Mengenal Agorafobia yang Ada dalam Film 'Woman in The Window'

Mengenal Agorafobia yang Ada dalam Film Woman in The Window
Amy Adams menjadi psikolog anak yang mengaku alami agorafobia dalam film Woman in The Window. Foto/Netflix
JAKARTA - Belum lama ini, Netflix mengeluarkan film berjudul "Woman In The Window" yang bergenre misteri thriller dan dibintangi Amy Adams.

Film ini menceritakan tentang seorang psikolog anak bernama Anna Fox yang berusaha meyelamatkan tetangganya dari pembunuhan, tapi ia mengaku terlalu takut keluar rumah karena agorafobia yang dimilikinya. Ia juga menjelaskan bahwa dirinya punya kecemasan berlebihan saat keluar rumah dan bisa tidak sadarkan diri. Anna mengatakan bahwa rumahnya adalah tempat yang paling aman.

Mengutip Health ,agorafobia adalah ketakutan dan kecemasan yang intens saat berada di tempat-tempat yang membuat seseorang susah untuk melarikan diri, atau bantuan mungkin tidak tersedia. Agorafobia adalah jenis gangguan kecemasan, dan sering dikaitkan dengan serangan panik.

Singkatnya, agorafobia terjadi karena kecemasan atau ketakutan yang berlebihan terhadap dunia luar dan bertemu orang banyak. Nah, kalau tidak segera diatasi, agorafobia bisa menjadi lebih buruk dari waktu ke waktu. Kondisi ini ditandai dengan ketakutan yang intens dalam situasi seperti pergi dari rumah sendirian, saat ada di mal, atau saat ada di transportasi umum dan menuju tempat keramaian lainnya.



Apakah agorafobia bisa diatasi? Bagaimana cara mengatasinya? Tentu saja bisa. Berikut empat cara mengatasi agorafobia sebelum semakin parah mengutip Happiful .

1. SEGERA AMBIL TINDAKAN

Mengenal Agorafobia yang Ada dalam Film 'Woman in The Window'

Foto: Pexels



Kamu harus berani mengambil langkah untuk mengatasi ketakutan ini, jangan menghindar dari rasa takutmu. Kamu bisa mengunjungi psikiater tepercaya atau kamu bisa menumbuhkan keberanianmu untuk keluar rumah. Semakin cepat kamu mengambil tindakan, semakin cepat juga kamu memegang kendali atas dirimu dan ketakutanmu.

Baca Juga: 6 Film tentang Perselingkuhan, dari Drama hingga Thriller

2. FOKUS PADA PIKIRAN POSITIF

Mengenal Agorafobia yang Ada dalam Film 'Woman in The Window'

Foto: Pexels

Kamu harus mengalihkan pemikiran negatif walaupun terasa sulit. Berusahalah untuk mengumpulkan pikiran-pikiran yang positif karena itu bisa mempengaruhi energi dan kondisi tubuhmu agar tingkat kecemasan dan kekhawatiranmu dapat berkurang.

3. LAKUKAN TERAPI EKSPOSUR

Mengenal Agorafobia yang Ada dalam Film 'Woman in The Window'

Foto: Pexels

Terapi eksposur diketahui adalah teknik untuk mengobati kecemasan dan fobia, yaitu dengan menempatkan seseorang pada sebuah situasi menakutkan, tapi dengan cara yang aman dan terkontrol. Mungkin terasa menakutkan, tapi metode ini bisa berguna untuk mengatasi agorafobia.

Baca Juga: Penjelasan Jenis-Jenis Zombi dalam Film 'Army Of The Dead'

4. LATIHAN BERNAPAS YANG BAIK

Mengenal Agorafobia yang Ada dalam Film 'Woman in The Window'

Foto: Pexels

Kekuatan napas tidak boleh diremehkan, jadi pelajarilah beberapa latihan pernapasan saat kamu mulai merasa panik. Latihan ini adalah cara yang efektif untuk tetap memegang kendali. Cobalah latihan '4,7,8': tarik napas melalui hidung hingga hitungan keempat, tahan napas selama tujuh hitungan, dan embuskan melalui mulut hingga delapan hitungan.

Arianti Widya Kusumastuti
Kontributor GenSINDO
IISIP Jakarta
Instagram: @Arwdy


(ita)
Share: