Asal Usul dan Kekuatan Ten Rings di Film Shang-Chi

Jum'at, 03 September 2021 - 16:48 WIB
loading...
Asal Usul dan Kekuatan Ten Rings di Film Shang-Chi
Ten Rings atau Sepuluh Cincin di Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings adalah senjata sakti yang dipakai musuh utama sekaligus ayah Shang-Chi, Mandarin. (Marvel)
A A A
Frasa Ten Rings di Shang-Chi and the Legends of the Ten Rings tidak hanya merujuk pada organisasi jahat pimpinan Mandarin. Frasa itu juga mereferensi pada benda yang secara harafiah memang ada, yaitu 10 cincin yang dipunyai Mandarin. Hanya, di Marvel Cinematic Universe (MCU), cincin itu diubah bentuknya menjadi gelang. Meski begitu, diperkirakan kalau dua benda itu punya kekuatan yang sama dan tentu saja, dipakai orang yang sama.

Mandarin sudah lama disinggung di MCU. Dia bahkan pernah ditampilkan di Iron Man 3. Hanya, kemudian diketahui kalau Mandarin ini palsu. Dia adalah seorang aktor bernama Trevor Slattery (Ben Kingsley) yang disewa Aldrich Killian (Guy Pearce). Namun, film Shang-Chi akan membenahi twist di Iron Man 3 itu dengan menampilkan Mandarin asli yang diperankan Tony Leung.



Di Shang-Chi, Mandarin asli adalah titel bagi Wenwu, ayah Shang-Chi (Simu Liu). Dia adalah pemimpin organisasi jahat Ten Rings. Sebagai Mandarin, Wenwu memakai 10 cincin—di MCU adalah gelang—sakti yang punya kekuatan luar biasa. Di dua trailer Shang-Chi yang telah dirilis, penggemar sudah diberi sedikit gambaran tentang kemampuan gelang itu dan bagaimana Wenwu memakainya. Nah, seperti apa dan dari mana gelang-gelang itu berasal? Dikutip dari ScreenRant, berikut ulasannya!

1. Asal usul Ten Rings di komik Marvel
Asal Usul dan Kekuatan Ten Rings di Film Shang-Chi

Tak hanya sebagai nama organisasi, Ten Rings juga merujuk pada benda yang dipakai Mandarin—yang memberikannya kekuatan besar. Aksesori ini kali pertama muncul bersama Mandarin di komik Tale of Suspence #50 yang terbit pada 1964. Dibuat Stan Lee dan Don Heck, cincin-cincin ini adalah teknologi dari ras alien bernama Makluans. Sering kali digambarkan sebagai “Naga Antariksa”, mereka berasal dari planet Kakaranthara. Bosan dengan kedamaian di planet mereka, sejumlah anggota ras itu perlu ke dunia lain untuk menjelajah.

Salah satu penjelajahnya, Axonn-Karr, akhirnya sampai ke Bumi. Dia mendarat di Lembah Roh di China. Dia kemudian terluka parah akibat serangan warga setempat yang ketakutan. Tak lama kemudian, Axonn-Karr, cincin-cincinnya dan kapal antariksanya ditemukan Mandarin. Tiap cincin itu berisi jiwa prajurit kosmik legendaris. Mandarin pun dengan cepat tergoda dengan kekuatan besar yang ada di cincin-cincin itu. Akhirnya, Mandarin menyelesaikan membunuh Axonn-Karr dan mengklaim cincin-cincin itu. Mandarin memakai 10 cincin itu di masing-masing jarinya. Dia kemudian melatih dirinya untuk menggunakan kekuatan tiap cincin itu.

Belum diketahui apakah cerita latar ini akan tetap dipakai di MCU. Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings sepertinya memperkenalkan sudut baru di franchise ini. Dengan begitu, film ini bisa menyingkirkan elemen alien seperti di komik. Alih-alih, cincin itu bisa lebih mistis—didayai chi Mandarin atau energi lain seperti yang dipakai Doctor Strange. Apalagi, film ini bisa condong ke elemen ini dan berpotensi terkait Eternals. Dengan tim itu juga tiba di Bumi dari antariksa di masa lampau, Mandarin bisa saja mendapatkan cincin-cincin itu dari mereka. Ini akan membuat film ini mengadaptasi material dengan cara baru dan populer. Apa pun itu, obyeknya masih akan memberikan pemiliknya berbagai macam kemampuan berbeda.



2. Kekuatan Ten Rings di MCU
Asal Usul dan Kekuatan Ten Rings di Film Shang-Chi

Plot Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings masih dirahasiakan. Namun, sejumlah kemampuan cincin atau gelang itu sudah disinggung di trailer film tersebut. Pertama, benda itu dibuat mampu berfungsi sebagai proyektil dan masih melakukan perintah Mandarin saat jauh darinya. Itu bisa membuat benda itu, seperti di komik, punya AI yang melayani pemegang resminya. Lalu, koneksi itu bisa dikaitkan dengan mistis, atau mirip Thor dengan palunya, Mjolnir, yang terlihat ketika cincin itu kembali ke tangan Mandarin.

Kedua, gelang itu terlihat memberikan kekuatan bagi Mandarin, yang terlihat ketika dia menghancurkan meja dengan sebuah pukulan. Gelang-gelang ini juga membuat penjahat ikonik itu mampu meembakkan ledakan energi yang cukup besar. Di trailer kedua, Mandarin terlihat menemabkkan sejumlah ledakan energi di sepanjang hidupnya. Berwarna biru, ledakan itu bisa melumpuhkan musuh-musuhnya. Di salah satu adegan, Mandarin juga menembakkan ledankan itu dengan warna ungu. Dengan momen yang bersamaan dengan Shang-Chi menyebut ayahnya sebagai pembunuh, cincin-cincin itu bisa saja punya efek yang lebih menghancurkan. Meskipun akibatnya tidak terlihat, ada preseden kalau efeknya adalah disintegrasi total atau yang lainnya yang sama-sama mengerikan. Ini menjelaskan mengapa Shang-Chi muda terlihat kaget.

Umur panjang Mandarin jelas juga merupakan produk cincin itu. Tayangan trailer Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings saja tidak cukup menentikan bagaimana cincin itu bekerja. Tapi, berdasarkan preseden yang sudah dibangun sebelumnya, bisa saja dia mampu mengorganisasi kembali atomnya untuk memulihkan tubuhnya ke kondisi muda seperti yang dia mau. Lalu, dia mungkin saja terus menerus meregenerasi atau memang bisa memperlambat proses penuaan. Apa pun itu, dia jelas membuat Eternals sebagai saingan berat. Kalau itu tidak cukup, adegan lain memperlihatkan Mandarin sepertinya mampu mengendalikan elemen—dengan Shang-Chi, Katy (Awkwafina) dan Xialing (Meng’er Zhang) melihat ketika dia mengendalikan gelombang air dan membuatnya mengapung di udara. Akhirnya, antara memanggil kembali cincin itu dan menembakknya ke Shang-Chi, harinya terlihat berubah dari cerah ke gelap, yang bisa jadi tanda kekuatan lain Mandarin dari komik.



3. Kekuatan Ten Rings di komik Marvel
Asal Usul dan Kekuatan Ten Rings di Film Shang-Chi

Dengan material yang sudah lama selama puluhan tahun, kekuatan cincin itu sudah lebih terspesifikasi di komik. Dengan nama dan bahkan panggilan, tiap cincin itu punya kekuatan unik dari jiwa yang terperangkap di dalamnya. Bentuk dan pemakaiannya berbeda di MCU, tapi kekuatan dan fungsinya bisa jadi sama. Jadi, apa nama dan kekuatannya, serta apa yang bisa dilakukan Mandarin dengan cincin itu? Ini dia penjelasannya!

- Cincin Matter-Rearranger alias Remaker: cincin di ibu jari kanan Mandarin ini membuatnya bisa memanipulasi materi di level atom. Cincin ini digunakan dengan banyak cara, dari mengganti penampilan dan busananya hingga meracuni atau bahkan memadatkan udara di sekitar musuhnya.
- Cincin Impact Beam alias Influence: cincin di jari telunjuk kanan Mandarin ini digunakan untuk menyerang dan menembak musuh dengan ledakan besar—seperti terlihat di trailer Shang-Chi. Cincin ini juga bisa digunakan untuk menghasilkan sinar yang lebih sonik di alam, yang melumpuhkan musuh dengan suara intensitas tinggi.
- Cincin Vortex Beam alias Spin: cincin di jari tengah kanan Mandarin ini mampu memanipulasi udara, bahkan memutarnya seprti Tornado. Selain bisa membentuk serangan yang efektif terhadap musuh, cincin ini juga berarti Mandarin bisa mengapungkan benda atau bahkan dirinya sendirinya.
- Cincin Disintegration Beam alias Spectral: cincin di jari manis kanan Mandarin ini mampu memproduksi sinar yang menghacurkan ikatan antara atom dan molekul. Cincin ini benar-benar seperti apa namanya. Di komik, cincin ini hanya benda mati yang bisa hancur. Itu bisa berubah di film, yang membuat Mandarin menjadi lebih berbahaya. Untungnya, komik itu memberikan para pahlawan peluang bertempur dengan membuat cincin itu butuh waktu me-recharfe selama 20 menit setelah digunakan.
- Cincin Black Light alias Nightbringer: cincin di jari kelingking Mandarin ini bisa mengekspos kapal Star-Lord sebagai mimpi buruk. Cincin ini menggunakan energi Darkforce untuk menyulap area kegelapan di sekitarnya.
- Cincin White Light alias Daimonic: cincin di ibu jari kiri Mandarin ini membuat Mandarin menyulap dan memanipulasi energi elektromagnetik. Ini menghasilkan sejumlah funsi mengesankan termasuk membutakan musuh dengan cahaya intensif dan mengatur ulang ladang gravitasi untuk menjebak orang. Ini juga membuat Mandarin bisa mengapungkan benda dan dirinya. Selain itu, cincin ini punya kemampuan untuk memunculkan proyeksi holografik dan menduplikasi dirinya.
- Cincin Flame-Blast alias Incandescence: cincin yang dipakai di jari telunjuk kiri Mandarin ini memang seperti apa yang digambarkan dengan namanya. Cincin ini memproduksi ledakan api dan bisa menyalakan area dan obyek sekitarnya lewat infrared.
- Cincin Electro-Blast alias Lightning: cincin di jari tengah kiri Mandarin ini bisa memproduksi ledakan listrik yang membuat Thor merasa ada orang yang mencuri petirnya.
- Cincin Mento-Intensifier alias The Liar: cincin di jari manis kiri Mandarin ini menambah energi psioniknya. Tidak berbeda dari Sylvie di Loki, cincin ini membuat Mandarin bisa memproyeksikan ilusi ke pikiran orang dan sebaliknya mempengaruhi indra mereka untuk dimanipulasi. Cincin ini juga bisa digunakan untuk mennjadikan musuh ke kondisi lumpuh sementara.
- Cincin Ice Blast alias Zero: cincin di jari kelingking kiri Mandarin ini memberikan kemampuan mengendaikan elemen ini. Dengan membuat dingin yang intensif, dia bisa menjebak musuh dalam balok es atau membuat senjata berbasis es.

(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2133 seconds (0.1#10.140)