Penjelasan Jenis-Jenis Zombi dalam Film 'Army Of The Dead'

Penjelasan Jenis-Jenis Zombi dalam Film Army Of The Dead
Army of The Dead adalah cerita tentang tim tentara bayaran yang mesti bertarung dengan sekelompok zombi. Foto/Netflix
JAKARTA - Film zombi garapan Zack Snyder "Army of the Dead" sudah tayang di Netflix , dan menampilkan berbagai jenis zombi, termasuk beberapa yang sangat cerdas.

Film ini merupakan film pertama Snyder dengan Netflix, dan juga kembalinya dia ke genre zombi, setelah sebelumnya menggarap "Dawn of the Dead" pada 2004. Ceritanya adalah tentang Scott Ward (Dave Bautista) yang memimpin tim tentara bayaran ke Las Vegas yang dikerumuni zombi untuk misi mengambil ratusan juta dolar milik pengusaha Hiroyuki Sanada.

Tak hanya mengambil harta berharga, mereka juga harus bertarung dengan waktu karena Las Vegas yang sudah diisolasi dengan diberi tembok tinggi akan dijatuhi bom. Tentunya, ini juga termasuk bertarung dengan berbagai jenis zombi yang menguasai Las Vegas. Para zombi di sini sudah mengembangkan kecerdasannya dan bahkan tampaknya membentuk masyarakat, atau lebih tepatnya pasukan zombii.

Nah, buat kamu yang belum menonton "Army of The Dead" atau sudah menonton, tapi belum paham tentang jenis-jenis zombi dalam film ini, berikut penjelasannya.

1. ALPHA

Penjelasan Jenis-Jenis Zombi dalam Film 'Army Of The Dead'

Foto: Netflix

Perubahan terbesar dari film ini dari genre zombi yang khas adalah pengenalan zombi Alpha. Seperti yang terlihat dalam trailer dan dibahas oleh Snyder, Alpha merepotkan tim tentara bayarankarena jauh lebih cerdas daripada zombi pada umumnya. Mereka bahkan juga punya perasaan. Pokoknya, mereka lebih pintar, lebih cepat, dan terorganisir.

Ada pula hierarki di antara Alpha, termasuk di dalamnya yang tampak seperti raja dan ratu Alpha. Sang raja membawa tongkat kasar dan menunggang kuda. Snyder juga mengatakan adanya elite Alpha di antara gerombolan Alpha yang lebih besar. Snyder membandingkan Alpha dengan serigala

Secara filosofis , Snyder juga menambahkan bahwa dia ingin menciptakan ambiguitas moral tentang apakah manusia yang kita cintai dalam film tersebut melewati batas atau tidak. Film zombi masa lalu seperti "Land of the Dead" dan "Warm Bodies" mengeksplorasi gagasan tentang zombi yang mendapatkan kembali kecerdasan manusia mereka ke berbagai tingkat. Adapun "Army of the Dead" menghadirkan sudut pandang baru dari zombi cerdas yang tumbuh menjadi sebuah pasukan dan menjadi ancaman yang jauh lebih besar dari sebelumnya.

Film ini juga akan memperkenalkan pasien nol (zombi pertama) Zeus, yang menurut produser Wesley Coller bukanlah zombi tradisional dengan mengajukan pertanyaan ÔÇťapakah dia direkayasa secara genetik atau dia punya bagian asing di dalam dirinya". Zeus melarikan diri dari Area 51 dan memulai wabah. Sosoknya mirip raja Aplha. Saat dia menggigit seseorang, maka orang tersebut akan menjadi alfa. Tapi jika zombi lain yang menggigit orang tersebut, maka dia menjadi Shamblers.

Baca Juga: 8 Film Seru Bertema 'Lockdown', dari Horor Thriller hingga Komedi Satire


2. SHAMBLERS

Penjelasan Jenis-Jenis Zombi dalam Film 'Army Of The Dead'

Foto: Netflix

Shamblers adalah jenis zombi yang umum. Mereka adalah tipikal mesin pemakan mayat hidup yang terlihat dalam setiap film zombi, termasuk "Dawn of the Dead". Mereka sangat lincah dan tangguh, menghindari peluru dan pedang dari musuh manusia.

Zombi Shamblers diciptakan oleh zombi lain yang menggigit manusia. Snyder menyatakan, Shamblers dalam "Army of the Dead" akan terlihat dalam tiga tahap berbeda, dengan warna darah yang berbeda untuk masing-masingnya. Hal ini mungkin terkait dengan waktu sejak mantan manusia menjadi zombi dan tahap pembusukan tubuh mereka telah tercapai. Tidak ada film zombi yang lengkap tanpa Shamblers yang membuat genre zombi seperti sekarang ini.

Baca Juga: 13 Karakter dalam Gim dan Film 'Mortal Kombat' serta Kekuatannya

3. ANIMAL

Penjelasan Jenis-Jenis Zombi dalam Film 'Army Of The Dead'

Foto: Netflix

Tidak hanya manusia yang akan berubah menjadi zombi dalam "Army of the Dead". hewan atau lebih tepatnya harimau putih pun bisa menjadi zombi. Tampilannya juga sangat sangar, dengan satu mata dan luka besar di tubuhnya. Zombi harimau tentunya lebih mengerikan dibanding harimau biasa karena kecakapannya makin berlipat ganda. Selain harimau, ada juga zombi kuda.

Snyder mengatakan bahwa hanya burung yang kebal terhadap virus zombi. Dia juga mengonfirmasi bahwa zombi anjing juga akan muncul dalam prekuel "Army of the Dead", yaitu "Army of Thieves".

Muhammad Arya Nugraha
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
Instagram: @aryanugraha820


(ita)
Share: