Teori: Kang the Conqueror Adalah Salah Satu Varian Loki

Teori: Kang the Conqueror Adalah Salah Satu Varian Loki
Kang the Conqueror disebut sebagai dalang peristiwa di serial Loki. Namun, identitasnya belum diketahui. Satu teori menyebut, Kang adalah varian Loki. (KOMBO)
Kang the Conqueror mungkin adalah penjahat rahasia di serial Loki . Namun, dia bisa jadi varian lain Loki. Banyak yang sudah menduga dari awal kalau Kang bakal debut di Marvel Cinematic Universe (MCU) di serial ini sebelum penampilannya di Ant-Man and the Wasp: Quantumania . Sekarang, sepertinya teori tentang penjahat penjelajah waktu Avengers itu memang benar.

Ant-Man 3, salah satu film akhir di Fase 4 , akan memperkenalkan Kang the Conqueror. Dia adalah penjahat paling penting Avengers yang belum digunakan MCU. Dengan mempertimbangkan betapa pentingnya dia di komik, ada peluang kuat kalau—pendekatan yang sama dilakukan dengan Thanos—Marvel akan membangunnya secara perlahan dan memberinya sudut cerita lebar yang membentang jauh dari satu film. Karena Loki adalah serial tentang penjelajahan waktu, maka mungkin saja kalau serial Disney+ ini aka menjadi peluang terbaik untuk itu. Beberapa orang yakin kalau Marvel berencana memberikannya sebuah cameo di adegan pascakredit sebagai penjelajah waktu yang mendapatkan untung dari kekacauan di TVA. Sementara, yang lain menduga kalau Kang akan muncul sebagai dalang semuanya.

Baca Juga: Kang the Conqueror, Calon Penjahat Utama di MCU yang Misterius

Kemunculan Kang di serial ini terasa sangat mungkin setelah Loki dan Sylvie menemukan kebenaran tentang Time-Keepers yang ternyata hanyalah android. Di episode 5, mereka menemukan kastil rahasia di The Void. Inilah yang membuat para penggemar yakin kalau Loki akan berteu Kang. Ini bisa saja terjadi. Namun, ini adalah serial MCU dan Marvel sering kali memberi petunjuk menyesatkan. Bisa saja Kang di Loki ini adalah varian Loki. Apa alasannya? Dikutip dari ScreenRant, berikut ulasannya!

1. Identitas rahasia Kang di komik Marvel
Teori: Kang the Conqueror Adalah Salah Satu Varian Loki

Kang merupakan salah satu penjahat terbesar di Semesta Marvel. Namun, cerita asal usulnya diselubungi misteri sampai saat ini. Sebagai sebuah karakter yang selalu mengenakan helm, wajahnya jarang terlihat dan Avengers hanya tahu sedikit tentang siapa sejatinya Kang atau bagaimana dia bisa menjadi penjelajah waktu yang berpengalaman. Siapa yang berada di balik topeng itu, Marvel mengonfirmasi kalau nama asli Kang adalah Nathaniel Richards. Namun, sampai saat ini, mereka belum banyak mengungkap detil tentang kisah latar belakangnya. Dia punya nama belakang yang sama dengan Reed Richards alias Mr Fantastic. Hubungan keduanya pun pastinya bukanlah sebuah kebetulan. Asumsi yang beredar saat ini adalah Kang adalah keturunan langsung Mr Fantastic. Namun, ada cerita yang secara genetis mengaitkannya dengan karakter lain Marvel, yaitu Doctor Doom. Dia mungkin terkait penguasa Latverian itu, tapi belum ada bukti konkret kalau ada kaitan darah antara keduanya di komik Marvel.

2. MCU bisa mengubah identitas Kang
Teori: Kang the Conqueror Adalah Salah Satu Varian Loki

Siapakah Kang the Conqueror versi MCU? MCU bisa mengikuti komik dan membuatnya sebagai Nathaniel Richards. Namun, ini adalah situasi yang membuat Marvel tidak perlu melakukannya. Apalagi, pengungkapan seperti itu punya sedikit kepentingan pada status MCU dan karakternya saat ini. Apakah Mr Fantastic atau Doctor Doom diperkenalkan saat ini atau tidak, itu sama sekali tidak relevan saat ini. Ant-Man and the Wasp: Quantumania akan tayang pada Februari 2023 dan film Fantastic Four MCU belum punya tanggal rilis dengan 28 Juli 2023 sebagai tanggal paling cepat. Koneksi Mr Fantastic atau Doctor Doom bisa pas sebagai Easter Egg atau setup untuk perkenalan mereka tapi hanya sedikit menambah karakternya.

Selain itu, wajah di balik topeng tidaklah penting bagi identitas Kang di komik. Nama asli Kang memang Nathaniel Richards, tapi tidak sering disinggung. Ini karena cerita latar dan asal usulnya tidak pernah menjadi fokus pada siapa dia. Apapun dia sebelumnya dan siapa yang terkait dia biasanya tidak dieksplorasi karena tidak penting. Di komik, dia didefinisikan oleh identitas Kang the Conqueror-nya, makanya dia selalu mengenakan helmnya. Jadi, karena tidak perlu bagi Kang sebagai Nathaniel Richards di MCU, Marvel bisa mengubah identitasnya agar pas dengan arah mereka dan karakter yang saat ini mengisi semestanya.

Baca Juga: Menguak Misteri Istana dan Penghuninya di Akhir Episode 5 Loki

3. Varian Loki bisa menjadi Kang the Conqueror-nya MCU
Teori: Kang the Conqueror Adalah Salah Satu Varian Loki

Kang the Conqueror di MCU bisa jadi pahlawan atau penjahat yang sudah dikenal, mungkin berasal dari linimasa berbeda. Ini munkin karena varian Loki yang ada di serial Loki. Sepanjang perjalanan serial ini, Loki telah bertemu banyak wujud dirinya, termasuk Sylvie, Loki Klasik, Kid Loki, Loki Sombong, Loki Aligator dan Presiden Loki. Dari semua itu, hanya yang terakhir yang juga diperankan Tom Hiddleston—pemeran Loki asli. Ini membuktikan kalau pemeran Kang di MCU, Jonathan Majors, bisa memainkan versi lain Loki, dengan mengabaikan fakta kalau mereka sama sekali tidak mirip.

Kalau benar begitu, Marvel bisa menjelaskan bagaimana varian Loki versi Jonathan ini menjadi Kang the Conqueror-nya MCU. Ini bisa jadi versi lain TVA juga ada, tapi mereka diambil alih Loki versi Jonathan ini. Dia juga bisa menjadi sandera yang dipaksa bekerja untuk mereka, tapi akhirnya menemukan jalan untuk menggulingkan mereka. Setelah itu, Loki mengambil alih TVA dan menanggalkan identitas Asgardian-nya untuk identitas baru. Setelah melakukan penjarahan di aktivitas penjelajahan waktunya, dia menyelesaikan transformasinya sebagai penjahat baru, yaitu Kang the Conqueror. Dengan begitu, scenario ini terasa seperti akan memberikan versi akhir Loki MCU, yang menghidupkan titelnya sebagai Dewa Pembuat Onar dengan cara yang luar biasa yang membawa arti baru bagi status kedewaannya. Loki telah mengatur banyak skema di masa lalu, tapi mengendalikan TVA dan Linimasa Keramat akan menjadi yang terbesar. Sebagai master tipuan, Loki mungkin harus melakukan apa yang perlu untuk membodohi semua orang di TVA.

Apalagi, Loki ini berumur panjang, yang menjadi alasan lain mengapa bakal pas dengannya menjadi Kang the Conqueror. Kekuasaan Nathaniel Richards akan terbatas oleh masa hidup manusia yang pendek, tapi masa hidup Raksasa Beku seperti Loki akan memberinya waktu yang dia butuhkan untuk mengambil alih organisasi itu secara perlahan dan mengendalikannya dari bayang-bayang selama berabad-abad. Kalau Marvel mengambil jalan ini, maka mereka bisa maju di Ant-Man 3 dengan memperlihatkan kalau Loki telah berevolusi dari satu penjahat Marvel menjadi penjahat lain yang lengkap dengan tujuan dan ide baru.


(alv)
Share: