Menjawab Misteri Dweller in Darkness, Monster Jahat di Shang-Chi

Rabu, 08 September 2021 - 05:30 WIB
loading...
Menjawab Misteri Dweller in Darkness, Monster Jahat di Shang-Chi
Musuh utama di Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings adalah makhluk antardimensi bernama Dweller in Darkness. Monster ini memanfaatkan kelemahan Mandarin. (ComicBook)
A A A
Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings menampilkan makhluk buas antardimensi terbaru di Marvel Cinematic Universe. Monster ini adalah musuh utama yang harus dihadapi Shang-Chi (Simu Liu) di film itu. Ini pun bukanlah sebuah kejutan. Meskipun dari awal Marvel telah membangun asumsi bahwa Shang-Chi akan menghadapi ayah kandungnya, Wenwu (Tony Leung) alias Mandarin, tapi studio ini dikenal suka menyesatkan penontonnya. Jadi, ketika terungkap musuh utamanya bukan Wenwu, ya itulah Marvel.

PERINGATAN: Artikel ini mengandung SPOILER film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings! Kalian sudah diperingatkan!

Wenwu adalah pendiri grup teroris kuno bernama Ten Rings. Selama ribuan tahun, Wenwu telah melanglang buana sebelum akhirnya dia jatuh cinta dan meninggalkan ambisinya untuk berkuasa. Namun, setelah istrinya, Ying Li, tewas dibunuh, Wenwu pun kembali ke jalannya yang kelam. Secara tidak sengaja, dia menciptakan superhero setelah sejumlah anak buahnya menangkap Tony Stark di Afghanistan dan berusaha memaksanya membuat senjata untuk Ten Rings. Alih-alih, Tony justru menciptakan prototipe kostum senjata Iron Man. Di Shang-Chi, Wenwu diselimuti duka mendalam akibat kematian Ying Li dan mulai mendapat penglihatan aneh yang mengatakan ada cara untuk menghidiupkan lagi wanita yang sangat dia cintai itu. Didorong kegilaan akibat visi itu, dia pun berusaha mencari tanah mistis Ta Lo dan membuka Great Seal.



Wenwu hanyalah umpan dari penjahat sesungguhnya di Shang-Chi, yaitu entitas antardimensi bernama Dweller in Darkness. Makhluk ini diangkat dari komik Marvel dan didesain ulang secara bebas di MCU. Mereka mencampurkannya dengan ancaman lain yang kurang dikenal. Lantas siapa sebenarnya Dweller in Darkness? Asal usul dan kekuatannya? Dikutip dari ScreenRant, berikut ulasannya!

1. Latar belakang Dweller in Darkness di komik
Menjawab Misteri Dweller in Darkness, Monster Jahat di Shang-Chi

Di komik, Dweller in Darkness adalah salah satu dari lima makhluk yang dikenal sebagai Fear Lords yang menarik untung dari rasa takut dunia fana dan sering kali berusaha menakhlukkan bidang eksistensi ini. Tokoh Fear Lords paling kondang adalah Nightmare, musuh bebuyutan Doctor Strange. Keduanya berasal dari realitas bernama Everinnye, yang disebut sebagai semesta yang lebih tinggi dari Dimensi Keenam. Dweller in Darkness—kadang disebut sebagai He Who Dwells in Darkness—kali pertama menatap Bumi sekitar 20.000 tahun lalu. Dia mengamati perkembangan ras hidup dengan ketertarikan dan kegembiraan. Dweller in Darkness tahu kalau banyak ketakutan yang bisa dia panen di tempat ini. Tapi, dia segera tahu kalau Bumi punya pelindung.

Penyihir Atlantis, Zhered-na, diasingkan dari kampung halamannya sebelum Atlantis hancur. Dia kemudian mendeteksi kehadiran dan niat Dweller in Darkness. Dibantu Agamatoto the All-Seing, Penyihir Agung pertama, dia bertarung melawan Dweller in Darkness dan berhasil membuatnya tertidur pulas. Tapi, makhluk itu masih mampu melepaskan sebagian kesadarannya ke bidang eksistensi ini dan terus bekerja di Bumi. Kekuatannya terdongkrak ketika pecah konflik antara Eternals dan Deviants. Celestials turun tangan dan menghancurkan isi Lemuria—basis legenda Atlantis. Meskipun terdongkrak, Dweller in Darkness tetap tertidur hingga baru-baru ini. Dia akirnya bangun setelah sejumlah bayangannya menghadapi Thor, Hercules, Doctor Strange dan muridnya, Clea.

2. Kekuatan Dweller in Darkness di komik
Menjawab Misteri Dweller in Darkness, Monster Jahat di Shang-Chi

Di komik, Dweller in Darkness adalah parasit, yang membangkitkan ketakutan di diri orang lain dan memakannya. Kian besar ketakutannya, kian kuat pula Dweller in Darkness. Dia juga mampu menciptakan makhluk mimpi buruk dengan pikiran mandiri—yang disebut Shade-Thralls—yang bisa dibunuh dengan cahaya. Dia pun bisa menciptakan makhluk yang bisa tumbuh untuk menyaingi kekuatannya sendiri seperti D’Spayne. Monster ini punya kekuatan mistis fenomenal, yang cukup kuat untuk memasuki ruang yang menjaga Sanctum Sanctorum-nya Doctor Strange. Dia terbukti menjadi penantang berat Penyihir Agung itu. Dweller in Darkness suka permainan pikiran. Dia sering kali menggunakan halusinasi dan meminjam kekuatan untuk memanipulasi orang agar menjadi pelayannya—sering kali berjanji mewujudkan hasrat mereka, yang nyaris selalu merusak pikiran mereka.

3, Perubahan Dweller in Darkness di Shang-Chi
Menjawab Misteri Dweller in Darkness, Monster Jahat di Shang-Chi

Shang-Chi benar-benar mengubah Dweller in Darkness sehingga makhluk ini versi MCU prinsipnya tidak bisa diidentifikasi. Secara visual, makhluk ini dikombinasikan dengan Fear Lords lain yang jauh kurang terkenal, Kkallakku, yang lebih terlihat seperti naga ketimbang makhluk humanoid yang dilayani sepasukan Fear Eaters. Fear Eaters melahap ketakutan makhluk lain dan membawanya kepada Kkallakku untuk dimakan. Tapi, perubahan itu tidak hanya sampai di sini. Di Shang-Chi, Dweller in Darkness bukanlah Fear Lords, tapi pemakan jiwa. Dia bisa melahap jiwa secara langsung, atau melalui Soul-Eaters, yang jelas terinspirasi oleh para pelayan Kkallakku.

Cerita Dweller in Darkness di MCU dan pertarungannya dengan Great Protector, punya persamaan dengan karakter di komik. Sepertinya Dweller in Darkness menemukan jalan ke Ta Lo ribuan tahun lalu. Dia memporak-porandakan banyak kota besar dunia sebelum ditahan kekuatan kombinasi antara Great Protector dan para penyintas terakhir dunia itu. Meski begitu, mereka belum mampu menghancurkannya. Malahan, mereka menyegelnya di gunung keramat, dengan para warga Ta Lo menjaga Great Seal untuk mencegah makhluk itu dibebaskan. Seperti di komik, Dweller in Darkness tetap aktif dan mampu menarik untung dari Bumi dan menggunakan halusinasi untuk menipu orang agar berusaha membebaskannya. Inilah metode yang dipakai Dweller in Darkness untuk membujuk Wenwu agar membuka Great Seal.



4. Shang-Chi bangun dasar untuk Doctor Strange 2
Menjawab Misteri Dweller in Darkness, Monster Jahat di Shang-Chi

Multiverse akan memainkan peranan utama di MCU, terutama di Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Sekuel Doctor Strange itu akan memperkenalkan Xochitl Gomez sebagai America Chavez, karakter pelompat dimensi yang—di komik—berasal dari dimensi misterius bernama Utopian Parallel. Seperti Ta Lo, Utopian Parallel mungkin adalah semesta yang benar-benar berbeda. Sementara seluruh perhatian adalah pada ide linimasa alternatif yang diperkenalkan di Loki, Shang-Chi bertindak sebagai pengingat penting kalau multiverse MCU juga melibatkan bidang eksistensi lain dan bahkan semesta yang berbeda. Sementara Dweller in Darkness membuktikan kalau multiverse punya predator yang lebih berbahaya ketimbang yang disinggung Doctor Strange—makhluk tanpa pikiran yang memangsa jiwa dan mengobrak abrik seluruh dunia. Kalau multiverse benar-benar pecah, sepertinya begitu, maka ada kemungkinan kalau makhluk seperti Dweller in Darkness akan masuk ke bidang realitas ini.

Keputusan Marvel mencampurkan Dweller in Darkness dengan Kkallakku itu membuat penasaran karena mereka menyingkirkan dua dari lima Fear Lords komik Marvel dari MCU. Ada rumor lama yang menyebut kalau Doctor Strange 2 akan menampilkan Nightmare, Fear Lords terkondang. Mungkin saja Marvel Studios melihat empat Fear Lords lainnya ituperulangan dankarena mereka tidak mau mengulangi dirimereka sendiri—yang menjelaskan mengapa Dweller in Darkness begitu berubah di Shang-Chi.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2822 seconds (0.1#10.140)