Misteri Naga di Trailer Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings

Jum'at, 25 Juni 2021 - 23:41 WIB
loading...
Misteri Naga di Trailer Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings
Penampakan naga di trailer terbaru film Shang-Chi and the Legend of the Ten Ring memunculkan banyak teori terkait kaitan naga itu dengan superhero baru MCU tersebut. (Times News Express)
A A A
Salah satu kejutan di trailer terbaru Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings adalah penampakan naga besar di bawah air. Naga itu terlihat samar. Namun, jelas, kehadirannya di bawah air itu membuat kaget Shang-Chi . Berbagai kemungkinan terkait naga itu pun bermunculan.

Mainan terkait Shang-Chi mengungkapkan kalau naga itu disebut sebagai “Pelindung Besar”. Namun, bisa jadi, naga itu adalah perwujudan naga jahat dari komik Marvel bernama Fin Fang Foom alias He Whose Limbs Shatter Mountains and Whose Back Scrapes the Sun (Dia yang Kakinya Memporak-porandakan Gunung dan Punggungnya Menggores Matahari). Kadal raksasa ini punya sejarah panjang di komik Marvel . Dia juga memegang kunci asal usul sebenarnya Sepuluh Cincin Kekuatan.

Fin Fang Foom adalah alien yang berasal dari planet Kakaranhthara yang sangat jauh dari Bumi. Dia datang ke Bumi bersama sejumlah anggota rasnya—yang dikenal sebagai Makluans, Axxon-Karr, atau Naga Antariksa—ribuan tahun silam. Mereka ke Bumi setelah bosan dengan betapa damainya kehidupan di Kakaranthara dan memutuskan untuk mencari dunia lain untuk ditakhlukkan. Perjalanan Fin Fang Foom-lah yang kali pertama membawa 10 Cincin Kekuatan ke Bumi. Di planet ini, cincin-cincin itu akhirnya dipakai Mandarin , yang di dunia Marvel Cinematic Universe (MCU) , adalah ayah Shang-Chi.



Namun, sebelum trailer ini dirilis, pemeran Shang-Chi, Simu Liu, telah membantah rumor kehadiran Fin Fang Foom di film tersebut. Kalau pun naga itu bukanlah Fin Fang Foom, dia bisa saja memiliki cerita latar yang sama. Dikutip dari ScreenRant, berikut ulasan tentang Fin Fang Foom.

1. Fin Fang Foom di komik Marvel
Misteri Naga di Trailer Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings

Naga ini debut di dunia Marvel lewat komik Strange Tales #89 pada 1961. Ini artinya, dia diciptakan lebih dari 10 tahun sebelum Shang-Chi kali pertama muncul di komik. Strange Tales #89 sangat merefleksikan Red Scare yang saat itu mendominasi politik Amerika Serikat (AS) . Komik itu mengisahkan bagaimana seorang pahlawan yang gagah berani menggunakan kemarahan Fin Fang Foom untuk melawan tirani Komunis dan gerombolan merah bersenjata. Pahlawan itu, Chan Liuchow, tinggal di pulau Formosa, yang menghadapi ancaman invasi pasukan Komunis China . Setelah menemukan manuskrip kuno yang berisi rincian lokasi naga tidur bernama Fin Fang Foom, Chan pergi ke sarang naga itu dan membangunkannya dengan ramuan rahasia. Dia kemudian menakut-nakuti naga itu dan kabur darinya. Dia membawa naga itu ke jantung pasukan China dan membiarkan kemarahannya memporak-porandakan pasukan besar itu. Ketika pasukan invasi itu hancur lebur, Chan membawa Fin Fang Foom kembali ke sarangnya dan membuatnya tidur lagi.

Meskipun Fin Fang Foom beberapa kali tampil di komik setelah debut, baru pada 1990an dia masuk ke cerita superhero utama komik Marvel dan latar ceritanya sebagai seekor Naga Antariksa dari Kakaranthara pun dibangun. Dibangunkan dari tidur panjangnya oleh Mandarin di Iron Man #1961 , Fin Fang Foom berada di pusat The Dragon Seed Saga. Dalam pertempuran itu, Mandarin berusaha menggunakan kekuatan besar sang naga untuk membangun dinasti baru buatannya di China. Namun, dia akhirnya harus gigit jari. Penyihir Chen Hsu, yang membantu Mandarin menemukan sarang Fin Fang Foom, sebenarnya adalah Naga Antariksa yang sedang menyamar. Dinasti baru yang dia janjikan bukan satu-satunya yang ada di benak Mandarin. Dengan kebangkitan Fin Fang Foom, Chen Hsu menggunakan panggilan gaib untuk membangunkan delapan naga lainnya di seluruh dunia yang menyamar sebagai manusia. Kemudian, terungkap bahwa rencana asli penyihir itu adalah membuat para naga itu sebagai penguasa Bumi.

2. Kaitan Fin Fang Foom dengan Sepuluh Cincin
Misteri Naga di Trailer Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings

Ketika The Dragon Seed Saga dimulai, komik Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings mengungkapkan asal muasal 10 Cincin Kekuatan. Artefak kuno ini ditemukan Mandarin di sebuah kapal antariksa yang jatuh milik Makluan. Cincin-cincin itu digunakan Makluan sebagai eleman pengendali kapal antariksa tersebut. Mandarin kemudian mampu membuka potensi kekuatan Sepuluh Cincin itu. Pemilik sah cincin itu adalah para Naga Antariksa yang selamat dari jatuhnya kapal antariksa tesebut, salah satunya adalah Fin Fang Foom. Naga itu memilih untuk tidur di perut Bumi, sementara lainnya kabur dari perhatian dengan menyamar sebagai manusia. Selama berabad-abad, bentuk naga mereka tumbuh, sampai mereka siap mengambil kembali Sepuluh Cincin Kekuatan dan menakhlukkan Bumi.



Di sinilah Mandarin membuktikan kalau dirinya layak mendapatkan cincin tersebut. Para naga berusaha memanggil kembali cincin itu karena cincin-cincin itu terikat pada mereka. Namun, Mandarin memperoleh cukup keahlian terhadap cincin-cincin itu sehingga dia mampu melawan, meskipun mengenakan cincin-cincin itu terus menerus di jarinya membuatnya kesakitan luar biasa. Dia sebenarnya tidak bisa mengalahkan para naga itu seorang diri. Ketika Iron Man menggenggam tangannya dan mengombinasikan kekuatan merekalah para naga itu kemudian bisa dihancurkan. Ledakan itu menghancurkan tangan Mandarin, tapi tangan-tangan itu tumbuh kembali sebagai cakar naga yang dipakai penjahat itu untuk mengklaim kembali Sepuluh Cincin.

3. Pelindung Besar di Shang-Chi adalah Fin Fang Foom?
Misteri Naga di Trailer Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings

Trailer terbaru film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings, Shang-Chi bertatap muka langsung dengan Pelindung Besar setelah jatuh ke air yang dalam. Naga itu tidak terlihat agresif. Tak seperti Fin Fang Foom yang biasanya merespons dengan melakukan kemarahan membabibuta ketika dibangunkan. Mainan Pelindung Besar juga tidak mirip Fin Fang Foom sama sekali. Bukannya berwarna hijau dengan mulut lebar dan terlihat galak, naga mainan itu berwarna merah putih dengan wajah yang lembut. Tidak ada naga di komik Marvel yang disebut Pelindung Besar. Jadi, ini mungkin kalau Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings memasukkan cerita Fin Fang Foom dan mengubah namanya. Kalau tidak, Pelindung Besar adalah anggota ras Makluan yang lebih bersahabat yang membantu Shang-Chi untuk menghentikan ayahnya.
Misteri Naga di Trailer Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings

Kalau nama Pelindung Besar terbukti keliru dan dia seberbahaya Fin Fang Foom, maka Shang-Chi masih bisa menggunakan naga itu untuk mengalahkan ayahnya dengan melakukan strategi yang dipakai Chan Liuchow di komik asli Strange Tales. Shang-Chi bisa membangkitkan kembali Fin Fang Foom dari sarangnya dan membawanya ke Mandarin dan Ten Rings dengan harapan naga itu akan kembali mengklaim cincin yang dicuri dari rasnya. Kemungkinan lain adalah Mandarin menggunaan Sepuluh Cincin itu untuk melatih kendali atas naga itu dan menggunakannya sebagai senjata. Pelindung Besar bisa jadi salah satu cara di mana Mandarin menggunakan cincin itu untuk mengakumulasi kekuatan selama berabad-abad. Apalagi, tidak ada orang yang mau macam-macam dengan orang yang punya peliharaan seekor naga. Siapa pun naga di Shang-Chi itu, bakal menarik untuk melihat bagaimana Pelindung Besar ini pas untuk Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings.

(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2206 seconds (0.1#10.140)