Selain 'Racket Boys', Ini Drama-Drama SBS yang Menuai Kontroversi

Jum'at, 18 Juni 2021 - 18:17 WIB
loading...
Selain Racket Boys, Ini Drama-Drama SBS yang Menuai Kontroversi
Drama-drama SBS kerap kali mendapat kritikan atas kontennya, bahkan ada yang sampai dihentikan penayangannya. Foto/SBS
A A A
JAKARTA - Saat ini, salah satu drama dari SBS TV, yaitu " Racket Boys " sedang menuai kontroversi. Pasalnya, mereka dianggap melecehkan Indonesia saat menjadi tuan rumah ajang bulu tangkis internasional.

Hal itu lantas membuat warganet Indonesia protes. Bahkan kini rating drama itu di Google turun drastis hingga 6%. Menjawab keluhan warganet, SBS pun menyampaikan permintaan maafnya.

Namun, warganet tetap tidak terima karena mereka mengutarakan permintaan maafnya hanya lewat kolom komentar. Menurut warganet, hal tersebut tampak tidak tulus.

SBS adalah salah satu stasiun televisi nasional asal Korea Selatan yang sangat terkenal. Beberapa tahun terakhir, SBS juga mengeluarkan drama-drama yang disukai banyak orang.

Sayangnya, beberapa di antaranya pernah juga menuai kritik dan kecaman baik dari warganet lokal, maupun internasional. Namun, sepertinya SBS tidak belajar dari kesalahan drama-drama sebelumnya.

Baca Juga: 3 Alasan Scene ‘Racket Boys’ di Istora Senayan Menyakitkan buat Suporter Bulu Tangkis Indonesia

Berikut adalah beberapa drama SBS yangpernah menuai kontroversi.

1. THE PENTHOUSE

Selain 'Racket Boys', Ini Drama-Drama SBS yang Menuai Kontroversi

Foto: SBS

Drama ini membuat pemeran Cheon Seo-jin (Kim So-yeon) mendapatkan penghargaan Baeksang ke-57 sebagai aktris terbaik. Namun drama ini menuai kontroversi karena banyak adegan di dalamnya yang dianggap tak masuk akal.

Mulai dari orang meninggal tiba-tiba hidup kembali, penempatan iklan produk yang terlalu berlebihan, sampai yang terbaru adalah cultural appropriation (CA) yang ditampilkan oleh karakter Alex Lee (Park Eun-seok).

Sang penulis naskah, Kim Soon-ok bahkan mengakui kalau alur naskahnya memang tidak realistis. Saat proses kreatifnya, ia mengaku saat menulis ttiba-tiba terlintas di pikirannya untuk menulis jalan cerita karakter yang sudah mati.

Selain itu, CA yang dilakukan oleh karakter Alex Lee membuat warganet geram. Pasalnya, SBS tidak belajar dari kesalahan saat "Backstreet Rookie" juga dikecam karena hal yang sama.

Pada musim terbaru, Alex diceritakan sebagai saudara kembar identik Logan. Ia berdandan bak orang Afrika-Amerika, yaitu punya rambut gimbal dan tato di seluruh badan. Selain itu gaya bicaranya sangat ofensif dan kasar.

Menjawab hal itu, Park Eun-seok pun meminta maaf secara pribadi. Namun, hingga artikel ini terbit SBS belum mengeluarkan pernyataan resmi.

2. BACKSTREET ROOKIE

Selain 'Racket Boys', Ini Drama-Drama SBS yang Menuai Kontroversi

Foto: SBS

Drama yang dibintangi bintang-bintang populer, yaitu aktris Kim Yoo-jung dan aktor Ji Chang-wook, ini juga menuai banyak kontroversi. Ratingnya pun tak terlalu cemerlang, yaitu rata-rata rating 6,3% untuk dua episode terakhirnya.

Drama ini dinilai mengandung adegan yang tidak cocok untuk penonton di bawah umur. Namun, SBS mengkategorikannya sebagai drama keluarga dan tidak ada peringatan rating umur yang sesuai.

Selain itu, drama ini juga penuh dengan adegan remaja yang tidak pantas. Siswi SMA digambarkan suka merokok, berkelahi dengan orang dewasa, dan senang mencium orang yang lebih tua.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1351 seconds (0.1#10.140)