3 Hal yang Perlu Disiapkan sebelum Kamu Ikut Ospek Daring

Senin, 23 Agustus 2021 - 21:31 WIB
loading...
3 Hal yang Perlu Disiapkan sebelum Kamu Ikut Ospek Daring
Mengikuti ospek daring bagi mahasiswa baru tetap harus dipersiapkan dengan matang. Foto/Andrea Piacquadio, Pexels
A A A
JAKARTA - Tahun ini, tampaknya berbagai universitas tetap harus menjalankan ospek secara daring alias ospek online . Tentunya, ini membuat mahasiswa baru harus bisa beradaptasi dengan kebiasaan ini.

Meski begitu, melaksanakan ospek di rumah karena masa pandemi masih berlangsung harus tetap dipersiapkan secara matang. Berikut tiga hal yang mesti kamu persiapkan sebagai mahasiswa baru.

1. TEMPAT YANG NYAMAN

3 Hal yang Perlu Disiapkan sebelum Kamu Ikut Ospek Daring

Foto: Nappy/Pexels

Ospek biasanya dilakukan dari pagi hingga sore dengan istirahat sebentar untuk makan siang dan istirahat. Mayoritas acara ospek adalah sambutan, pidato, ataupun materi yang diberikan oleh narasumber. Maka dari itu tempat yang nyaman harus dipersiapkan agar setelah ospek selesai, kamu tidak mengalami sakit pinggang. Meski begitu, kamu juga tidak boleh dalam pisisi yangn amat sangat nyaman karena bisa-bisa kamu malah ketiduran saat ospek.

waktu penyelenggaraan ospek sudah diatur dalam aturan Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016, yaitu bahwa ospek dimulai pukul 07.00 dan berakhir paling lama pukul 17.00. Jika kampus menetapkan waktu yang lebih panjang, maka hal ini bisa dilaporkan.

Baca Juga: 5 Tips untuk Mahasiswa Baru Memulai Pertemanan Saat Ospek Daring

2. MANAJEMEN WAKTU

3 Hal yang Perlu Disiapkan sebelum Kamu Ikut Ospek Daring

Foto: Pixabay

Sebelum ospek, biasanya mahasiswa baru akan diberikan beberapa tugas yang sangat beragam, mulai dari mengunggah video, twitbon, atau melakukan hal kreatif lainnya. Tidak jarang mahasiswa baru kewalahan untuk mengerjakan tugas yang bahkan belum pernah mereka pelajari. Sehingga mahasiswa baru dituntut untuk mempelajari hal tersebut untuk dapat menyelesaikan tugasnya.

Manajemen waktu menjadi hal yang sangat penting, agar semua tugas bisa selesai tepat waktu. Aturan mengenai tugas sebenarnya juga sudah diatur dalam Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 yang menjelaskan beberapa poin yang tidak boleh dijadikan tugas. Salah satu yang dilarang dalam aturan tapi masih sering ada adalah pembuatan papan nama (nametag) dengan bentuk yang aneh dan menyulitkan.

Baca Juga: 10 Skills Ini Paling Dibutuhkan Di Tahun 2025, Kamu Punya Enggak?

3. MENGGALI BANYAK INFORMASI

3 Hal yang Perlu Disiapkan sebelum Kamu Ikut Ospek Daring

Foto:Ahmad Suryo Pranoto/Flickr

Tidak dapat dimungkiri informasi dalam dunia digital sangat mudah didapatkan. Namun karena itu juga banyak terjadi simpang siur informasi. Bahkan terkadang ada saja berita bohong yang tidak diketahui sumbernya, tapi tiba-tiba sudah menyebar.

Hal di atas menjadikan mahasiswa baru harus pandai menggali dan memilah informasi yang ada. Selain harus mendapatkan info yang valid dan tidak menyebarkan berita bohong, mahasiswa baru juga dituntut untuk berpikir kritis.

Wulan Sari
Kontributor GenSINDO
Universitas Pendidikan Indonesia
Instagram: @wulansari_239
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4649 seconds (0.1#10.140)