Diam-Diam Marvel Sedang Membangun Tim Dark Avengers di MCU

Diam-Diam Marvel Sedang Membangun Tim Dark Avengers di MCU
Adegan pascakredit Black Widow semakin meyakinkan kalau Marvel diam-diam sedang membangun tim Dark Avengers di MCU setelah perkenalan Valentina dan US Agent. (YouTube)
Sejak The Falcon and the Winter Soldier tayang di Disney+, penggemar mulai menerka-nerka apa yang sedang dibangun Marvel untuk masa depan Marvel Cinematic Universe (MCU) . Salah satu teori yang mengemuka saat itu adalah adanya tim Dark Avengers di MCU. Teori ini didasarkan pada kemunculan US Agent, John Walker . Kini, teori itu kian menguat dengan dirilisnya film Black Widow .

PERINGATAN: Artikel ini mengandung spoiler adegan pascakredit film Black Widow yang sedang tayang di bioskop. Kalian sudah diperingatkan!

Munculnya Valentina Allegra de Fontaine yang diperankan Julia Louis-Dreyfus di The Falcon and the Winter Soldier mengindikasikan pembentukan tim tersebut. Di serial itu, Valentina sibuk merakit sebuah tim untuk motif yang belum diketahui. Meskipun itu bukan sebuah tim, dia jelas sedang merekrut agen untuk kepentingan dirinya sendiri. Di serial itu, Valentina sukses merekrut John Walker. John yang kecewa setelah dipecat sebagai Captain America sepertinya jatuh dalam pesona ide Valentina. Dia memutuskan untuk me-rebrand dirinya sendiri dengan persetujuan Valentina sebagai US Agent.

Baca Juga: The Falcon and the Winter Soldier Bangun Thunderbolts di MCU



US Agent adalah salah satu anggota Dark Avengers. Tentu, dia bukanlah satu-satunya. Masih ada sederet orang kuat lain di ranah Marvel yang menjadi anggota tim ini. Valentina pun sepertinya terus merekrut anggota-anggotanya. Setelah US Agent, Valentina membidik orang lain yang mungkin bakal bertindak sebagai Black Widow di Dark Avengers. Dia adalah Yelena Belova.
Diam-Diam Marvel Sedang Membangun Tim Dark Avengers di MCU

Di adegan pascakredit Black Widow, Valentina pergi menemui Yelena yang sedang mengunjungi makam Natasha Romanoff. Di Avengers: Endgame , Natasha mengorbankan dirinya di Vormir agar Clint Barton bisa pulang ke linimasa mereka membawa Batu Jiwa. Di pemakaman itu, Valentina memberi tugas kepada Yelena untuk membunuh Clint. Menurut Valentina, Clint adalah orang yang paling bertanggung jawab atas kematian Natasha. Yelena telah dijadwalkan tampil di serial Hawkeye yang akan ditayangkan Disney+ nanti.

Dark Avengers adalah tim kedua yang diduga dibangun Marvel secara diam-diam di MCU. Sebelumnya, mereka dikabarkan sedang membangun Thunderbolts. Tim ini mirip Suicide Squad . Dia terdiri atas para penjahat yang dipaksa melakukan kebaikan. Indikasi kuat keberadaan Thunderbolts adalah munculnya Baron Zemo.
Diam-Diam Marvel Sedang Membangun Tim Dark Avengers di MCU

Sementara, Dark Avengers merupakan tim yang mirip Thunderbolts. Hanya, para anggotanya memiliki karakter yang mengadopsi para superhero anggota Avengers. Menurut ComicBook, tim ini diciptakan Brian Michael Bendis dan Mike Deodato Jr. Tim ini kali pertama tampil di komik Dark Avengers #1 pada 2009 dan berjalan lebih dari 4 tahun. Dark Avengers dibentuk Norman Osborn. Awalnya, tim ini terdiri atas Captain Marvel (Noh-Varr), Ms Marvel (Moonstone), Venom (Mac Gargan/Scorpion), Hawkeye (Bullseye), Wolverine (Daken), Sentry, dan Ares. Norman kemudian mengombinasikan Captain America dan Iron Man menjadi Iron Patriot. Kostum ini dia pakai sendiri.

Yang menarik, Black Widow menampilkan ThunderBolt Ross. Hingga saat ini, belum jelas apakah Valentina bekerja untuk ThunderBolt atau dirinya sendiri. Selain itu, dalam waktu dekat akan terlihat kalau Marvel sedang membuat tim antiheronya. Apakah itu Thunderbolts atau Dark Avengers harus dilihat.

Baca Juga: Sam Wilson Akhirnya Sahih Jadi Captain America Baru MCU

Di komik, Norman membentuk Dark Avengers setelah Secret Invasion. Serangan Skrull membuat dunia kacau balau dan menyebabkan bubarnya Avengers. Setelah itu, Norman mendapatkan kekuatan yang luar biasa, termasuk mengawasi SHIELD dan Thunderbolts. Selain mem-branding ulang SHIELD sebagai HAMMER dan Thunderbolts, dia jjuga membuat dirinya merakit tim baru yang terdiori atas orang-orang kuat sebagai Avengers. Ini termasuk mantan anggota Thunderbolts seperti Bullseye, Moonstone dan Venom serta mantan anggota Avengers seperti Sentry dan Ares. Dia juga membawa putra Wolverine, Daken, dan Noh-Varr ke tim itu. Norman menjadi anggota tim ini sebagai Iron Patriot. Tim Dark Avengers ini masih jauh untuk direalisasikan ke layar lebar. Namun, tim ini sedang dibangun.
Diam-Diam Marvel Sedang Membangun Tim Dark Avengers di MCU

Dengan status Avengers masih dipertanyakan setelah Avengers: Endgame, Marvel sepertinya tertarik membangun tim super baru di Fase 4 MCU . Saat ini, Marvel diketahui sedang membuka jalan untuk pembentukan Young Avengers. Rumor lain menyebut, studio itu sedang membuat tim Illuminati dan Thunderbolts. Kalau Dark Avengers adalah bagian dari masa depan MCU, tidak heran kalau Yelena direkrut.

Perkenalan Valentina dan debut US Agent adalah batu loncatan bagi terbentuknya Dark Avengers di MCU. Sementara para penggemar bisa mendebat apakah ini akan berakhir dengan Thunderbolts atau Dark Avengers, tidak bisa dimungkiri jika tim yang tidak terlalu heroik sedang dalam rencana. Ini artinya, akan banyak karakter yang saat ini dan masa depan yang direkrut untuk tim ini.


(alv)
Share: