5 Gim Pertarungan yang Ditunggu untuk Diadaptasi ke Film setelah 'Mortal Kombat'

Senin, 07 Juni 2021 - 16:01 WIB
loading...
5 Gim Pertarungan yang Ditunggu untuk Diadaptasi ke Film setelah Mortal Kombat
Beberapa gim pertarungan punya modal cerita yang bagus untuk diadaptasi menjadi film laga modern. Foto/Capcom
A A A
JAKARTA - Keberhasilan film “Mortal Kombat" (2021) telah menciptakan banyak peluang untuk mengadaptasi gim pertarungan (fighting)lainnya ke dalam format film.

Film " Mortal Kombat " telah menduduki puncak box office yang sampai saat ini masih dalam masa pemulihan akibat pandemi. Selain di bioskop, film yang dibintangi Joe Taslim ini juga tayang di HBO Max.

Di luar "Mortal Kombat", sebenarnya ada juga gim fighting lainnya yang punya kualitas setara dengan komik superhero. Seperti alam semesta Marvel dan DC, gim fighting menampilkan sejumlah besar karakter yang datang dari beragam bangsa dan ras dengan gaya pertarungan khasnya masing-masing.

Alur cerita gim pertarungan yang pasti juga cocok dijadikan film aksi modern yang selalu menarik banyak kalangan. Seperti komik superhero, gim pertarungan sering kali menampilkan kontinuitas yang kompleks karena punya banyak ending dan penceritaan yang berulang.

Semua faktor ini menjadikan gim pertarungan sebagai bahan yang bagus untuk diadaptasi ke dalam film atau serial TV. Nah, lima gim pertarungan berikut ini menggabungkan karakter ikonik dengan pendekatan berbeda terhadap alur cerita turnamen pertarungan.

1. STREET FIGHTER

5 Gim Pertarungan yang Ditunggu untuk Diadaptasi ke Film setelah 'Mortal Kombat'

Foto:Capcom

"Street Fighter" merupakan salah satu gim pertama yang menciptakan genre pertarungan. Dikembangkan oleh Capcom, gim ini punya beragam karakter ikonik yang tidak kalah menarik dengan gim "Mortal Kombat", seperti Ryu, Ken, dan Chun-Li serta penjahat seperti M. Bison dan Akuma.

Dalam seri kelimanya, "Street Fighter" masih punya fanbase terbesar dan paling beragam dari semua gim video. Dengan karakter baru yang terus diperkenalkan, kisah dalam serial ini menampilkan turnamen yang menyatukan seniman bela diri dari seluruh dunia dengan motivasi jahat.

Sebelumnya, film "Street Fighter" (1994) dianggap mengecewakan banyak penggemar karena tidak menampilkan banyak karakter utama karena cuma berfokus kepada seorang tentara amerika, Guile. Selain itu, film "Street Fighter : The Legend of Chun-Li" (2009) yang tidak cukup memenuhi ekspektasi penggemar.

2. THE KING OF FIGHTER

5 Gim Pertarungan yang Ditunggu untuk Diadaptasi ke Film setelah 'Mortal Kombat'

Foto:SNK Playmore

Seri "The King of Fighters" telah lama menjadi saingan "Street Fighter". Waralaba ini dicintai parapenggemar gim pertarungan karena menampilkan daftar karakter eksentriknya seperti Bartender, Bad Boy yang kerasukan, dan penyanyi pop dengan kekuatan super.

Tidak seperti kebanyakan saingannya, "The King of Fighters" berfokus pada pertarungan 3 lawan 3, dengan masing-masing tim mewakili negara yang berbeda. Inilah yang membuat adaptasi "King of Fighters" menjadi hit dunia dengan negara-negara seperti Brasil dan Korea ditampilkan dengan cara yang tidak biasa, berbeda dengan film Hollywood.

Seperti "Street Fighter", "The King of Fighters" juga sudah diadaptasi ke format lain, misalnya animasi yang dirilis pada 2010, tetapi film live-action beranggaran besar akan memperkenalkan karakter tersebut kepada audiens yang jauh lebih luas.

Baca Juga: Begini Tampilan Superhero Marvel Kalau Sesuai dengan Komiknya

3. SOULCALIBUR

5 Gim Pertarungan yang Ditunggu untuk Diadaptasi ke Film setelah 'Mortal Kombat'

Foto:Bandai Namco

"Soulcalibur" adalah salah satu gim pertarungan 3-D pertama, dan berbeda dari para pesaingnya karena berfokus pada pertarungan dengan senjata, bukan seni bela diri. Gim ini menceritakan kisah serangkaian prajurit dalam versi fantasipada akhir abad ke-16 dan awal abad ke-17 yang memperebutkan sepasang pedang ajaib.

Seri gim yang dikembangkan Bandai Namco ini telah dirilis di berbagai konsol hingga versi terbaru, "Soulcalibur VI" yang dirilis pada 2016. Sebuah film "Soulcalibur" pertama kali diumumkan pada tahun 2001 dengan Sammo Hung sebagai sutradara, tapi proyek tersebut tidak pernah selesai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1493 seconds (0.1#10.140)