Jarang Diketahui, Ini Manfaat Menanak Nasi dengan Air Teh

Jarang Diketahui, Ini Manfaat Menanak Nasi dengan Air Teh
Menanak nasi dengan air teh ternyata punya beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh. Foto/Ratu Ajeng
JAKARTA - Pada umumnya menanak nasi dilakukan dengan air biasa, atau mungkin menggunakan santan untuk menghasilkan nasi dengan olahan tradisional. Namun,nasi juga bisa ditanak menggunakan air teh.

Ternyata, menanak nasi dengan air teh sudah dipraktikkan dalam kehidupan sehari hari masyarakat China sejak ribuan tahun lalu. Sejak masa Dinasti Tang, dalam buku ilmu kedokteran sudah terdapat catatan tentang menanak nasi dengan air teh. Walaupun terdengar aneh, ternyata nasi air teh ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Nasi memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, nasi juga memiliki protein dan kalori yang baik sebagai sumber energi. Sedangkan teh, mengutip dari Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition, disebutkan mengandung kafein yang dapat membantu dalam mengurangi risiko terkena diabetes dan kandungan polifenol yang terdiri dari katekin dan flavanol. Senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh dan juga dapat untuk mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh.

Nah, berikut beberapa manfaat lainnya dari menanak nasi memakai air teh dari segi kesehatan.



1. MELANCARKAN SISTEM PENCERNAAN

Jarang Diketahui, Ini Manfaat Menanak Nasi dengan Air Teh

Foto: Getty Images

Selain mengurangi risiko diabetes, kafein dalam teh juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Selain itu, nasi air teh juga berkhasiat untuk mengurai lemak dalam tubuh.



2. MENCEGAH KARIES GIGI

Jarang Diketahui, Ini Manfaat Menanak Nasi dengan Air Teh

Foto: Fotolia

Fluoride dalam teh merupakan zat dentin yang sangat diperlukan tubuh. Fluoride dapat meningkatkan kekuatan dan kemampuan gigi melawan asam, sehingga dapat mencegah karies gigi (penyakit infeksi yang merusak struktur gigi) yang menyebabkan bau mulut.

Baca Juga: Apakah Kita Boleh Minum Air Sisa Semalam?

3. MENCEGAH STROKE

Jarang Diketahui, Ini Manfaat Menanak Nasi dengan Air Teh

Foto: iStock

Salah satu faktor terjadinya stroke adalah terbentuknya lipid peroksida yang membuat dinding pembuluh darah kehilangan elastisitasnya. Sementara itu, asam tannin dalam teh merupakan suatu polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan guna mendorong penguraian enzim lemak, dan mencegah stroke.

4. MENCEGAH TUMOR SALURAN PENCERNAAN

Jarang Diketahui, Ini Manfaat Menanak Nasi dengan Air Teh

Foto: Nastco/Getty Images

Polifenol adalah salah satu antioksidan alami yang paling kuat. Polifenol dapat menonaktifkan karsinogen, dapat menghambat dan memutuskan nitrosamin (karsinogenik) yang bersintesis dalam tubuh, sehingga dapat mencegah tumor saluran cerna.

Baca Juga: 5 Meme Viral Terjual dengan Harga Fantastis, Ada yang Nyaris Rp10 Miliar!

5. MENCEGAH DAN MENGOBATI PENYAKIT KARDIOVASKULAR

Jarang Diketahui, Ini Manfaat Menanak Nasi dengan Air Teh

Foto: Getty Images

Menurut data World Health Organization, penyakit kardiovaskuler menyebabkan 17,6 juta kematian setiap tahunnya. Pola hidup tidak sehat, seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak, tidak rutin berolahraga, kebiasaan merokok, dan konsumsi alkohol secara berlebihan merupakan faktor- faktor penyebab penyakit kardiovaskuler.

Penyakit kardiovaskuler terjadi karena adanya gangguan pada jantung dan pembuluh darah. Penyakit jantung dan stroke merupakan dua penyakit kardiovaskuler yang paling dikenal. Sebagai kandungan utama dalam teh, polifenol dapat membantu melunakkan pembuluh darah, menurunkan lemak darah dan kolesterol, mencegah penyakit kardiovaskular.

Ratu Ajeng Rezita Arwa
Kontributor GenSINDO
Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta
Instagram: @ratuajeng11


(ita)
Share: