4 Film yang Harus Ditonton Sebelum Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings

4 Film yang Harus Ditonton Sebelum Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings
Film Shang-Chi and the Legends of the Ten Rings belum bisa ditonton di Indonesia karena PPKM. Namun, ada 4 film yang bisa ditonton sebelum film ini tayang. (Marvel)
Film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings dijadwalkan dirilis besok, Jumat (3/9). Sayang, film ini belum bisa dinikmati di Indonesia karena bioskop masih tutup akibat pandemi Covid-19. Meski begitu, tak perlu berkecil hati. Masih terbuka kesempatan menonton film ini begitu dirilis di Disney+ pada pertengahan atau akhir Oktober mendatang.

Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings adalah film Marvel Cinematic Universe yang mengangkat superhero baru pertama di tahun ini atau di Fase 4. Shang-Chi juga merupakan superhero keturunan Asia pertama yang bakal tampil di semesta film Marvel ini. Dari trailer film ini diketahui bahwa sebagian pemeran di film ini berdarah Asia. Bahkan, sutradaranya, Destin Daniel Cretton adalah keturunan Asia.

Baca Juga: Sinopsis dan Pemeran Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings

Nah, sebelum menonton Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings, ada baiknya kalian menonton setidaknya 4 film ini. Sejumlah karakter yang tampil di film ini sudah pernah muncul di sejumlah film sebelumnya di MCU. Jika kalian adalah penonton baru, ini bisa menjadi referensi yang membantu kalian lebih mudah menonton film Shang-Chi. Lantas, apa saja film tersebut? Berikut ulasannya!

1. Iron Man
4 Film yang Harus Ditonton Sebelum Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings

Iron Man adalah pembuka pintu MCU ke dunia perfilman. Sejak awal, Marvel sudah mempersiapkan bangunan bagi Ten Rings, organisasi kriminal di dunia Marvel. Di film yang dirilis pada 2008 itu, organisasi inilah yang bertanggung jawab atas penculikan Tony Stark (Robert Downey Jr.) saat dia berkunjung ke Afghanistan untuk mendemonstrasikan senjata buatan Stark Industries. Namun, dia malah diculik Ten Rings dan saat diculik itulah Tony menciptakan baju besi yang menjadi cikal bakal kostum Iron Man.

Ten Rings bakal menjadi salah satu nama yang penting di Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings. Organisasi ini dipimpin Mandarin, yang ternyata adalah ayah Shang-Chi. Melihat trailer-nya, Shang-Chi sepertinya dipersiapkan untuk mewarisi kekuasaan sang ayah. Namun, Shang-Chi memberontak. Di Iron Man, organisasi Ten Rings tidak dengan gamblang diperlihatkan, tapi di film itu, benderanya terbentang di belakang para penculik Tony saat mereka membuat rekaman video.

2. The Incredible Hulk
4 Film yang Harus Ditonton Sebelum Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings

Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings bakal menampilkan tokoh bernama Abomination. Tokoh ini bukanlah tokoh baru di jagat MCU. Sebelumnya, Abomination sudah pernah tampil di film The Incredible Hulk yang dirilis pada 2008. Di film yang menampilkan Edward Norton sebagai Bruce Banner/Hulk tersebut, Abomination diperankan Tim Roth. Setelah film itu dirilis, Abomination belum pernah tampil lagi di MCU. Kabarnya, dia akan tampil di serial She-Hulk di Disney+.

Meski begitu, tak perlu waktu lama untuk kembali menyaksikan aksi musuh bebuyutan Hulk ini di MCU. Trailer kedua Shang-Chi yang dirilis beberapa waktu lalu memperlihatkan Abomination muncul di film itu. Di trailer itu terlihat Abomination sedang berada di sebuah ring arena pertarungan bawah tanah. Dan, dia melawan tokoh kondang dari lain MCU, yaitu Wong dari film Doctor Strange, Avengers: Infinity War dan Avengers: Endgame. Yang menarik, penampilan Abomination terlihat berbeda di Shang-Chi. Film The Incredible Hulk bakal memperlihatkan cerita latar Abomination di MCU. Jadi, kalian tidak perlu repot mencari tahu tokoh ini saat nonton film Shang-Chi nanti.

3. Iron Man 3
4 Film yang Harus Ditonton Sebelum Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings

Iron Man 3 bakal menjadi elemen penting di Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings. Film ini adalah yang pertama yang mengonfirmasi keberadaan Mandarin—musuh utama di Shang-Chi—di MCU. Di film tersebut, Iron Man (Robert Downey Jr.) membantu pemerintah yang menghadapi ancaman teroris yang mengaku bernama Mandarin. Iron Man pun menelusuri jejaknya dan menemukannya bersembunyi di sebuahu kompleks. Alih-alih menemukan seorang teroris yang kejam, Iron Man justru bertemu seorang aktor bernama Trevor Slattery (Ben Kingsley). Aktor itu menyamar sebagai Mandarin.

Mandarin bakal menjadi salah satu tokoh pusat di Shang-Chi. Dia adalah pemimpin organisasi kriminal Ten Rings. Mandarin adalah julukan bagi Wenwu yang memimpin Ten Rings di film Shang-Chi. Wenwu yang diperankan Tony Leung di film ini adalah ayah Shang-Chi. Sebagai Mandarin, Wenwu juga bisa memakai kekuatan 10 cincin atau yang di MCU diubah menjadi gelang yang dipakai di kedua tangannya, dengan 5 gelang di masing-masing tangan. Di komik, Mandarin mengenakan cincin itu di 10 jari tangannya.

Baca Juga: Shang-Chi Ungkapkan Koneksi Penjahat Marvel Mandarin di MCU

4. All Hail the King
4 Film yang Harus Ditonton Sebelum Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings

Film berdurasi 13 menit ini adalah one shoot movie yang tayang di Disney+. Film ini mengangkat kisah pendek tentang Trevor Slattery (Ben Kingsley) setelah dia ditangkap di Iron Man 3. Dari film itu diketahui kalau Trevor mendekam di Seagate Penitentiary. Di penjara itu, dia cukup dihormati. Namun, seorang pria yang mengaku jurnalis datang mewawancarainya. Dia ternyata adalah anggota Ten Rings. Kepada Trevor, dia mengatakan kalau Mandarin asli ingin nama itu kembali padanya.

Film ini punya kaitan langsung dengan Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings. Di film ini, Ben Kingsley dijadwalkan kembali muncul sebagai Trevor Slattery. Kemunculan ini adalah kejutan tersendiri karena Marvel atau Disney tidak pernah mengumumkannya. Meski begitu, kehadirannya di film ini dirasa masuk akal karena selama ini para penonton tahu kalau Trevor adalah Mandarin palsu dari Iron Man 3. Belum diketahui plot untuk Trevor di Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings.



(alv)
Share: