Ini Ukuran Layar, RAM, CPU Laptop, dan Lainnya Sesuai Kebutuhanmu

Rabu, 26 Mei 2021 - 20:00 WIB
loading...
Ini Ukuran Layar, RAM, CPU Laptop, dan Lainnya Sesuai Kebutuhanmu
Memilih laptop yang tepat harus sesuai dengan kebutuhanmu, apakah untuk sekadar mengetik atau untuk kepentingan lainnya. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Laptop menjadi sebuah hal yang penting sekarang ini, terutama ketika pandemi mulai menyerang dunia dan kegiatan bertatap muka digantikan dengan kegiatan dalam jaringan.

Namun, sebagai orang awam, kita sering kali dibuat bingung dalam memilih laptop ketika hendak membelinya. Dengan begitu banyak perangkat yang tersedia, dan lebih banyak lagi jenis yang keluar setiap bulan, cukup sulit untuk memfilter apa yang penting, dan apa yang kurang lebih hanya teknik marketing belaka.

Oleh karena itu, berikut tujuh pertimbangan sebelum kamu membeli laptop baru.

1. UKURAN

Ini Ukuran Layar, RAM, CPU Laptop, dan Lainnya Sesuai Kebutuhanmu

Foto: Laptopscreen

Salah satu fitur terbaik dari laptop adalah kemampuannya untuk dimasukan ke dalam tas laptop dan gampang dibawa untuk bepergian. Kalau kamu takut dengan kemampuan portabilitas yang baik, lebih baik kamu mencari laptop dengan ukuran layar yang lebih kecil dan desain yang tipis serta ringan. Jenis laptop ini sering dipasarkan sebagai ultrabook, jadi cobalah cari dengan tipe tersebut.

Atau, lebih khusus lagi, gunakan perangkat dengan layar antara 12 dan 13,3 inci, dan berat kurang dari 1,5 kg.

2. RAM

Ini Ukuran Layar, RAM, CPU Laptop, dan Lainnya Sesuai Kebutuhanmu

Foto: Windowscentral

RAM (Random Access Memory ) adalah kunci dari kinerja sebuah komputer, terutama kalau kamu mau melakukan multitasking di laptop, misalnya menyunting foto, menulis dokumen di Word, sampai browsing.

Semakin besar RAM laptop, maka semakin cepat pula kemampuan laptop dalam mengakses data, dan semakin banyak juga aplikasi yang bisa dijalankan secara bersamaan dengan lancar. RAM 4 GB adalah minimum. Kalau kamu memakai banyak perangkat lunak berdaya tinggi, cari laptop dengan kapasitas RAM 8 GB atau lebih.

3. KUALITAS LAYAR

Ini Ukuran Layar, RAM, CPU Laptop, dan Lainnya Sesuai Kebutuhanmu

Foto: Getty Images

Kalau kamu bakal bekerja di depan laptop selama berjam-jam setiap harinya, maka pilihlah layar yang bersahabat dengan matamu. Layar yang lebih cerah (glossy) cenderung memantulkan cahaya di sekitarnya, jadi perhatikan hal tesebut. Perlu dicatat juga bahwa laptop dengan layar sentuh akan punya layar yang glossy, jadi pertimbangkan pro dan kontranya.

Selain itu, bergantung pada cara kamu memakai laptop, resolusi layar juga penting. Ukuran 1920 × 1080 merupakan layar full HD. Hal ini akan memberikanmu kualitas gambar yang sangat bagus dan banyak ruang untuk membiarkan Windows tetap terlihat.

Terakhir, kalau mau menjelajahi opsi layar laptop, ada baiknya untuk pergi ke toko komputer dan memeriksanya secara langsung. Spesifikasi teknis tidak selalu memberikan gambaran yang jelas tentang pengalaman pengguna yang sebenarnya.

Baca Juga: Peluang Kerja! Ini 5 Profesi Paling Dicari di Bidang Teknologi Digital


4. KETAHANAN BATERAI

Ini Ukuran Layar, RAM, CPU Laptop, dan Lainnya Sesuai Kebutuhanmu

Foto: Shutterstock

Sekali lagi, kalau kamu mementingkan kemudahan untuk memakai laptop, maka kamu harus mempertimbangkan ketahanan daya baterainya. Kenyataannya, Ketahanan baterai laptop sering kali sangat berbeda dengan yang tertulis di kemasannya. Kemampuan seperti kecerahan layar dan jenis program yang dijalankan juga turut mempengaruhi berapa lama baterai akan bertahan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1874 seconds (0.1#10.140)