5 Film dengan Jalan Cerita Unik, Bikin Ngeri hingga Gemas!

5 Film dengan Jalan Cerita Unik, Bikin Ngeri hingga Gemas!
Film Dogtooth punya premis cerita menarik tentang keluarga yang berlaku seperti anjing. Foto/Feelgood Entertainment
JAKARTA - Salah satu aspek yang membuat penonton tertarik untuk menyimak sebuah film adalah premis atau garis besar ceritanya yang menarik. Dengan cerita yang unik dan tidak biasa, penonton akan dibawa untuk fokus dan penasaran pada ceritanya.

Nah, berikut beberapa film yang punya cerita yang menarik, yang bisa kamu pilih untuk ditonton.

1. DOGTOOTH (2009)


5 Film dengan Jalan Cerita Unik, Bikin Ngeri hingga Gemas!

Foto: Feelgood Entertainment

"Dogtooth" atau yang dikenal juga dengan "Kynodontas" adalah film karya Yorgos Lathimos dengan genre drama thriller. Film asal Yunani berdurasi 97 menit ini berhasil meraih beberapa penghargaan, seperti Cannes Film Festival Prix Un Certain Regard dan Prix de la Jeunesse di Prancis.

Filmnya berkisah tentang sebuah keluarga yang terdiri dari sepasang suami istri dan tiga orang anak yang tinggal di sebuah rumah yang dikelilingi pagar. Ketiga anak itu menjalani kehidupan seperti di penjara dan tidak punya pengetahuan tentang dunia luar. Sepasang suami istri tersebut menerapkan pola asuh kepada ketiga anaknya layaknya mereka seekor anjing.

Perilaku mereka pun semakin nyeleneh, seperti saling menjilat saudara masing-masing. Mereka diajarkan bahwa kucing adalah makhluk berbahaya, maka mereka harus menggonggong dan merangkak untuk mengusir kucing itu. Putra lelakinya pun disuruh untuk memilih saudaranya untuk “dikawini”.

Kabarnya, film ini dibuat dengan maksud menyindir negara yang masih menggunakan sistem diktator dalam pemerintahannya.

2. ANTICHRIST (2009)

5 Film dengan Jalan Cerita Unik, Bikin Ngeri hingga Gemas!

Foto: Nordisk Film

Film ini dirilis di Festival Film Cannes 2009, dengan pemeran utama perempuannya Charlotte Gainsbourg, memenangkan penghargaan sebagai aktris terbaik. Film yang disutradarai dan ditulis oleh Lars von Trier ini mengusung empat genre, yaitu erotis, religi, psikologi, dan horor.

Film ini mengisahkan sepasang suami istri yang kehilangan anaknya akibat kecerobohan mereka sendiri. Sang ibu diketahui sangat depresi dan mulai takut akan segala hal. Perjuangannnya menggunakan jasa psikiater di rumah sakit pun tidak membuahkan hasil.

Sang suami berinisiatif untuk merawat istrinya di rumah saja. Lambat laun sang istri merasa bahwa seks dapat mengobati luka hatinya, mereka bahkan berhubungan di bawah pohon mati dengan jenazah manusia di sekelilingnya. Setelahnya banyak kejadian aneh yang mereka alami.

Baca Juga: 10 Film Laga Thriller Korea yang Mesti Kamu Tonton

3. THE LOBSTER (2015)

5 Film dengan Jalan Cerita Unik, Bikin Ngeri hingga Gemas!

Foto: A24

Sama dengan "Dogtooth", film ini juga disutradarai oleh Yorgos Lathimos, dengan durasi 119 menit. Film ini bergenre komedi, drama, romansa, fiksi ilmiah, dan thriller dengan rating dewasa.

Kisahnya tentang sebuah dunia yang melarang orang-orangnya jomlo atau tidak punya pasangan. Bagi mereka yang ketahuan jomlo, mereka harus tinggal di sebuah hotel selama 45 hari untuk mencari pasangan. Jika dalam waktu tersebut mereka tidak juga menemukan pasangan, mereka akan diubah menjadi binatang pilihan mereka sendiri.

David yang baru saja bercerai dengan sang istri turut berada di hotel tersebut. Syarat mereka dalam memilih pasangan adalah memiliki kesamaan dalam fisik. Hal itu dirasa sulit, termasuk David, maka ia bergabung dalam buronan jomlo yang tinggal di tengah hutan.

4. THE PERFECTION (2018)

5 Film dengan Jalan Cerita Unik, Bikin Ngeri hingga Gemas!

Foto: Netflix

Film ini pertama kali tayang di Festival Fantastic pada September 2018, kemudian ditayangkan di Netflix pada 24 Mei 2019. Film karya Richard Sephard yang berdurasi 90 menit ini bergenre horor dan thriller.

Film ini berkisah tentang seorang pemain cello berbakat bernama Charlotte yang harus keluar dari sekolah musik untuk mengurus ibunya yang sakit. Saat ibunya meninggal, ia kembali ke sekolah lamanya. Ia pergi ke Shanghai untuk bertemu gurunya yang lain.

Di Shanghai ia diperkenalkan dengan Elizabeth atau Lizzie. Mereka jadi dekat dan berencana berlibur ke salah satu tempat terpencil di China, di sana Lizzie sakit parah dan merasa di dalam tubuhnya ada hewan-hewan aneh.

Karena semakin banyak hewan aneh yang keluar dari tubuhnya, Lizzie menuruti perkataan Charlotte untuk memotong tangannya. Hal ini kemudian diketahui sebagai upaya Charlotte “menyelamatkan” Lizzie dari sekolah musiknya.

5. I’M THINKING OF THE ENDING THINGS (2020)

5 Film dengan Jalan Cerita Unik, Bikin Ngeri hingga Gemas!

Foto: Netflix

Film ini merupakan karya Charlie Kaufman yang bergenre drama thriller. Film berdurasi 134 menit ini dirilis pada 4 September 2020. Kisahnya cukup rumit dan sulit dimengerti.

Film ini berkisah tentang seorang gadis yang menjalin hubungan dengan seorang pria bernama Jake. Suatu hari ia diajak oleh Jake untuk berkunjung ke rumah orang tuanya. Dalam perjalanan, gadis ini selalu membayangkan akhir dari suatu kejadian. Semakin dekat dengan rumah Jake, ia merasa semakin aneh.

Baca Juga: 6 Film tentang Perselingkuhan, dari Drama hingga Thriller

Saat sampai di rumah, perempuan itu mendapat sambutan dari orang tua Jake. Ia menemukan bahwa tingkah laku orang tua Jake cukup aneh. Mulai dari cara tertawa sampai tingkah lakunya. Anjing peliharaan keluarga itu pun tidak bisa diam. Keanehan tidak berhenti di rumah orang tua Jake. Dia merasa keanehan di sekolah Jake masa kecil, kedai makanan, sampai di pengisian bahan bakar. Ia pun dibuat bingung akan segala hal.

Nika Halida Hashina
Kontributor GenSINDO
Universitas Indonesia
Instagram: @nikaha.ha


(ita)
Share: