagu) "Fix You" itu tentang dia (Chris) yang ingin memulihkan diriku kembali setelah ayahku meninggal," ujar Gwyneth dalam sebuah wawancara dengan The Howard Stern Show, mengutip dari eonline.com .

Karena sangat penting dan personal, Coldplay pun tak sembarangan mengizinkan pihak lain menggunakan lagu ini untuk dinyanyikan atau diputar. Perlu dicatat bahwa untuk menampilkan sebuah lagu yang punya hak cipta dalam sebuah program televisi, film, atau iklan, diperlukan izin dari pemilik hak cipta terkait untuk kepentingan royalti.

Jill Culton, sutradara sekaligus penulis skenario film animasi "Abominable" (2019) yang memakai lagu "Fix You" untuk film ini, menceritakan pengalamannya saat meminta izin pada Coldplay agar bisa menggunakan lagu ini dalam filmnya.

Arti Penting di Balik BTS Nyanyikan Lagu Coldplay 'Fix You'

Foto: Universal Pictures

"Chris dan (manajer Coldplay) Phil Harvey bilang bahwa mereka tidak mengizinkan orang lain memakai lagu ini, tapi mereka senang dengan yang kami lakukan, jadi mereka mengizinkannya," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1498 seconds (0.1#10.140)