9 Istilah dalam Feminisme yang Perlu Kamu Tahu

Sabtu, 08 Mei 2021 - 15:00 WIB
loading...
9 Istilah dalam Feminisme yang Perlu Kamu Tahu
Diskriminasi gender akibat stereotip yang berkembang di masyarakat masih terus terjadi pada kaum perempuan. Foto/Flickr, Unarmed Citizen, CC-BY-NC-ND
A A A
JAKARTA - Komunitas atau individu yang mengampanyekan feminisme sering menggunakan beberapa istilah yang dalam banyak kesempatan disebut berulangkali.

Dari misoginis, seksisme, hingga mansplaining, berikut beberapa istilah yang sering digunakan dalam kampanye kesadaran akan kesetaraan hak-hak antara laki-laki dan perempuan.

1. GENDER

Istilah ini merujuk pada peran sosial, budaya, atau karakteristik tertentu yang dilekatkan pada perempuan dan laki-laki dalam sebuah masyarakat. Peran ini bisa berbeda-beda bergantung pada lingkungan atau zaman.

2. MISOGINIS

Istilah untuk orang yang punya kebencian atau rasa tidak suka terhadap perempuan secara ekstrem. Secara umum, perilaku ini banyak dimiliki oleh pria, tapi ada pula perempuan yang memiliki perilaku ini secara tidak sadar.

3. SEKSISME

Seksisme adalah prasangka dan diskriminasi terhadap satu individu karena jenis kelamin seseorang. Sebagai contoh, laki-laki harus bekerja, sementara perempuan harus mengurus dapur dan anak saja.

9 Istilah dalam Feminisme yang Perlu Kamu Tahu

Foto: Deposit Photos

4. GENDER SCHEMA TEORY

Teori ini menjelaskan bahwa ada pengelompokkan gender yang muncul secara bertahap mulai dari dini, saat mereka sudah mulai mengenal hal yang pantas dan tidak pantas berdasarkan budaya mereka masing-masing.

Baca Juga: Diskriminasi, Mengapa Ada dan Terus Terulang?

5. GLASS CEILING

Istilah untuk menyebut hambatan tak kasatmata yang biasa dialami para perempuan untuk bisa meraih jabatan tertinggi dalam berkarier. Hambatan ini juga biasa terjadi karena adanya prasangka ataupun hambatan/prasangka sosial yang berkembang di masyarakat.

9 Istilah dalam Feminisme yang Perlu Kamu Tahu

Foto: Getty Images

6. SOCIETAL BARRIER

Bisa diartikan sebagai kondisi yang menghambat potensi seseorang dalam sebuah lingkungan sehingga menyebabkan rendahnya tingkat partisipasi orang atau golongan tertentu pada suatu kondisi atau peristiwa.

7. IMPOSTOR SYNDROME

Istilah ini dipakai untuk menggambarkan pola perilaku seseorang yang sering kali meragukan atau bahkan merasa tidak pantas meraih kesuksesan.

9 Istilah dalam Feminisme yang Perlu Kamu Tahu

Foto: Getty Images

8. QUID PRO QUO HARASSMENT
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8095 seconds (0.1#10.140)