7 Keanehan dalam Plot Film 'F9: The Fast Saga'

Jum'at, 16 Juli 2021 - 20:48 WIB
loading...
7 Keanehan dalam Plot Film F9: The Fast Saga
Film F9 The Fast Saga punya beberapa keganjilan dalam ceritanya. Foto/Universal Pictures
A A A
JAKARTA - Seri “Fast and Furious” kesembilan yang berjudul “F9: The Fast Saga” mencatat kesuksesan secara global meski tayang di tengah pandemi.

Film yang disutradarai Justin Lin dan ditulis oleh Chris Morgan dan Daniel Casey ini memberikan sentuhan berbeda dengan memasukkan beberapa sisi absurditas dan detail-detail baru. Dengan maksud ingin memberikan warna yang berbeda untuk seri film barunya, justru menurut beberapa pnecinta film hal tersebut memunculkan kesalahan kontinuitas dalam plotnya.

Misalnya seperti adegan Dom berhasil meruntuhkan bunker beton di kepalanya, lalu ia terjatuh ke genangan air. Para penonton bertanya-tanya bagaimana hal tersebut bisa terjadi. Pemasukan unsur baru seperti adegan Roman dan Tej berhasil menemukan stasiun luar angkasa internasional pun terlihat sedikit tidak masuk akal.

Beberapa adegan “F9" pun dinilai kurang bisa dimaafkan karena plot-plot yang terkesan seperti hilang akibat kesalahan kontinuitas yang berbenturan dengan konsistensi seri film lainnya. Berikut ini beberapa kesalahan dalam plot film “F9: The Fast Saga” mengutip dari Screenrant .

1. MENGAPA DOM TIDAK PERNAH BERCERITA TENTANG JAKOB?

7 Keanehan dalam Plot Film 'F9: The Fast Saga'

Foto: Universal Pictures

Salah satu lubang kesalahan terbesar dalam film ini adalah pengenalan tokoh baru Jakob Toretto (John Cena), yang ternyata merupakan saudara laki-laki Mia dan Dom. Dalam seri sebelumnya Jakob tidak pernah sekali pun disebut, tapi kemunculannya datang secara tiba-tiba dan berlawanan pendapat dengan saudaranya sendiri, Dom.

Alur cerita terkait keluarga Dom hanya dibahas bahwa dia punya saudara kandung perempuan, yakni Mia yang ikut bekerja sama dengannya. Banyak penggemar film ini menganggap keberadaan Jakob sebagai lubang pada plot “F9".

Satu-satunya hal yang bisa dijadikan untuk kesalahan ini adalah bahwa Dom yang bertentangan moral dengan Jakob membuatnya menganggap Jakob telah mati, tidak pernah ada, ataupun bukan anggota keluarga yang berarti baginya.

2. DI MANA IBU DOM, MIA, DAN JAKOB?

7 Keanehan dalam Plot Film 'F9: The Fast Saga'

Foto: Universal Pictures

Dalam “F9" banyak muncul kilas balik masa muda Dom, Mia, dan Jakob. Namun, pada adegan-adegan tersebut tak satu pun terlihat ibu kandung ketiga bersaudara tersebut. Sama seperti Dom yang tak pernah menyebutkan Jakob dalam seri sebelumnya, keberadaan ibu kandung Dom, Mia, dan Jakob juga tak pernah sekali pun dibahas bahkan dalam film ini.

Dalam"F9" ketiganya seakan-akan dibiarkan hidup dan berjuang sendiri tanpa didampingi seorang ibu. Diasumsikan Jack Toretto adalah orang tua tunggal pada saat kematiannya.

3. BAGAIMANA MR. NOBODY MENANGKAP CIPHER?

7 Keanehan dalam Plot Film 'F9: The Fast Saga'

Foto: Universal Pictures

Cipher (Charlize Theron) diceritakan lolos dari penangkapan dalam “The Fate of The Furious” dengan melompat dari pesawat mata-mata. Akan tetapi dalam “F9" Cipher diselamatkan dari penjara Mr. Nobody oleh Jakob. Pada film ini dikatakan bahwa Cipher ditangkap antara seri delapan dan sembilan, tapi cara penangkapan itu tidak dijelaskan dan menimbulkan pertanyaan.

Kurangnya penjelasan terkait penangkapan Cipher oleh Mr. Nobody yang tidak ditampilkan menjadi kesalahan plot pada seri kesembilan. Pada seri kedelapan, Cipher diperlakukan seperti seorang penjahat yang memiliki keterampilan teknologi dan senjata canggih membuatnya hampir tidak mungkin ditemukan ataupun ditangkap.

Fakta bahwa Mr. Nobody punya akses ke teknologi canggih yang serupa memang bisa membuat penangkapan tersebut logis, tetapi tetap saja caranya tak pernah ditampilkan dalam film tersebut.

Baca Juga: Ini Alasan Han Lue Sering Terlihat Ngemil dalam Scene 'Fast & Furious'

4. DI MANA NEELA DARI "TOKYO DRIFT"?

7 Keanehan dalam Plot Film 'F9: The Fast Saga'

Foto: Universal Pictures

Hampir sebagian besar pemeran dalam “The Fast and The Furious: Tokyo Drift” kembali, kecuali Neela yang memainkan peran utama dalam film ketiga seri “Fast & Furious” tersebut. Jangankan muncul, bahkan namanya tidak disebut oleh teman-temannya.

Rentang waktu antara film ketiga dan kesembilan memang panjang. Bisa jadi Neela sudah tidak berhubungan dengan geng Tokyo Drift. Namun, tetap aneh dan terkesan sebagai plot yang hilang bahwa Neela tak disebut sama sekali.

5. MENGAPA MR. NOBODY TIDAK PERNAH MEMBERI TAHU DOM TENTANG HAN?


7 Keanehan dalam Plot Film 'F9: The Fast Saga'

Foto: Universal Pictures

Mr. Nobody memalsukan kematian Han dan ini terasa kurang masuk akal mengingat Han berada di bawah pantauan Mr. Nobody yang punya akses keamanan sangat luas. Apa yang membuat Mr. Nobody tidak memberitahukan Dom bahwa sahabatnya masih hidup? Karena toh, Han sebenarnya tak pensiun juga dari pekerjaannya.

6. MENGAPA HOBBS TIDAK MEMBANTU DOM?

7 Keanehan dalam Plot Film 'F9: The Fast Saga'

Foto: Universal Pictures

Salah satu yang juga dipertanyakan oleh para penikmat seri ini adalah ketidakmunculan Luke Hobbs (Dwayne Johnson) yang telah menjadi pemain utama pada seri film kelima.

Memang disebutkan bahwa di luar layar ada perseteruan antara Dwayne Johnson dan Vin Diesel yang menolak berperan bersama dalam film ini. Namun, semestinya ada penjelasan mengapa Hobbs yang acapkali membantu Dom dan rekannya tak muncul dalam film ini.

Ada kemungkinan yang dapat digunakan, yaitu bahwa Mr. Nobody mengatakan mereka untuk tidak memercayai orang lain, tetapi Hobbs pada dasarnya adalah bagian dari keluarga dalam cerita tersebut.

Baca Juga: 7 Film tentang Kompetisi Laga, Dijamin Seru!


7. DI MANA BRIAN?

7 Keanehan dalam Plot Film 'F9: The Fast Saga'

Foto: Universal Pictures

Mungkin pertanyaan tentang keberadaan Brian yang dikisahkan tidak melanjutkan pekerjaan bersama Dom dan teman-temannya memang bukan plot hilang yang menimbulkan dampak besar. Namun, cukup menarik dibahas. Pada seri ketujuhnya Brian O’Conner yang diperankan Paul Walker seolah-olah menempuh jalan berbeda dan tak lagi membantu aksi Dom secara langsung akibat kematian Paul Walker saat pembuatan film.

Menurut sebagian penikmatseri “Fast & Furious”, menyusun kembali karakter dan menyusun latar belakang tentang keberadaan Brian selama ini dirasa sedikit kurang tepat, tapi bisa menjadi hal yang menarik. Ketidakhadiran Brian bahkan di meja makan saat seluruh geng Dom berkumpul tampaknya pada suatu saat nanti perlu diberikan penjelasan secara khusus.

Vanessa Ashriana
Kontributor GenSINDO
Universitas Indonesia
Instagram: @vanessaashriana
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2224 seconds (0.1#10.140)